Selasa, 15 Oktober 2019

Morfologi dan Klasifikasi Ikan Arwana

Hasil gambar untuk asal ikan arwana

Morfologi Ikan Arwana

Ikan arwana memiliki bentuk kepala yang besar dan padat. Bentuk tubuhnya pipih dengan punggung datar. Sisik pada badan besar dan keras, sedangkan kepala tidak bersisik. Giginya bertipe canine yang berjumlah 15-17. Sebagaimana ikan yang berasal dari Osteichtyes, arwana juga dilengkapi dengan tutup operculum. Letak sirip punggung hampir sejajar dengan pangkal ekor. Sirip dada panjang dan meruncing, bersisik besar mempunyai 2 sungut lunak pada ujung. 




Biologi dan Reproduksi


Pada beberapa literatur dikatakan bahwa Arwana (Scleropages spp.) selama ini data biologi reproduksinya sangat terbatas (Larson dan Martin, 1990; Allen, 1991; Tjakrawidjaja, 1999; Tjakrawidjaja dan Haryono, 2001). Namun demikian ada beberapa informasi penting berupa aspek biologi reproduksi yang telah diketahui melalui penelitian pendahuluan, diantaranya nisbah kelamin atau sex-ratio jantan-betina arwana 1:1 (Tjakrawidjaja dkk, 2001).

Proses pemijahan diawali dengan perilaku berpasangan jantan-betina, pasangan tersebut sering bercumbu dengan membentuk gerakan berputar membentuk lingkaran, kawin untuk pembuahan eksternal dilakukan dengan perilaku jantan mengejar betina. Keduanya menukik ke bawah, betina mengeluarkan telur dan jantan membuahinya dengan menyemburkan sperma kepada telur tersebut dan kemudian jantan memungut telur yang telah dibuahi ke dalam mulutnya. Pada tahap ini mulailah proses pengeraman telur dan larvanya disimpan dalam mulut induk jantan. Perkawinan terjadi di bulan kemarau (sekitar Agustus – Oktober) sehingga pada awal musim hujan anak ikan telah mencapai umur 2 bulan dan telah lepas telur (tidak beryolk suck). Anakan yang telah lepas telur dikeluarkan dari mulut induk dan diasuh pada habitat yang bervegetasi air.

Ikan Arwana merupakan ikan tawar bersifat Parental care dimana induk memelihara anaknya di dalam mulut (mouth breeding) sampai anak-anak mencapai ukuran panjang kira-kira 6cm. Jenis kelamin induk yang mengerami telur tersebut belum diketahui dengan pasti. Arwana Kalimatan (S. formosus) kemungkinan pengeramnya adalah jantan tetapi dimungkinkan pula betina (Anonim, 1987) dan begitu pula untuk Arwana Irian juga belum diketahui. Aktivitas pemijahan (spawning) tergantung pada keadaan suhu air permukaan dan biasanya jatuh pada bulan September sampai awal November (Allen, 1991). Masa mengeram di habitat aslinya sekitar bulan Oktober s/d Februari (Tjakrawidjaja dan Haryono, 2001).

Makanan anakan ikan dimulai dengan udang-udangan berukuran kecil. Sebelum yolk suck diserap, anakan Arwana telah berukuran antara 2-3 cm. Anakan Arwana tidak lagi tergantung induk betinanya setelah berukuran 3,5-4,0 cm, anakan ikan dapat tumbuh sampai sekitar 10 cm (panjang standarnya) setelah menginjak umur 3 bulan (Allen, 1991). Ikan dewasa biasa memakan pakan berukuran lebih besar, seperti katak, serangga, ikan, dan udang.

Ikan ini cenderung berada di dasar air pada siang hari tetapi muncul ke permukaan air untuk makan pada sore atau malam hari (nocturnal).
Klasifikasi Jenis Arwana
Menurut ilmu taksonomi, ikan arwana tidak hanya terdiri dari satu genus melainkan ada empat genus yang dikenal dan diperdagangkan. Untuk lebih jelasnya dapat diperhatikan skema berikut: 

  • Filum  :   Chordata 
  • Kelas  :   Actinopterygii 
  • Ordo  :   Osteoglossiformes
  • Famili   :   Osteoglossidae
  • Filum  :   Chordata 
  • Kelas  :   Actinopterygii 

Genus  :  
1.  Arapaima
  • Arapaima gigas (giant arwana)    

2.  Osteoglossum 
  • Osteoglossum bicirrs osum
  • Osteoglossum ferreirai

3.  Clupisudis
  • Clupisudis nilot

4.  Scleropages
  • Scleropages formosus 
  • Scleropages guntberi 
  • Scleropages leicbardti
  • Scleropages jardini  



Sumber : http://bpsplpadang.kkp.go.id

1 komentar:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus