Jumat, 30 Oktober 2020

Ikan Betta - Sekilas tentang Ikan Betta Aduan



Ikan cupang atau Ikan Betta memiliki tiga kelompok yaitu ikan cupang hias, ikan cupang aduan dan ikan cupang alam. Ketigannya memiliki ciri-ciri yang berbeda. Orang awam pun dapat melihat jelas perbedaan dari ketiga kelompok ikan ini. Bandingkan saja ikan cupang aduan dengan ikan cupang hias. Pada ikan cupang hias moderen, warna dan bentuk tubuh atau sirip lebih indah daripada cupang petarung, selain itu sifat cupang hias lebih jinak daripada cupang adu karena cupang hias tidak dilatih secara mental untuk melakukan petarungan.
Bentuk sirip dan badan cupang laga lebih sederhana, dan terkadang warnanya tidak seramai atau semenarik cupang hias.Pada artikel ini kita harus selektif memilih ikan cupang aduan, agar mendapatkan bibit yang bagus dan juara dalam kompetisi.

Walaupun saya tidak suka dengan arikel ini karena saya lebih suka memelihara ikan cupang untuk dinikmati keindahannya, dan bukan untuk dibuat bertarung. Karena itu adalah tindakan yang kejam. Orang indonesia selalu mengkaitkan ikan cupang sebagai ikan petarung padahal sebaiknya mengganggap ikan ini adalah ikan hias.

Mengapa orang-orang diluar negeri baik itu pria atau wanita dan segala kalangan menyukai ikan cupang. Karena orang luar negeri menganggap bahwa ikan ini adalah ikan hias dan untuk dinikmati keindahannya.

Bandingkan saja dengan orang di Indonesia, para orang awam lebih menganggap ikan ini adalah ikan aduan dan bukan ikan untuk dinikmati warna dan bentuk tubuhnya.

Bila Anda melihat di IBC (International Betta Congress) sebuah organisasi tingkat dunia yang mengurus berbagai hal tentang ikan cupang mulai dari pengakuan spesies baru, penilaian dalam kompetisi, dll, Anda tidak akan melihat ikan cupang dalam kontes pertarungan, karena mereka tidak mengadakannya. Mereka lebih memilih menilai ikan ini dari sisi keindahannya.

Tapi itu adalah pilihan Anda, Namun saran saya sebaiknya kita memelihara cupang untuk dinikmati kecantikan tubuhnya. Karena alasan hewan untuk bertarung hanya mempertahankan diri atau wilayah dan untuk mencari makan, kita tidak boleh memaksa mereka untuk bertarung.

Kembali ke dalam topik, berikut ini adalah Ciri atau Karakteristik Ikan Cupang Aduan.

1. Memiliki Ring Bibir yang Tebal.Ikan tidak memiliki tangan untuk mencengkram atau memukul lawan, sehingga satu-satunya yang mereka gunakan adalah mulut untuk mencengkram atau melakukan benturan ke badan lawan. Oleh karena itu cupang yang memiliki ring bibir tebal akan sangat terbantu dan dimudahkan dalam memukul lawannya, Bibir tebal diperlukan agar tidak mudah terluka ketika melakukan kuncian antar mulut.

2. Memiliki Gigi Tajam.Gigi yang tajam berguna untuk dapat merusak sirip atau tubuh lawan, jika lawan terluka diharapkan membuat mental cupang lawan menjadi jatuh dan tidak sanggup melakukan pertarungan.

3. Bentuk Tubuh yang Mendukung Pergerakan.Biasannya bentuk tubuh cupang petarung lebih pipih atau silinder. Pipih atau Silinder memiliki keunggulan masing-masing, seperti dikhususkan untuk melakukan pukulan atau lebih unggul dalam menghindar.

4. Mental yang Tangguh.Cupang aduan harus memiliki mental yang tangguh, ini merupakan faktor yang penting, karena mental yang kuat akan membuat presentase kemenangan lebih besar, jangan sampai sekali serang, ikan kita langsung lari ketakutan.


ADUAN

Tujuan utama pemain mengadu Cupang adalah membawa kemenangan. Goalnya jelas cuma kemenangan dan sekaligus membuktikan usaha dan perjuangan kita tidak sia-sia.  Tetapi apakah semua pemain menyadari bahwa memilih calon lawan adalah Trik atau Strategy yang ampuh. Maksud dari memilih lawan bukanlah mencari lawan yang Aduannya secara kualitas dibawah kita, Bukan itu!

Ada trik kuno dalam memilih lawan yang cukup ampuh digunakan para pemain untuk memprediksi kelemahan lawan. lalu akhirnya populer dengan istilah Kuncian. Berikut penjelasannya.

-- Bila lawan memiliki cupang bertubuh panjang dengan gaya tarung gancang dan pukulannya baling tusuk ke muka dan sambungan. Untuk mengalahkannya gunakan cupang dengan kepala besar, gaya tarung Kontrol dan arah pukulan ke perut atau sambungan.

-- Bila lawan memiliki cupang bertubuh lebar, tebal, kepala panjang besar dan gaya bertarungnya Asor dengan arah pukulan ke sudut Ring bibir dan pangkal ekor.
Untuk mengalahkannya gunakan cupang dengan gaya main Gancang pukulan 70-80% mengarah ke Pangkal ekor. dalam setengah babak lawan akan kesulitan untuk melakukan comeback.

-- Bila lawan memiliki cupang dengan gaya tarung Kontrol dengan pukulan mengarah ke Sambungan dan pangkal ekor. Untuk mengalahkannya gunakan cupang dengan gaya main gancang namun pukulan seri fokus ke perut dan pangkal ekor.

-- Bila lawan memiliki cupang dengan model Ring bibir tidak terlalu tebal. Untuk mengalahkannya gunakan cupang dengan gaya pukulannya Baling ke arah muka dan harus memiliki Ring bibir tebal. Diharapkan lawan kalah dalam adu mulut sebelum 1 jam.

-- Bila lawan memiliki cupang dengan gaya tarung frontal memukul bertubi-tubi ke muka, perut dan pangkal. Untuk mengalahkannya gunakan cupang dengan gaya tarung Asor, lalu pilih tipe Asor yang tubuhnya tidak lebar dan pukulan seri ke area muka dan sambungan. kita akan mengambil ahli permainan dan memenangkannya disaat musuh sudah kehabisan stamina.

Terkadang pemain hanya membawa satu family ke arena dan ketika 1 ekor saja kalah, maka lawan yang sama sudah pasti akan menyodorkan pertarungan selanjutnya dengan ikan yang sama juga. maka strategy terbaik adalah membawa beberapa family yang berbeda agar lawan tidak mudah mengunci kita. Terlepas dari itu Kemenangan tentunya ditentukan lagi oleh banyak faktor, misalnya ketelatenan sang pemain. pemilihan kualitas ikan, latihan, perawatan, pakan dan air.



Pasti banyak yang merasa ketika beradu mulut, posisi mulut diatas lebih menguntungkan dari yang bawah. jawabannya salah ...

Yang menentukan bukan posisi mulut diatas atau dibawah, tapi ada 3 faktor
- Ring kuat faktor utama memenangkan adu mulut, walau mulut berada di posisi bawah, ring yang lebih kuat akan sepenuhnya melukai ring musuh.
- Nafas merupakan peran penting. Nafas cupang yang tidak terlatih pasti yang lebih dulu mencoba melepaskan diri, meronta ronta, akibatnya terjadi koyakan koyakan yang akibatnya bibir atas atau bawah rusak parah.
- Gigi super panjang merupakan salah satu penyebab musuh kalah beradu ring bibir. sekali adu, musuh akan merasakan betapa perihnya tusukan tusukan gigi panjang tersebut. dan akhirnya mencoba melepaskan diri dan meronta ronta kesakitan.


CUPANG ADU SUPER
Apakah yang menjadikan Ikan cupang adu menjadi super? seperti apakah Cupang adu super? Apakah ada kriteria yang membuatnya disebut Super? dan bagaimana cara mendapatkan Cupang Super tersebut?

Tidak asing lagi bahwa Cupang Adu super umumnya identik dengan Gigi tajam, Sisik tebal, Berhati baja dan sulit dikalahkan. Bahkan semua orang sebelum mengadu Cupangnya bisa mengklaim Cupang aduannya berkualitas super. Namun untuk mengetahui sesuper apa Cupang jagoannya tersebut mari kita bahas point point penting tentang cupang adu super.

HATI
Cupang adu super poin pertama yang wajib hukumnya adalah HATI. ini adalah senjata terakhir yang akan dipergunakan cupang aduan untuk menghindari kekalahan. Cupang Hati baja bermental pantang menyerah saya bagi dalam 3 tingkatan.
1.LEGEND
2.WORLD CLASS
3.PRO

Yang umumnya kita jumpai kebanyakan kelas Worldclass dan Pro.
Cupang berhati baja kelas World class dalam keadaan mengenaskan memiliki insting yang mampu menahan sakit dan luka parah kurang lebih 1-2 jam. umumnya hasil yang didapat bila musuh mampu menahan hingga 10 pukulan adalah Draw atau kalah peraturan.

Sementara Cupang berhati baja kelas PRO dalam keadaan mengenaskan memiliki insting yang mampu menahan sakit dan luka parah kurang lebih 50-90menit. Umumnya pemilik Cupang Hati kelas Pro menjadi getir dan panik bila cupangnya dalam waktu 1.5jam sudah berada dibawah angin. karena dikuatirkan menjelang akhir cupangnya saat dialgojo hanya mampu menahan 5-8 pukulan saja.

Cupang berhati baja kelas LEGEND dalam keadaan mengenaskan memiliki insting yang paling kuat menahan rasa sakit lebih dari 2-3 jam. dalam keadaan dibawah angin umumnya bila musuh mampu menahan hingga 10 pukulan saat algojo maka hasil yang didapat Draw dan kemungkinan untuk kalah sangat kecil sekali. karena hanya kematian yang membuatnya kalah.

Jadi untuk kategory HATI Cupang adu super haruslah memiliki Jenis Hati kelas LEGEND.

GIGI SUPER TAJAM
Cupang adu super poin ke dua yang wajib hukumnya adalah bergigi super tajam. Hal ini menjadi objektif karena dengan gigi super tajam cupang akan lebih mudah mencabik cabik dan menghabisi musuhnya. Cupang adu super bergigi tajam ditandai dengan mudahnya dia mengoyak sisik hingga daging musuhnya sampai luka yang diakibatkan sangat parah dan terjadi pendarahan. Namun bila cupang tersebut hanya memiliki gigi cukup tajam saja kemungkinan agak sulit mengoyak musuh yang memiliki sisik tebal.

SISIK BAJA
Jaman dahulu setiap prajurit Spartan dikenakan baju perang berlapis baja agar tidak mudah tertusuk panah dan terluka akibat sayatan pedang musuh. begitu juga dengan seekor cupang adu. bila sisiknya tidak benar-benar tebal dalam sekejap musuh akan dengan mudah melukainya. Bayangkan bila bertanding melawan musuh yang memiliki pukulan konsisten kearah bagian pangkal ekor, cupang bersisik BAJA tentu akan melancarkan pukulan balasan ke musuhnya dan sisik BAJAnya setidaknya dapat mengatasi gigitan gigitan ke arah pangkal ekor sekitar 40-90 menit. tentu itu akan menjadi sebuah keuntungan, dipastikan musuh juga akan mengalami trauma dan timbal balik. Ciri-ciri cupang adu super bersisik baja adalah sulit terluka walau digigit berkali kali ditempat yang sama.

BERTAHAN ADALAH SERANGAN TERBAIK
Poin yang terakhir kriteria Cupang adu super adalah memiliki gaya bertarung yang special. jurus yang dimilikinya adalah Baling! Cupang dengan gaya tarung Baling sangat sulit dipukul karena terus bergerak dan mendorong dorong musuhnya. disaat musuh lengah cupang bergaya pukulan Baling akan memutar tubuhnya dan sambil melancarkan gigitannya kearah musuhnya secepat kilat (umumnya terkesan seperti menampar dan mencubit) dan bahkan ada yang dilanjutkan dengan pukulan combo 2 hingga 3 kali.

Beberapa keuntungan gaya pukulan Baling adalah :
-Stamina yang stabil karena tidak memforsir tenaga dan terkesan menunggu. tidak seperti cupang slugger yang terus menerus mengejar dan memukul musuhnya diawal pertandingan hingga ketika bertemu dengan musuh yang bandel dan cukup kuat menahan gempurannya, cupang slugger sudah kehabisan tenaga dan gantian musuh menghajarnya.
-Target memukul musuh 80% tepat sasaran diarea vital seperti Mata, pipi, samping Ring bibir dan area kepala.

Di kalangan profesional di Amerika, terlepas dari kualitas sebagian besar secara spesifik mereka memesan kriteria cupang adu gaya pukulan Baling untuk dijadikan alat pencari uang. Pada akhirnya Cupang adu super merupakan satu kesatuan dari poin poin yang serba super. Sulit kah menemukan kriteria cupang seperti ini....?



Referensi

  1. Luqoni, 2005; http://repository.unair.ac.id/56763/1/KK%20KH%20TKI%2050-06%20LUQ%20S.pdf
  2. Bunga, M., 2016; http://scholar.unand.ac.id/16803/2/BAB%201.pdf
  3. Renita, R., 2017; http://repository.unmuhpnk.ac.id/423/2
  4. Kusrini, E., 2018; http://iktiologi-indonesia.org/wp-content/uploads/Eni-Kusrini.pdf   
  5. ............, 2019; https://kingaquarior.weebly.com/tentang-aduan.html

 




1 komentar: