Jumat, 20 September 2019

Persiapan Sebelum Memelihara Ikan Guppy di Akuarium

Hasil gambar untuk ikan guppy

Apakah Anda ingin memelihara ikan guppy sebagai ikan hias dalam aquarium? Jika iya, maka ada beberapa variabel penting yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah terkait ukuran akuarium untuk ikan guppy. Meskipun pada dasarnya ikan guppy adalah jenis ikan yang tahan banting dan mudah beradaptasi dengan lingkungan, namun beberapa hal sangat penting untuk diperhatikan.

Ada beberapa variabel yang harus Anda perhatikan dalam memelihara ikan guppy di akuarium. Semuanya berpengaruh pada perkembangan dan keindahan ikan hias Anda. Berikut akan kami ulas, termasuk tentang ukuran akuarium yang ideal untuk memelihara ikan guppy.
Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memelihara Ikan Guppy




1. Berapa Ukuran Akuarium Ikan Guppy?
Banyak informasi terkait pertanyaan di atas. Ada beberapa saran atau anjuran dari para praktisi dan penghobi ikan guppy.

Ada yang menyarankan akuarium berukuran 80x40x45 cm yang cukup untuk memuat hingga 120 liter air.

Sementara sumber lain menyarankan bahwa ukuran akuarium untuk ikan guppy adalah 40 x 20 x 25 cm yang cukup untuk 18 liter air.

Diantara sekian sumber yang membahas ukuran aquariaum salah satu yang bisa dikatakan sedang-sedang saja adalah 60x30x40 cm yang cukup untuk menampung 75 liter air.

Dengan ukuran yang sedang-sedang ini ikan guppy akan leluasa berenang. Silakan Anda pilih mana yang sesuai dengan ketersediaan tempat.

2. Jumlah Ikan Dalam Satu Aquarium
Selanjutnya, setelah Anda memutuskan pilihan ukuran akuarium, perhatikan juga jumlah ikan dalam setiap akuariumnya.

Yang paling baik, untuk akuarium berkapasitas 75 liter, cukup pelihara 2 hingga 10 ekor ikang guppy yang berpasangan (5 jantan 5 betina).

Dengan jumlah tersebut, maka atraksi para pejantan dalam berebut perhatian dari ikan betina akan menjadi tontonan seru dan menarik.

Tetapi apabila yang Anda perlukan adalah pemeliharaan untuk pemijahan maka dalam areal tersebut cukup masukkan 2 pejantan dan 5 betina. Ini dilakukan agar betina tidak mengalami stres.

3. Suhu Ideal Untuk Ikan Guppy Dalam Akuarium
Setelah memerhatikan soal ukuran dan jumlah ikan, sekarang tentang suhu air dalam akuarium. suhu ideal untuk air dalam akuarium adalah antara 250-270 C.

Terkadang untuk menjaga kondisi air agar tidak terlalu dingin kita membutuhkan pemanas. Pemanas berdaya 5 watt cukup untuk menghangatkan air sebanyak 3,5 liter.

Saat membeli pemanas air akuarium hati-hatilah dalam memilih. Karena kadang penjual mengatakan bahwa pemanas yang dijualnya mampu memanaskan 75 liter air akuarium, padahal pemanas tersebut bahkan tak mencapai separuh kemampuan yang kita inginkan.

4. Setup Yang Ideal Untuk Ikan Guppy Dalam Akuarium
Ikan guppy tergolong perenang kelas menengah. Tak perlu memusingkan arena bersembunyi untuk ikan guppy. Karena dengan ketentuan ukuran akuarium dan suhu air yang ideal maka ikan guppy akan bisa menyesuaikan diri.

Sebagai referensi, beberapa varian akuarium yang bisa Anda coba misalnya memelihara ikan guppy dalam akuarium model soliter kecil, akuarium sekat model under gavel, dan memelihara ikan guppy dalam aquascape.

Khusus untuk aquascape, hendaknya Anda memelihara ikan guppy sejak anakan agar bisa menyesuaikan dengan lingkungan aquascape yang memiliki bentuk tanaman air.

Hal ini perlu diperhatikan karena aquscape berpotensi mengandung banyak bakteri yang bisa menempel pada ikan dan membuatnya sakit.

Itulah uraian tentang ukuran akuarium untuk ikan guppy dan beberapa hal penting yang terkait. Memelihara ataupun budidaya ikan guppy dalam akuarium memang akan membuat pengawasan dan pengedalian kualitas ikan guppy lebih terjaga daripada memeliharanya dalam kolam.


Sumber : https://www.topikanguppy.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar