Senin, 26 November 2018

Pembuatan Ikan Asin Air Tawar



Ikan asin adalah makanan yang terbuat dari ikan yang diawetkan dengan menambahakan banyak jumlah garam. daging ikan yang biasanya akan cepat membusuk jika dibuat menjadi ikan asin akan bertahan lama sampai ber bulan-bulan walaupun biasanya harus di tutup rapat-rapat.
dilingkungan masyarakat ikan ini menjadi salah satu kebutuhan pokok, ikan ini sangatlah nikmat apalagi di sajikan bersama dengan sambal, di jawa barat sendiri khusus nya tempat saya tinggal di bandung, ikan ini selalu disajikan saat masak-masak acara bersama kawan-kawan salah satu yang harus ada adalah ikan asin ini. selain rasanya yang nikmat dipadukan dengan nasi liwet dan sambal serta seladah sebagai pelengkap membuat nafsu makan akan semakin meningkat.

ikan asin tidak memiliki aroma yang tidak sedap atau bau sehingga sangatlah aman untuk dikonsumsi hal ini dikarenakan ikan asin memiliki konsentrasi garam yang tinggi dan juga menyusutnya cairan sel menghentikan proses autolisis serta menghambat pertumbuhan bakteri dalam daging ikan.

oh ia hampir semua bahkan bukan hampir lagi tapi semua jenis ikan itu bisa dibuat menjadi ikan asin lho seperti ikan gabus, ikan sepat, ikan lele, ikan mujair dan masih banyak yang lainya.

disini saya akan berbagi resep cara membuat ikan asin, baiklah tanpa basa-basi lagi mari kita mulai saja step by step cara pembuatan ikan asin ini.

Cara pembuatan :
  • siapkan ikan yang telah dibersihkan untuk dijadikan ikan asin.
  • kumpulkan ikan dalam suatu wadah.
  • jika ikan berukuran besar coba dipotong terlebih dahulu untuk memudahkan proses pembuatanya dan sayatlah bagian-bagian ikan supaya garam mudah diserap.
  • setelah siap taburi dengan garam yang banyak atau bisa dengan memasukan larutan garam pekat.
  • diamkan selama 10-24 jam.
  • setelah direndam jemurlah ikan dibawah terik matahari langsung selama 1-3 hari
Dalam pembuatan ikan asin ini kadar garam dan lamanya perendaman sangatlah berpengaruh untuk rasa yang dihasilkan. dan jika kondisi dalam pembuatan ikan asin ini tidak ada sinar matahari langsung bisa saja digantikan dengan oven untuk mengeringkan ikan namun proses pembuatan penjemuran menggunakan sinar matahari langsung dipercaya dapat menambah cita rasa yang semakin nikmat.

seperti itulah cara pembuatan ikan asin. jika anda ingin mencobanya silahkan dicoba walaupun proses yang lama tidak ada salahnya dicoba hehe

jika anda pergi ke restoran ikan asin ini akan sering anda lihat disajikan bersama sambal tempe dan tahu. jika anda mencoba dirumah cobalah resep yang saya bagikan di atas dan hidangkanlah ikan asin ini dengan nasi liwet sambal tempe dan tahu dan santaplah bersama keluarga atau rekan-rekan anda.

dari pengalaman yang saya alami sendiri ikan ini selalu ada dalam acara seperti reuni acara makan bersama dengan kawan-kawan lama rasanya yang nikmat apa lagi disajikan saat musim hujan bersama nasi liwet yang hangat serta sambal pedas emmmz yummiii kebayangkan.

Sumber : http://infoserbacara.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar