Selasa, 17 Desember 2019

Pakan Ikan Gabus Mudah dan Murah

Hasil gambar untuk pakan ikan gabus

Melakukan budidaya ikan gabus memang bukanlah hal yang mudah.Diperlukan ketelitian dalam berbagai aspek untuk memastikan bahwa ikan yang dibudidayakan bisa tumbuh dengan sehat dan optimal. Mulai dari pemilihan tempat dan media budidaya, pengukuran pH dan suhu air kolam, hingga ke pemilihan pakan yang tepat untuk mendukung pertumbuhan ikan gabus.
Bicara soal pakan, memang benar bahwa pakan memberikan pengaruh besar pada pertumbuhan dan perkembangan ikan. Jika anda menggunakan pakan yang tepat pasti ikan bisa tumbuh dengan optimal dalam kondisi yang sehat sampai waktu panen tiba. Anda harus menemukan pakan ikan gabus agar cepat besar yang dijual di pasaran. Biasanya para pelaku budidaya ikan akan memilih pelet ikan gabus yang banyak dijual di toko-toko hewan ternak. Sebenarnya, ada banyak produk pakan ikan gabus yang bisa anda dapatkan di toko-toko. Namun, jika anda merasa kesulitan menemukan pakan ikan gabus yang tepat maka anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Makanan ikan gabus peliharaan haruslah berkualitas terbaik jadi akan jauh lebih terjamin jika anda membuat sendiri. Kira-kira seperti apa cara pembuatan pakan alternatif ikan gabus dari bahan-bahan di sekitar kita?

Cara Membuat Pakan Ikan Gabus Mudah dan Murah
Ada banyak contoh pakan ikan gabus yang ada di pasaran. Mulai dari pakan larva ikan gabus hingga pakan ikan gabus dewasa. Selain itu, harga pelet untuk ikan gabus yang beredar di pasaran juga sebenarnya tidak mahal. Lalu kenapa harus membuat sendiri? Jika anda ingin mendapatkan keuntungan maksimal dari budidaya ikan gabus, anda harus bisa menghemat biaya perawatan tanpa menurunkan kualitas. Salah satu caranya dengan membuat pakan sendiri.

Alternatif Pakan Ikan Gabus

Seperti apa cara membuat pakan ikan gabus yang bisa anda lakukan? Berikut adalah beberapa contoh pembuatan pakan untuk ikan gabus :

1. Pakan dari Keong SawahKeong sawah pada dasarnya merupakan makanan ikan gabus liar. Ikan gabus yang tumbuh liar di alam bebas, biasanya makan keong sawah untuk bertahan hidup. Anda bisa memberikan pakan berupa keong sawah ini kepada ikan gabus yang anda budidayakan. Caranya mudah, anda bisa menggiling keong terlebih dahulu sampai halus baru diberikan kepada ikan.

Hasil gambar untuk keong sawah

2. Pakan dari Ikan RucahPerlu diketahui bahwa ikan gabus sebenarnya merupakan predator. Ikan ini memakan ikan-ikan kecil lain yang ada di sekitarnya. Karena itulah anda bisa memberikan makanan berupa ikan kecil seperti ikan rucah yang dicincang halus. Jika dibandingkan dengan harga pelet ikan gabus, harga ikan rucah di pasaran relatif lebih murah lebih mudah didapatkan.

Hasil gambar untuk ikan rucah
3. Pakan dari Nasi AkingNasi aking atau nasi kering ternyata juga bisa dijadikan sebagai makanan untuk ikan gabus. Caranya mudah, rendam dulu nasi aking sampai teksturnya lunak. Selanjutnya anda bisa mengambil nasi yang sudah kembali lunak lalu berikan kepada ikan-ikan gabus yang anda budidayakan. Sebelum memberikannya kepada ikan, pastikan nasi aking sudah dibersihkan dulu.

Hasil gambar untuk pakan nasi aking

4. Pakan dari BekicotBerbeda dari keong sawah, bekicot lebih sering menghabiskan waktu hidupnya di daratan. Anda bisa menggunakan bekicot sebagai makanan untuk ikan gabus.
Caranya, cincang dulu daging bekicot sampai halus baru berikan kepada ikan.
Jika dicincang halus, bekicot akan mengeluarkan bau amis dan mengundang ikan-ikan untuk memakannya.
Hasil gambar untuk bekicot

5. Pakan dari UdangIkan gabus juga bisa makan udang. Udang bisa anda cincang halus lalu disebarkan di kolam. Namun, perlu diketahui bahwa harga udang cukup mahal jadi akan sulit untuk memberikan udang sebagai pakan setiap hari. Lebih baik berikan pakan udang selama seminggu sekali misalnya.

Hasil gambar untuk pakan dari udang

Itulah tadi beberapa pilihan pakan untuk ikan gabus yang bisa dibuat sendiri.
Kesimpulan
  • Pilihlah makanan ikan gabus agar cepat besar yaitu makanan yang bergizi tinggi dan bisa memenuhi kebutuhan ikan gabus.
  • Selain itu, jika anda ingin menggunakan pakan dari bahan-bahan yang dibahas di sini, anda disarankan untuk membedakan pakan yang digunakan untuk ikan dewasa dan pakan larva ikan gabus.
  • Sebelum anda membuat pakan ikan gabus, alangkah baiknya anda perhatikan media kolam ikan gabus yang ingin anda gunakan.
Nah.. baru setelah itu anda bisa menerapkan pakan ikan gabus yang sudah dijelaskan diatas.
Pemberian pakan sangatlah berpengaruh pada hasil panen nantinya.
Jadi, pastikan anda memang benar-benar telah memilih pakan terbaik dan berkualitas.
Sesuaikan juga pilihan pakan dengan usia ikan supaya ikan bisa mencerna makanannya dengan baik.
Demikian Cara Membuat Pakan Ikan Gabus Mudah dan Murah, Semoga bermanfaat.

Sumber : https://kolamterpal.net


Tidak ada komentar:

Posting Komentar