Senin, 16 September 2019

Sekilas tentang Ikan Guppy dan Perawatannya

Hasil gambar untuk mengenal ikan guppy

Ikan Guppy – Ikan guppy (Poecilia reticulata) adalah ikan berukuran kecil dari suku poecilidae. Ikan guppy biasa juga dipanggil dengan ikan cere, ikan seribu, atau suwadakar. Loh ikan cere yang ada di selokan? Iya sama masih satu jenis, tetapi tentu berbeda kualitasnya dengan ikan guppy yang dijual untuk ikan hias.Tapi biasanya penamaan ikan cere untuk yang di selokan, sedangkan guppy untuk ikan hias yang biasa di jual di pasaran.
Ikan guppy termasuk ikan hias air tawar yang populer di dunia, ikan ini banyak peminatnya di seluruh dunia. Bahkan terdapat juga kontes ikan guppy dan asosiasi/organisasinya sebagai wadah bagi para penghobi ikan guppy.

Anatomi ikan guppy

Anatomi ikan guppy ini biasa dijadikan patokan-patokan ketika kita menentukan warna dan jenis ikan guppy sehingga bisa mempermudah kita. Berikut ini beberapa anatomi pada ikan guppy.



Ikan guppy jantan dan betina dibedakan dari bentuknya. Jantan biasanya berukuran badan lebih kecil tetapi dengan sirip yang lebar dan warna yang cerah. Sedangkan betina biasanya warnanya pucat dan berbadan besar.

Sirip pada ikan guppy inilah yang biasanya membedakan kualitas (grade) pada ikan guppy.

Memelihara ikan guppy

Ikan guppy termasuk ikan yang mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar, bukan hanya itu ikan guppy juga mudah dalam berkembang biak. Sehingga untuk memelihara ikan guppy tidaklah sulit, bahkan guppy bisa dipelihara di aquarium tanpa oksigen (aerator) baca : ikan hias tanpa aerator.
Makanan ikan guppy

Makanan ikan guppy berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan ikan guppy dan agar ikan berwarna cerah dan sehat. Makanan ikan guppy ada makanan alami dan makanan buatan. Makanan Alami berupa jentik nyamuk, dapnia magna, kutu air, cacing darah, cacing sutra dll. Pakan buatan berupa pelet dan pakan racikan.

Makanan anak ikan guppy baru lahir biasanya menggunakan micro worm, atau kutu air saring (yang ukurannya sangat kecil). Bisa juga dengan green water dan bakteri berukuran kecil.
Jenis dan harga ikan guppy

Ada ikan guppy lokal maupun ikan guppy import yang bisa kita temukan. Tentunya kualitas dan harganya juga bermacam-macam ya. Ada guppy termahal, ada guppy yang murah juga tentunya. Untuk jenis ikan guppy akan saya bahas dalam postingan khusus agar bisa fokus.



Untuk jenis guppy cendolan (guppy dengan kualitas kurang) biasanya dijual dengan harga 1000-5000 rupiah. Untuk guppy versi sedang biasanya dijual dengan harga 10.000-100.000 per pasang, dan untuk kualitas tinggi biasanya dijual berkisar 100.000 – jutaan.
Budidaya ikan guppy

Budidaya ikan guppy mudah saja, kita cukup menyediakan media dengan air yang baik dan menyatukan jantan dan betina. Jika ikan betina sudah terlihat hamil maka pisahkan betina, ciri-ciri guppy hamil bisa dilihat dari perutnya yang membesar dan bulat. Baca : mengawinkan ikan guppy

Berbeda dengan ikan lainnya, ikan guppy memijah dengan cara beranak (bertelurnya didalam perut) atau disebut ovovivipar.

Sumber : https://www.hewanpeliharaan.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar