Sabtu, 25 Agustus 2018

Jenis Warna-Warni Ikan Koi

Hasil gambar untuk ikan koi

Koi termasuk dalam jenis ikan Karper Cyprinuscarpio. Ikan ini merupakan hewan peliharaan yang sangat lucu dan indah untuk dipandang. Menurut kepercayaan masyarakat Jepang, koi merupakan simbol persahabatan dan simbol cinta. Tak heran jika ikan koi juga dibedakan berdasarkan pola, bentuk tubuh dan corak warna yang dimilikinya.

1. Kohaku adalah jenis koi yang tertua. Kohaku biasanya mempunyai warna dasar putih dengan corak warna merah diatasnya. Ada beberapa jenis yang termasuk dalam spesies kohaku, antara lain : Tancho Kohaku, Maruten Kohaku dan Gin RIn Kohaku.



2. Sama-sama memiliki warna dasar putih solid Taisho Sanke terlihat mirip dengan kohaku. Perbedaannya koi sanke terletak pada pola warna merah yang dikombinasi dengan warna hitam. Taisho Sanke lebih sering disebut dengan sanke.



3. Showa Sanshoku atau yang lebih akrab dipanggil showa. Pola hitam pada showa menyebar di seluruh tubuh sedangkan sanke hanya pada bagian atas saja. Pola hitam pada showa juga terdapat pada bagian kepalanya, sedangkan tidak untuk sanke.



4. Tancho adalah jenis ikan koi yang tergolong dalam spesies kohaku. Ada banyak cerita legenda yang membuat koi tancho begitu di hormati oleh masyarakat Jepang.Ciri-ciri koi tancho bisa Anda temui pada bagian kepalanya, yaitu ada titik merah / mirip gambar bendera Jepang yang tidak ditemui pada jenis koi lainnya.



5. Ikan Shiro utsuri mempunyai warna dasar hitam dengan corak warna putih. Jenis koi terbaik pada spesies shiro utsuri memiliki ciri khas perpaduan warna hitam dan putih di bagian kepala.



6. Jika ingin memiliki koi yang bisa bergonta-ganti warna maka pilihlah Kumonryu. Ia memiliki kemampuan mengubah pola warna dari putih ke hitam atau kombinasi keduanya menjadi daya tarik tersendiri.



7. Matsuba adalah ikan koi yang memiliki bermacam-macam warna dasar ditubuhnya. Secara umum matsuba berwarna logam dan dilengkapi dengan pola jaring hitam.



Sumber:
https://www.satwapedia.com/
http://cara.pro/jenis-ikan-koi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar