Sabtu, 06 April 2019

Mengenal Jenis-Jenis Ikan Gurame

Hasil gambar untuk gurame

Ikan gurame merupakan ikan populer yang memiliki banyak penggemar. Hal ini membuat permintaan ikan gurame di pasaran tetap stabil dan memiliki pangsa pasar yang besar.

Ikan gurame diketahui banyak hidup di perairan-perairan Indonesia. Pada habitat alaminya, ikan gurame memiliki umur yang cukup panjang. Pada usaha budi daya, ikan gurame dikenal lambat dalam perkembangannya bila dibandingkan dengan ikan-ikan lain, seperti ikan nila dan ikan mas.

Banyak orang menganggap ikan gurame hanya ada satu jenis. Ternyata, hal itu tidaklah tepat. Ikan gurame ternyata ada macam jenisnya dan memiliki ciri-ciri berbeda di setiap jenis.



Gurame Soang



Sumber: faunadanflora.com

Gurame soang atau gurame angsa adalah jenis ikan gurame yang berasal dari provinsi Jawa Barat, tepatnya di Cianjur dan sekitarnya. Ikan gurame ini juga kerap disebut dengan Gurame Jawa Barat.

Ciri fisik dari ikan gurame soang adalah dahi yang menonjol seperti angsa, baik pada jantan maupun betina. Bentuk tubuhnya pipih memanjang dengan warna tubuh kombinsi hitam dan putih serta bagian ekor kemerahan yang hanya jelas terlihat saat masih kecil (umur kurang dari 1 tahun). Gurame jenis ini dapat tumbuh hingga 65 cm dengan berat 8 kg.

Gurame Jepun



Sumber: faunadanflora.com

Gurame Jepun atau Gurame Jepang adalah jenis ikan gurame yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil dari ikan gurame soang. Biasanya, ukuran ikan gurame jepun sekitar 45 cm dan berat sekitar 3,5 sampai 4 kg.

Ikang gurame ini banyak dijumpai di daerah Jawa Tengah, dan banyak juga yang menyebutkan bahwa ikan gurame jenis ini memang asli dari Jawa Tengah.

Ciri dari ikan gurame jepun adalah warna tubuh bagian atas hitam pekat serta memliki sisik putih dengan garis gelap yang membuatnya terlihat keabu-abuan. Saat usianya masih di bawah setahun, ikan gurame ini terlihat berwarna agak kebiruan.

Gurame Paris


Sumber: faunadanflora.com

Gurame paris memiliki warna oranye, namun pada dasarnya ikan gurame jenis ini memiliki warna merah cerah, hanya saja bercampur warna putih pada bagian tubuhnya sehingga membuat warna tubuhnya seolah-olah oranye. Berat maksimal dari ikan gurame jenis ini hanya 1,5 kg.

Gurame Bastar



Sumber: faunadanflora.com

Ikan gurame bastar memiliki warna tubuh abu kehitaman serta warna putih pada bagian kepalanya. Ikan gurame jenis ini memiliki bentuk sisik yang lebar, serta memiliki pertumbuhan yang lebih cepat.

Gurame Kapas



Sumber: faunadanflora.com

Ikan gurame kapas memiliki warna tubuh putih keperakan yang terlihat seperti warna kapas. Sisik dari ikan gurame kapas juga lebar dan keras atau kasar. Pertumbuhan ikan gurame jenis ini tergolong cepat, dan dapat tumbuh hingga mencapai bobot 1,5 kg.

Gurame Bluesafir



Sumber: faunadanflora.com

Ikan gurame bluesafir memiliki warna hitam kemerahan. Ikan gurame bluesafir dapat tumbuh dengan panjang maksimal sekitar 35 cm dan berat sekitar 4 kg.

Gurame Batu


Sumber: faunadanflora.com

Ikan gurame batu merupakan jenis ikan gurame yang paling jarang dijumpai, karena budi daya ikan gurame jenis ini masih sangat sedikit. Ikan gurame batu memiliki ciri berupa warna tubuh hitam merata serta sisik yang keras.

Ikan gurame ini dikenal memiliki pertumbuhan yang lambat serta ukuran maksimal yang tidak terlalu besar. Bahkan, saat umurnya sudah mencapai 1 tahun, bobotnya hanya sekitar 0,5 kg.

Gurame Porselin



Sumber: faunadanflora.com

Ikan gurame porselin memiliki warna yang agak merah muda dengan warna putih pada bagian bawah tubuhnya. Ikan gurame jenis ini memiliki ukuran kepala yang lebih kecil serta memiliki masa pertumbuhan yang cukup cepat. Bobot maksimal yang dapat dicapai dari ikan gurame porselin hanya mencapai 2 kg.

Sumber : https://www.isw.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar