Sabtu, 22 Juni 2019

Tips Membuat Ikan Louhan Jadi Merah Secara Alami

Hasil gambar untuk ikan louhan

Sebelum kita mewarnai ikan louhan menjadi merah merona, ada beberapa hal dasar yang harus terlebih dahulu kita ketahui yaitu tentang bagaimana warna /atau pigmen bisa muncul pada ikan louhan kesayangan kita. Dengan pemahaman itu akan membantu kita untuk membuat pilihan makanan yang bisa diberikan untuk memaksimalkan potensi ikan louhan kita.
Secara garis besar ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi kualitas warna ikan, dalam hal ini ikan louhan kita yaitu:

Genetika
Apakah ikan mewarisi material genetik yang diperlukan untuk menunjukkan warna tertentu. Apabila indukan ikan louhan tidak memiliki warna merah maka anakan louhan juga tidak akan berwarna merah

Kesehatan Ikan 
Warna tergantung pada suasana hati dan kesehatan umum ikan. Ikan yang sakit tentu akan kurang berwarna daripada ikan yang sehat. Ikan jantan juga dapat menghasilkan warna yang lebih menonjol untuk menarik betina. Dan ikan jantan "Alpha" atau yang lebih dominan akan lebih menghasilkan warna dibanding jantan yang lebih kecil atau lemah. Oleh karenanya menyekat ikan louhan jantan akan membuat ikan louhan dapat masing masing memaksimalkan potensi warnanya.

Kualitas air 
Kualitas air juga dapat memainkan peran pendukung dalam menentukan warna ikan hias. Kualitas air yang terdegradasi meningkatkan stres pada ikan tangkap dan dapat menumpulkan warna ikan. Filter biologis berkualitas tinggi dan rutin - setidaknya perubahan dua mingguan - air akan menyediakan lingkungan yang memungkinkan ikan menampilkan warna-warna cerahnya.

Faktor makanan
Nutrisi dan senyawa kimia yang dimakan ikan, yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi warna. Inilah yang selanjutnya akan kita bahas lebih dalam di artikel ini.
Memahami Warna Pada Ikan Louhan

Warna pada ikan dikendalikan oleh endokrin dan sistem saraf, tetapi sumber makanan juga berperan dalam menentukan warna pada ikan. Endokrin dan sistem saraf keduanya mempengaruhi warna pada ikan. Kelenjar pituitari mengeluarkan hormon yang mengarahkan produksi dan penyimpanan pigmen sepanjang hidup ikan, dan khususnya saat kematangan tercapai. Produksi dan penyimpanan pigmen sering meningkat pada awal kematangan. Banyak spesies menggunakan warna untuk menyediakan kamuflase dan menarik pasangan. Ikan dari keluarga Cichlidae seperti ikan louhan secara khusus dikenal karena pewarnaan yang brilian dari jantan dewasa. Sistem saraf otonom mengarahkan perubahan warna drastis dalam menanggapi rangsangan seperti pemangsa atau tankmate agresif.

Pigmen khusus yang mengandung sel-sel yang disebut kromatofora yaitu sejenis sel yang mengandung pigmen warna yang terletak di bawah sisik ikan. Sel-sel ini bercabang, memungkinkan butiran pigmen berada dekat atau menjauh dari permukaan dan teragregasi atau tersebar. Sel-sel ini adalah alasan untuk perubahan warna ikan yang berubah-ubah dan kadang-kadang cepat. Selain itu, kristal purin tidak berwarna terkandung dalam kromatofor khusus yang disebut iridophores. Kristal-kristal ini terlalu besar untuk bergerak di iridophores tetapi ditumpuk untuk memberikan permukaan yang mencerminkan dan dasar atau pewarnaan struktural ikan. Para iridophores bertanggung jawab untuk kilau perak, terutama ikan pelagis kecil. Sel-sel ini adalah reflektor cahaya yang mampu dan bertanggung jawab untuk efek bayangan counter di mana ikan tampak lebih gelap bila dilihat dari atas dan lebih terang bila dilihat dari bawah. Mekanisme ini membantu menjauhkan pemangsa.

Pigmen dicirikan oleh warna mereka. Pigmen karotenoid berwarna merah dan oranye. Xanthophyll berwarna kuning. Pigmen melanin berwarna hitam dan coklat. Phycocyanin adalah pigmen biru yang berasal dari ganggang biru-hijau. Sel yang mengandung pigmen kuning di atasnya yang mengandung pigmen biru dapat menghasilkan warna hijau. Ikan mampu menghasilkan beberapa pigmen, tetapi yang lain harus disediakan dalam makanan. Pigmen hitam dan coklat diproduksi dalam sel yang disebut melanosit.

Sumber alami pigmen tersedia dalam makanan kebanyakan ikan. Beberapa pelet dipasaran mungkin mengandung pigmen alami tambahan untuk meningkatkan warna ikan hias. Ganggang spirulina biru-hijau adalah sumber yang kaya phycocyanin dan dapat ditambahkan ke diet untuk meningkatkan warna biru. Biaya pigmen tambahan sering membatasi jumlah yang digunakan dalam pelet ikan tropis. Sumber pigmen alami ini berbeda dengan beberapa metode yang secara rutin digunakan untuk meningkatkan warna ikan hias.

Karotenoid sangat terfokus pada karena mereka paling dipengaruhi oleh diet. Karoten adalah kelompok Karotenoid, seperti Xanthophylls, seperti astaxanthin dan lutein. Pewarna / bayangan lain dipengaruhi lebih tidak langsung oleh makanan, membutuhkan diet seimbang untuk menghasilkan pigmen pada ikan. Misalnya, menambahkan sedikit minyak kelapa ke makanan ikan buatan sendiri dapat secara signifikan meningkatkan akumulasi karotenoid di jaringan. Setelah ikan dicerna, diolah dan diserap Karotenoid atau pigmen lainnya, mereka dicampur dengan minyak (lipid) dan disimpan ke dalam sel chromatophore.

Tidak semua spesies ikan akuarium menggunakan komponen peningkat warna dengan cara yang sama. Beberapa ikan harus menelan komponen ini karena mereka tidak dapat mengkonversinya dalam sistem mereka. Banyak karnivora, misalnya, harus mencerna astaxanthin karena mereka tidak dapat mengubah karotenoid lain di dalam sistem mereka untuk menyelesaikan proses pigmentasi. Kemampuan ini sering diidentifikasi oleh diet liar ikan. Jika Anda tidak menyadari bagaimana ikan Anda makan di alam liar atau jika Anda memiliki berbagai macam ikan (Karnivora, onminvores, dll), yang terbaik adalah memilih makanan berkualitas tinggi yang membahas kemampuan konversi
Warna Merah dan Oranye

Ikan tidak mampu menghasilkan pigmen karotenoid. Artinya agar ikan bisa menghasilkan warna merah dan oranye di perlukan makanan tepat. Pigmen karotenoid yang ditemukan pada sebagian besar invertebrata air laut dan beberapa invertebrata air tawar adalah astaxanthin. Astaxanthin ini terkandung di dalam udang dan krill dan ikan salmon (ikan). Salmon adalah sumber pigmen karotenoid yang baik yang meningkatkan warna merah. Selain itu, semua asam amino esensial akan dipasok menggunakan salmon sebagai sumber protein dan kandungan lipid yang lebih tinggi dalam salmon akan meningkatkan penggunaan protein yang lebih baik. Mikroalga merah juga merupakan salah satu sumber astaxantin

Bila ingin membuat ikan louhan kita merah merona inilah kuncinya yaitu dengan memberikan pasokan makanan yang mengandung pigmen astaxanthin secara tepat. Apabila kesulitan mendapatkan makanan alami kita bisa menggunakan bubuk Astaxanthin murni atau canthaxanthin (astaxanthin sintetis) yang banyak dijual kemudian ditambahkan ke pakan ikan untuk meningkatkan warna merah dan oranye.
Warna Kuning

Ikan louhan juga tidak dapat menghasilkan pigmen Xanthophylls (pigmen kuning). Untuk itu perlu diberikan pakan yang mengandung pigmen Xanthophylls yang bisa ditemukan dalam gluten meal dan telur kering/ kuning telur yang dapat ditambahkan ke diet untuk meningkatkan warna kuning. Kelopak bunga marigold juga digunakan sebagai sumber xanthophylls.
Warna Biru

Bubuk spirulina murni berkualitas tinggi akan meningkatkan pigmen biru. Ini dapat dibeli dari pemasok akuakultur.

Ada ratusan karotenoid yang telah diidentifikasi dalam tumbuhan, alga dan makanan laut, namun sebagian besar diabaikan oleh produsen makanan ikan komersial untuk menekan biaya. Namun, ketika Anda berurusan dengan makhluk di akuarium Anda yang memerlukan makanan ini, mengapa tidak memanfaatkan sumber alami?
Pewarna Alami dari Sayuran & Buah-Buahan:

Campuran Rumput Laut - Rumput laut adalah salah satu dari sedikit makanan yang meningkatkan spektrum penuh warna, dari merah menjadi biru, dengan masing-masing spesies unggul pada satu warna lebih dari yang lain sesuai dengan warna dari spesies rumput laut itu sendiri. Misalnya, rumput laut hijau unggul pada peningkatan biru dan rumput laut merah meningkatkan warna merah. Hal yang sama berlaku untuk nutrisi masing-masing mengandung
  • Spirulina (direkomendasikan untuk warna biru-hijau)
  • Red Algae (sumber astaxanthin yang luar biasa)
  • Paprika
  • Bok Choy
  • kubis
  • Winter Squash
  • Brokoli
  • Labu
  • Sawi hijau
  • Wortel
  • Kacang polong
  • Kubis
  • Blueberry Liar
  • Blewah
Catatan: Sayuran harus dimasak untuk sebagian besar ikan.

Pewarna Alami dari Tumbuhan

Sebagian besar tumbuhan ini lebih mudah diterima atau dimaka oleh oleh ikan akuarium ketika bahan ini berbentuk bubuk atau ekstrak dan dicampur ke dalam makanan ikan buatan sendiri (dengan pengecualian bawang putih, yang harus dalam segar ditumbuk untuk manfaat penuh). Sangat penting untuk menggunakan herbal berkualitas tinggi untuk hasil maksimal.
  • Paprika(Meningkatkan Warna Merah)
  • Rosehip
  • Gou Qui Zi (Goji Berry)
  • Bunga Nasturtium
  • Kelopak bunga Marigold (Meningkatkan Warna kuning)
  • Bunga Dandelion
  • Kunyit
  • Bawang putih
  • Kemangi
  • Ketumbar
  • Peterseli
  • Kunyit
  • Pewarna Alami dari Hewan Air:
  • Krill/Udang (sumber astaxanthin yang sangat baik)
  • Plankton
  • Ikan salmon (Meningkatkan Warna Merah)
  • Mysis Shrimp(Meningkatkan Warna Merah)
  • Udang Air Garam(Meningkatkan Warna Merah)
Catatan: Jika Anda menghentikan diet peningkat warna yang tinggi, warna akan kembali ke keadaan 'normal'.

Satu fakta yang jarang dibicarakan oleh perusahaan-perusahaan yang memproduksi pelet ikan yang meningkatkan warna adalah ada batasan maksimal tentang seberapa banyak kita dapat mempengaruhi warna ikan. Memberi makan di atas titik maksimal ini adalah pemborosan. Batas bervariasi di antara ikan, tetapi itu menunjukkan bahwa pakan ikan yang terdiri dari hanya pelet warna saja dapat merugikan jika mereka menyebabkan ketidakseimbangan.

Ikan jauh lebih baik diberikan diet lengkap. Makanan atau pelet peningkat warna tidak boleh diberikan berlebih dengan mengorbankan kebutuhan diet lainnya, jadi pilih makanan Anda dengan bijak. Anda tidak harus memberi makan warna yang meningkatkan makanan ikan secara eksklusif untuk mendapatkan hasil dan pada kenyataannya, hasilnya dapat diperkuat dengan suplemen makanan (termasuk makanan utuh). Kebutuhan protein, lipid, vitamin dan mineral ikan tergantung pada spesies, ukuran, tahap kematangan seksual, tingkat pertumbuhan, kondisi lingkungan, dan keterkaitan gizi makanan. Melengkapi diet dengan makanan utuh yang menawarkan peningkatan warna dan profil nutrisi yang luar biasa (seperti rumput laut dan krill) selalu merupakan pilihan terbaik.

Penting untuk diperhatikan bahwa makanan yang menghasilkan warna ikan tidak selalu menunjukkan bahwa ikan itu sehat. Ini dapat mengganggu diagnosis atau penilaian visual terhadap kesehatan umum ikan akuarium. Jika Anda tidak memberi makan pelet warna, itu jauh lebih mudah untuk menilai kesehatan umum dalam sekejap. Bukan artinya bahwa kita harus menghindari pemberian makanan yang meningkatkan warna, tetapi perlu diperhatikan ketika Anda menilai kesehatan ikan Anda secara keseluruhan. Menggunakan berbagai makanan untuk peningkatan warna memberikan vitamin dan mineral penting lainnya, yang semuanya disatukan untuk ikan yang terlihat dan sehat.
Warning ! Pencelupan dan Hormon

Diskusi tentang peningkatan warna ikan hias tidak akan lengkap tanpa menyebutkan pencelupan dan pengecatan ikan, dan pakan yang mengandung hormon. Praktek mencelup atau mewarnai ikan yang pada dasarnya tidak berwarna (misalnya glassfish) telah menyebar luas. Cat berwarna neon tidak beracun, tetapi penanganan dan pengecatan, ditambah dengan stres pengiriman sering mengundang masalah penyakit. Ikan sering mengidap ich (Ichthyophthirius multifilis) dan infeksi jamur.Ikan yang dicelup atau "dyeing" hanya dalam hitungan beberapa waktu ikan menghilang warnanya menjadi tidak berwarna tentu akan membuat kesal pembeli yang telah membayar harga mahal hanya untuk ikan yang "dicat". Mewarnai ikan tidak berwarna baru-baru ini menjadi populer. Ikan yang dicelupkan dalam air yang mengandung pewarna dan perendaman dan penanganan dapat menyebabkan masalah penyakit yang disebutkan sebelumnya.

Hormon juga kadang disuntikkan pada ikan louhan untuk meningkatkan warna ikan dengan "memaksa" ikan untuk menjadi dewasa sebelum waktunya. Testosteron yang diberikan memungkinkan penyimpanan pigmen dalam kromatofora terbentuk prematur sebelum waktunya. Ikan yang masih remaja dan belum berwarna sepenuhnya dipaksa agar dapat mengeluarkan warna ikan dewasa. Ikan yang diinjek dengan hormon sering menjadi mandul dan memerlukan pasokan hormon terus-menerus agar dapat mempertahankan warna. Jenis kelamin ikan saat remaja sering membingungkan dan diet hormon, paling sering mengandung testosteron, membuat semua ikan menjadi jantan. Dosis testosteron yang tidak terkontrol mensterilkan ikan. Produksi hormon endogen berhenti, jadi warna tidak dipertahankan ketika ikan distop dari pakan yang diberi hormon. Tidak ada cara khusus untuk mengetahui apakah ikan louhan telah diberi pakan/di injek dengan hormon kecuali untuk waspada terhadap ikan yang Anda beli. Jika terlihat bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin saja itu dia!

Sumber : 
Jason Selong - Cichlid Coloration Control and Enhancement
Melody McKinnon - Naturally Enhance the Color of Aquarium Fish

Tidak ada komentar:

Posting Komentar