Sabtu, 10 Juni 2017

Meningkatkan Kekebalan Ikan Gurami dengan Vaksinasi



Salah satu cara untuk mencegah serangan penyakit pada ikan ialah meningkatkan kekebalan ( imunitasasi ) terhadap ikan pemeliharaan.Salah satu cara agar dapat tahan pada serangan penyakit dengan melakukan penyuntikan antibodi kedalam tubuh ikan supaya mendapatkan kekebalan ( imun ) terhadap infeksi penyakit.

Peningkatan kekebalan tubuh ikan gurami juga dapat dilakukan dengan menggunakan vaksinasi,yakni,menyutikan vaksin tertentu ke dalam tubuh ikan.Selain penyuntikan vaksinasi juga dapat dilakukan dengan perendaman ikan atau melalui pakan.


Vaksin adalah sesuatu antigen yang dipergunakan untuk memaksin ikan terbuat dari organisme penyakit yang telah dilemahkan dengan senyawa kimia tertentu.Jenis vaksin yang dapat dipergunakan seperti : sepicaemia haemorrhagica yang dapat memberikan kekebalan pada tubuh ikan aktif terhadap penyakit bercak merah yang disebabkan oleh penyakit bakteri aeromonas hydrophillia.

Para pembudidaya ikan ternak menggunakan probiotik dan molases seminggu sekali.Vaksin tersebut mampu memberikan kekebalan ikan selama empat bulan dengan masa inkubasi dua minggu.Dan juga menggunakan vitamin C dosis 250 - 500 mg/kilogram berat bobot badan ikan selama beberapa hari.

Probiotik sebagai imuno stimulan,Seperti misalkan lipo polisakarida 10 mg/1 untuk mempertahankan stamina pada ikan gurami.Sebagaimana para pembesaran ikan dikolam terpal juga sangat harus dijaga kebersihannya sehingga tidak menjadi sarang penyakit.

Dari sisa pakanan dan kotoran ikan didalam dasar kolam terpal dibersihkan secara rutin dengan adanya melakukan penyifonan pada setiap 25 hari sampai 30 hari sekali.Dengan menjaga dan melakukan pembersihan maka sangat dapat membantu untuk mengurangi timbulnya sumber bibit penyakit yang datang menyerang ikan pemeliharaan pada kolam terpal.

Sumber : http://www.masharno.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar