Jumat, 30 Oktober 2020

Ikan Betta - Penyakit Sisik Nanas



Betta adalah salah satu spesies ikan yang banyak di temui. Saat ini sudah banyak orang yang melakukan budidaya ikan sebagai sumber bisnis mereka. Disamping itu, ikan Betta juga bisa sebagai peliharaan saja, seperti sebagai isi kamar mandi, aquarium dari botol kecil dan sebagainya. Sama halnya makhluk hidup umumnya, Betta tentu tidak lepas dari segala penyakit. Salah satunya jenis penyakit yang menyerang ikan ini adalah dropsy.Mungkin sebagian orang banyak yang kurang mengenal jenis virus tersebut. Dropsy atau yang biasa disebut dengan sisik nanas merupakan sebuah kondisi yang patut di perhatikan.
Dropsy sebenarnya adalah sebutan untuk gejala dari suatu penyakit dan bukan merupakan suatu penyakit, tapi sudah lumrah disebut penyakit jadi saya gunakan saja istilah ini yah hehe. Dropsy ditandai dengan menggembungnya bagian perut ikan dan sisik-sisik ikan terangkat karena tertahannya cairan dalam tubuh, oleh karenanya disebut juga dengan penyakit sisik nanas. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, bakteri yang menyerang biasanya bakteri aeromonas myobakteri, atau parasit seperti hexamita.

Penyakit sisik nanas ialah suatu kondisi yang membuat ikan sulit membuang air besar. Tanda-tanda yang membuktikan bahwa ikan Betta tengah mengalami dropsy yakni terjadi pembengkakan pada perutnya. Jelang pada gejala dropsy atau sisik ikan ini, Betta cenderung lebih melemah/lemas dan berdiam diri.  Dalam kasus yang lebih parah lagi, Ikan Betta bisa mati bila mengidap sisik nanas yang sangat parah seiring berjalannya waktu karena tidak segera di tangani.

Ada beberapa Pengobatan Sisik Nanas Pada Ikan Betta yang bisa anda lakukan apabila telah memeliharanya. Perhatikan ikan Anda agar terbebas dari segala bentuk penyakit dengan mencegah atau melakukan pengobatan secara tepat karena penyakit dropsy adalah kondisi yang memprihatinkan untuk sang ikan.

Karantina Ikan Betta 
Saat anda sudah menemukan beberapa atau salah satu dari populasi ikan Betta yang anda budidayakan mengidap dropsy, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan karantina. Karantina yaitu meletakkan ikan yang sedang berpenyakit atau kurang sehat pada sebuah tempat tersendiri. Cara ini di lakukan untuk mencegah terjadinya penularan pada ikan yang lainnya agar kerugian yang ditimbulkan tidak terlalu besar.

Taruh Pada Wadah yang Cukup Memadai 
Meski ikan Betta sedang dalam keadaan sakit, bukan berarti Anda bisa memperlakukan hewan ini sembarangan. Justru dalam keadaan yang kurang stabil ini, Anda harus bisa membantunya pulih kembali dari penyakit ini karena kesempatan untuk menyembuhkannya juga masih cukup besar jika perawatan dilakukan dengan baik dan maksimal. Jangan meletakkan ikan Betta yang terkena dropsy pada wadah atau tempat kecil meski hanya satu ekor.

Setidaknya tempat tersebut bisa dan layak menjadi ruang gerak sang ikan. Idealnya untuk ikan Betta satu ekor pada sebuah toples diameter 20 – 25 cm. Bisa di bayangkan dan di kira-kira sendiri jika Betta yang sakit lebih dari satu. (Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Baung di Kolam Terpal)

Berikan Air Bersih
Jika Anda sudah menempatkan ikan Betta pada wadah sendiri alias dikarantina, jangan lupa juga untuk memberikan air yang cukup. Khususnya air yang di maksudkan juga harus dalam keadaan bersih. Perlu Anda ketahui bahwa untuk penyebab terjadinya suatu virus atau bakteri yang muncul di karenakan faktor utama adalah lingkungan yang kurang sehat. Sponsors Link

Memberikan Obat Anti
Bakteri Langkah yang paling tepat ketika menemukan ikan sakit adalah dengan memberikan obat. Cara ini merupakan satu-satunya yang cukup di anjurkan sebagai upaya perlakuan yang baik guna kesembuhan sang ikan berpenampilan cantik itu. Anda bisa memberikan antibakteri ini kepada ikan Betta yang sakit sisik nanas.

Caranya yaitu dengan memasukkan tablet antibakteri kedalam seperempat gelas air sambil diaduk hingga obat hancur, tapi tidak sampai larut dalam air. Setelah itu, tuang ke dalam akuarium atau wadah tempat ikan Betta anda bersarang. Akan tetapi yang perlu diingat yaitu selama pemberian obat ini ikan tidak usah di berikan pakan sementara waktu.
 
Memberikan Pakan yang Sehat 
Memberikan makanan yang sehat juga berpengaruh pada kondisi ikan yang lebih baik lagi. Jenis pakan ikan Betta seperti kutu air atau jentik nyamuk juga mesti steril, caranya dengan merendamnya terlebih dahulu dalam larutan antibiotik. Efektifnya dalam larutan air 500 ml berikan 6-7 tetes obat antibiotik cair, kemudian masukkan pakan dan diamkan selama 3 jam sebelum memberikan pada ikan. Dengan cara ini di percaya bahwa ikan Betta akan sehat dan terhindar dari penyakit sisik nanas. 

Rajin Menguras Air 
Untuk mencegah terjadinya penyakit atau virus bermunculan atau melakukan perawatan pada ikan Betta yang sedang sakit, anda harus sering membersihkan tempatnya. Minimal lakukan pengurasan air ini tiga hari sekali. Sponsors Link

Berikan Nutrisi Cukup 
Jangan lupa untuk memberikan nutrisi yang baik bagi ikan Betta. Berikan nutrisi ini pada Betta berupa pakan ikan yang bisa anda beli di toko ikan terdekat.

Bersihkan Ikan 
Saat ikan anda dalam keadaan sakit seperti serangan sisik nanas atau dropsy, anda harus rajin memberikan sentuhan pada ikan dengan perlahan mengelus tubuhnya agar sedikit bersih. Jangan terlalu keras dalam memberikan tekanan, cukup dengan mengusap pelan-pelan saja supaya tidak merasa disakiti. 

Memanfaatkan Daun Ketapang 
Carilah daun ketapang dan campurkan atau larutkan pada sedikit air hingg berwarna kecoklatan seperti teh. Lalu masukkan kedalam air ikan tersebut.

Berikan Garam Ikan 
Kemudian yang terakhir untuk menyembuhkan sisik nanas pada Ikan Betta yaitu Anda bisa mencampurkan larutan garam ikan kedalam aquarium ikan.

Lakukan Pengobatan 
Sisik Nanas Pada Ikan Betta ini kurang lebih selama satu minggu atau 7 hari. Setelah itu, lLihat hasilnya apakah ikan yang anda rawat bisa membaik atau tidak. Demikianlah Pengobatan Sisik Nanas Pada Ikan Betta yang bisa anda coba. 

Sedangkan metode pengobatan yang lainnya adalah sebagai berikut:

Sebenernya dropsy atau sisik nanas ini adalah gejala sakit yang ditandai dengan perut ikan yang mengembang dan akhirnya membuat sisik sisik ikan berdiri, dan mirip dengan kulit nanas, makanya gejala penyakit ini disebut dengan penyakit sisik nanas.

Langsung saja kita lihat cara pengobatan penyakit sisik nanas pada ikan cupang yang sebenernya diakibatkan oleh bakteri aeromonas myobakteri.

Jika masih tahap awal, maka kemungkinan sembuhnya bisa 100 %, akan tetapi jika sudah parah, maka kemungkinanya nggak bisa 100 %, akan tetapi bisa kalian praktekan cara ini, karena sangat alami tanpa menggunakan obat kimia atau bahkan garam akuarium.

Penyembuhanya bertahap hingga hari ke 4 dan kita mulai di hari pertama…

Hari pertama
Siapkan air daun ketapang yang pekat dalam wadah terpisah lalu masukan ikan cupang ke air ketatang yang pekat tadi. Biarkan ikan selama satu hari dalam air daun ketapang yang pekat dan tanpa diberi pakan.

Hari kedua
Ganti setengah air daun ketapang dengan air bersih dan kasih pakan berupa jentik nyamuk sedikit saja.

Hari ketiga
Ikan dipuasakan dan air juga tidak diganti

Hari keempat
Ganti air total dan berikan sedikit jentik nyamuk,,,hari keempat ini ikan sudah nampak sehat dan bisa dirawat dengan air jernih.

Referensi
  1. Hermanto dan Syafei L.S, 2005. Buku Seri Kesehatan Ikan “Ikan Cupang Sehat Produksi Meningkat”. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian, Jurusan Penyuluhan Perikanan, Bogor.
  2. Kusumah, H. 1985. Penyakit dan Hama Ikan. Departemen Pertanian Badan
  3. Susanto, Heru. 1992. Memelihara Cupang. Kanisius.Tanggerang


2 komentar:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus
  2. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus