Senin, 31 Juli 2017

Pembesaran Ikan Mas di Kolam Terpal

Image result for budidaya ikan mas kolam terpal

Bila dalam membicarakan tentang tujuan orang beternak ikan, maka bisa dijumpai sekali alasan mengapa sebagian orang ingin beternak ikan. Untuk tujuan yang paling signifikan ialah tentu saja karena aspek keuntungan yang bisa di peroleh. Terbilang banyak sekali jenis ikan yang bisa dibudidayakan. Kali ini akan mengulas mengenai budidaya ikan mas. Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan yang terbilang sangat mudah untuk dapat diternakan bila dibandingkan dengan ikan tawar maupun tambak yang lainnya.

Media yang sekarang ini semakin populer digunakan ialah kolam terpal, sebelum ke topik utama cara budidaya ikan mas di kolam terpal, terlebih dahulu membahas mengenai manfaat dalam teknik budidaya ikan mas dalam menggunakan media kolam terpal.
Tempat Budidaya Ikan MasUntuk manfaat yang pertama yang anda dapatkan dalam teknik beternak ikan mas pada kolam terpal ialah cocok bagi siapa saka yang kekurangan tempat atau media air disekitar rumah maupun tempat tertentu. Memang banyak orang yang tertarik untuk melakukan budidaya ikan mas namun hal ini tidak memiliki lahan tanah yang cukup untuk budidaya ikan tersebut. Dengan memanfaatkan ide kolam terpal anda bisa menghemat tempat dan juga mudah untuk dilakukan.
Kestabilan Suhu Kolam TerpalUntuk manfaat yang kedua ialah kualitas suhu yang lebih stabil, sudah banyak sekali peternak ikan yang begitu merasakan manfaat dalam beternak ikan mas kaitannya dengan kestabilan suhu. Yang dimaksud stabil disini ialah tentang bagaimana kolam terpal dapat mampu untuk mengatasi fluktuasi suhu kolam yang disebabkan oleh perubahan suhu dikarenakan perubahan musim juga.

Memiliki Kualitas Ikan Mas Yang Lebih SegarManfaat yang ketiga ialah mengenai ikan mas yang dipanen yang aman tidak berbau tanah. Hal ini dikarenakan ikan mas yang dipanen tidak akan terkena lumpur sama sekali. Dan para konsumen pun cenderung menyukai ikan mas yang tidak berbau tanah sama sekali. Jika dibandingkan dengan kolam tanah yang mana pasti dalam melakukan panen akan bermasalah dengan lumpur, sedangkan pada kolam terpal tidak akan memiliki masalah tersebut pastinya.

Terbilang Mudah Dalam Proses Panen Ikan MasManfaat yang keempat ialah aspek kemudahan dalam melakukan panen, banyak orang yang melakukan cara ternak ikan mas dengan media kolam terpal yang mendapatkan manfaat dari segi mudahnya dengan mengolah kolam terpal tersebut. Dalam proses pengeringan pun dapat diketahui bahwa kolam terpal cepat dan mudah untuk dikeringkan yang mana hanya perlu 2 jam saja dibandingkan dengan kolam tanah yang membutuhkan setidaknya 2 sampai 7 hari proses pengeringan.
Minimnya Resiko Serangan PenyakitManfaat yang kelima ialah mengenai cara beternak ikan mas dalam kolam terpal ialah jarangnya ditemui hama penyakit yang bisa mengganggu dalam proses pembesaran ikan mas. Hal ini dikarenakan pada kolam tanah, sering sekali terjadi penumpukan kotoran ikan yang bisa menyebabkan kualitas air menjadi buruk sehingga bisa menggangu kesehatan ikan mas tersebut. Jika pada kolam terpal anda bisa dengan mudah dalam melakukan pembersihan sehingga kelangsungan hidup ikan mas menjadi lebih tinggi dibandingkan budidaya pada kolam tanah.

Nah berikut langkah-langkah tips dalam budidaya ikan mas di kolam terpal yaitu :

Tips Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal
Hal ini memang benar dalam cara budidaya ikan mas di kolam terpal terbilang sangat mudah. Akan tetapi anda harus mengetahui tips apa saja yang harus diperhatikan. Hal yang pertama tentu saja yang berkaitan dengan apa saja yang harus dipersiapkan. Pastikan untuk membeli terpal dengan memiliki ukuran yang sesuai dengan kebutuhan anda, dipastikan pula bahan terpal yang akan digunakan mempunyai kualitas yang terbaik atau bagus sehingga bisa tahan lebih lama jika digunakan sebagai syarat utama kolam terpal.

Persiapan PeralatanHal yang berikutnya tentu saja peralatan pendukung lain yang diperlukan untuk membangun kola terpal tersebut baik dalam pembibitan maupun dalam pembenihan. Dipastikan dalam kedua proses tersebut dilakukan pada dua kolam terpal yang berbeda.

Cara tahapan ini ialah tentang bagaimana nada untuk dapat memperoleh bibit ikan mas, ada dua cara dalam memperoleh bibit ikan mas yaitu :
Yang pertama ialah dengan membeli bibit yang ada dipasaran.
Yang kedua ialah dengan melakukan pembibitan dengan usaha sendiri.

Apapun cara yang digunakan dalam mendapatkan bibit, pastikan benih yang anda gunakan memiliki kualitas yang paling bagus sehingga ketika panen nanti anda juga mendapatkan kualitas ikan mas yang lebih baik.

Perawatan Ikan Mas Kolam Terpal
Langkah berikutnya yang perlu diperhatikan dalam membudidayakan ikan mas dikolam terpal ialah dengan memperhatikan cara melakukan perawatan. Yang menjadi masalah disini ialah tentang bagaimana melakukan perawatan dalam membesarkan ikan mas yang anda miliki. Pilihlah jenis makanan yang sesuai dengan kebutuhan ikan mas anda, variasikan makanan yang anda sediakan pada ikan mas baik itu pakan alami maupun pakan pellet yang tersedia dipasaran. Dipastikan anda dalam member makan ikan mas yang anda ternakkan secara teratur guna menjamin kualitas perkembangan ikan mas tersebut menjadi semakin cepat dan berkualitas.
Dalam Kualitas Air Juga Sangat Menentukan

Langkah berikutnya yang harus diperhatikan dalam beternak ikan mas ilah pada aspek kesehatan ikan mas tersebut. Dipastikan anda memeriksa kualitas air pada kolam terpal tersebut. Jika perlu lakukan uji kandungan air pada kolam terpal ikan mas anda guna untuk mengetahui ada zat yang berbahaya atau tidak yang terkandung di air tersebut.

Banyak sekali masalah kesehatan ikan mas yang berkaitan dengan kondisi air kolam terpal tersebut, yang harus anda perhatikan ialah mengenai kedisiplinan anda dalam menguras kolam terpal yang anda punya. Hal ini jangan sampai endapan kotoran di kolam terpal tersebut menjadi semakin banyak yang mana dapat memperburuk kualitas air kolam terpal yang anda miliki. Bila perlu belilah alat penguras kolam guna membuat proses pengurasan menjadi lebih efisien.

 Sumber : http://www.seputarikan.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar