Kamis, 21 April 2016

Cara Praktis Budidaya Belut di Rumah




Belut sudah mulai popular dipasaran dan banyak sekali permintaan terhadap ikan yang satu ini. Dari bentuknya seperti ular, belut juga bisa menjadi makanan yang lezat. Juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia seperti darah tinggi dan sakit pinggang. Selain itu, banyak orang-orang yang memulai untuk melakukan budidaya belut. Jika budidaya ikan lain harus dilakukan di kolam atau tempat yang luas, belut ini sangat mudah untuk di kelola di rumah dengan menggunakan drum. Dengan cara sederhana dan pengelolaan yang baik, budidaya yang dilakukan akan sangat menghasilakan.
Budidaya belut dengan drum
Sebelum mulai budidaya belut, lebih baik sediakan drum yang baik. Anda bisa memakai drum besi maupun drum palstik tapi harus di perhatikan kebersihannya. Jika memilih drum besi, pastikan besi tersebut tidak berkarat, tapi lebih mudah menggunakan drum plastic yang sudah di bersihkan. Setelah itu anda harus menyimpannya di atas tanah dengan poisis tertidur. Lalu lubangi drum pada bagian tengahnya dan sedikit lubang di sisi kanan dan kiri. Pastikan drum itu tidak akan bergerak dengan menggunakan penghalang. Lalu buatlah lubang pembuangan yang tepat. Anda harus menyimpan drum pada tempat yang tidak terlalu mendapatkan sorotan matahari secara langsung.


Selanjutnya anda masukan tanah yang tidak berpasir kedalam drum lalu masukan sedikit air dan aduk rata sampai becek. Lalu masukan bokashi yang terdiri dari jerami, potongan batang pisang, pupuk kandang dan begatul. Setelah dimasuka tunggu sampai 1 minggu sehingga muncul plankon. Setelah itu, anda keluarkan air tersebut dan ganti dengan yang bersih. Budidaya belut ini harus bisa di perhatikan dengan konsisten.


Barulah anda memasukan bibit belut. Untuk pakan bisa diberikan setelah 3 hari berikutnya. Pastikan anda mengontrol air di dalam drum dan jika mulai kotor harus langsung menggantinya. Paling penting anda harus memasukan EM4 yang diberikan 3 kali sehari untuk mengurangi bau dan menetralisir sisa dari pakan. Terakhir anda menunggu masa panen sampai 3-4 bulan. Mudah bukan memulai budidaya belut di rumah? hanya dengan drum anda bisa langsung memasarkannya.

Pencarian terkait: cara budidaya belut di air jernih, budidaya belut super, budidaya belut dalam drum, budidaya belut tanpa lumpur, cara budidaya belut, budidaya belut dalam drum pdf, budidaya belut pdf, budidaya belut air bersi

Sumber : http://budidaya-ternakku.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar