Jumat, 09 Maret 2018

Manfaat Ikan Patin untuk Ibu Hamil

Hasil gambar untuk ikan patin

Ibu yang sedang hamil harus selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi juga nutrisi, itu supaya ibu yang sedang hamil selalu dalam keadaan sehat serta janin yang sedang dikandung baik perkembangannya dan terlahir secara sempurna.

Salah satu makanan yang baik untuk ibu hamil yaitu ikan, karena ikan memiliki banyak kandungan, nanum sayang ibu hamil tak semuanya tahu manfaat dan kandungan apa saja yang terdapat pada ikan itu. Meskipun ikan baik untuk ibu hamil tapi tak semuanya juga baik karena ikan tak semuanya berada pada tempat yang sehat. Makanya ibu hamil tetap harus selesktif dalam memilih ikan.

Banyak sekali kandungan nutrisi serta gizi yang terdapat pada ikan, sebelum bunda mengetahui manfaat ikan untuk kehamilan, alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu kandungan apa saja yang terdapat pada ikan, adapun kandungan yang tredapat pada ikan yaitu:
  • Protein
  • Asam Folat
  • Zat Besi
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Kalori
  • Fosfor
  • DHA
  • Omega 3
  • Air
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin C
Banyak juga kan bunda kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan, nah kalau begitu setelah kita ketahui akndungannya, sekarang kita akan bahas apa saja sih manfaat ikan patin untuk ibu hamil, langsung saja simak informaisnya di bawah ini.

Mencegah bayi lahir prematur
Sudah banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya, bawah ikan ini banyak gizinya, dan salah satu khasiatnya yaitu dapat mengurangi resiko bayi lahir seara prematur. Dan sebaiknya iu hamil mengkonsumsi ikan yang berasal dari laut karena kandunan gizinya lebih banyak dibandingkan dengan ikan yang terdapat pada air tawar.

Mencegah Hipertensi
Ibu yang sedang hamil diusahakan jangan sampai terkena tekanan darah tinggi, ya karena jika ibu hamil mengalaminya sangat beresiko sekali bagi ibu dan janinya, biasanya jika ibu memiliki riwayat darah tinggi persalinan dilakukan dengan cara di operasi caesar. Jika tidak, akan terserang penyakit ekslampsia yang resikonya sangat fatal, bahkan bisa terjadi kematian.Maka dari itu ibu hamil harus selalu cek ke dokter untuk melihat perkembangan ibu dan janinnya supaya nanti waktu persalinan penanganannya sesuai dan juga sering mengkonsumsi ikan karenna ikan dipercaya mampu menormalkan tekanan darah tinggi padaa ibu hamil.

Meningkatkan Sistem kekebalan Tubuh
Vitamin C yang terdapat pada ikan sangat tinggi hingga dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh, jika ibu hamil banyak mengkonsumsi ikan atau makanan yang banyak mengandung vitamin C, maka tidak akan mudah terserang penyakit begitupun dengan sang janin, ketika nnati sudah lahir tidak akan mudah terserang penyakit.

Mencegah keguguran
Ikan sangat baik sekali dalam menjaga janin dalam rahim, ya karena sangat dipercaya jika banyak mengkonsumsi ikan maka akan terhindar dari keguguran. Apalagi agi ibu yang sedang hamil muda, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi ikankarena di dalam ikan ini mengandung DHA yang tak lain adalah sebagai pencegah terjadinya kontraksi pada rahim dan terhindar dari yang namanya kegguguran.

Menyehatkan Jantung
Ibu yang sering mengkonsumsi ikan jantungnya akan lebih sehat dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi ikan. Tak hanya bermanfaat bagi ibu saja, bagi janin juga jantungnya akan berkembang dengan sehat dan sempurna. Maka dari itu rutinlah ibu hamil mengkonsumsi ikan.

Mengembangkan dan mencerdaskan otak janin
Ikan sangat kaya akan lemak omega 3 yang tak lain berfungsi untuk mengembangkan sistem saraf otak serta membuat cerdas sejak di dalam kandungan. Ikan laut juga mengandung asam folat yang tinggi yang baik untuk memenuhi asupan nutrisi bagi sang ibu dan juga janinnya.
Mencegah kolesterol
Para ibu yang takut akan kolesterol, tenan saja karena jika kita mengkonsumsi ikan dengan rutin akan terhindar dari yang namanya kolesterol. Ikan ini dipercaya dapat menormalkan kadar kolesterol yang ada pada tubuh. salah satu penyebab adanya kolesterol yaitu adanya hipertensi atau tekanan darah tinggi di tubuh namun jika rutin mengkonsumsi ikan tekanan darah tinggi akan normal hingga kolesterolpun tidak akan ada.

Mengurangi Depresi
Tak sedikit wanita hamil muda yang merasakan tertekan dengan kehamilan pertamanya, apalagi jika kehamilannya itu belum diharapkan karena belum siapnya sang wanita untuk punya anak. Nah dengan mengkonsumsi ikan bisa dijadikan alternatif untuk mencegah sang ibu hamil terkena depresi.
Menguatkan dan mengembangkan otot janin

Mineral serta vitamin yang terdapat pada ikan berfungsi untuk menguatkan otot janin, jika otot janin kuat maka ia dengan mudah bisa bergerak. Jika janin memiliki otot yang tidak berkembang, maka akan mengalami kelumpuhan, nah oleh karena itu rutinlah ibu mengkonsumsi ikan supaya otot janinnya kuat dan sehat.

Masih banyak sebenarnya manfaat ikan patin untk ibu hamil ini, namun semoga saja dengan adanya artikle ini para ibu bisa lebih memilih makaan yang sehat untuk tubuh serta untuk janin.

Sumber : https://apamanfaat.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar