Selasa, 14 November 2017

Cara Mudah Membuat Pakan Ikan Nila

Hasil gambar untuk Cara Mudah Membuat Pakan Ikan Nila

Memiliki kemauan atau kreativitas untuk belajar yang kuat merupakan kunci sukses dalam usaha apapun. Dalam hal coba-coba atrau lazim disebut trial and error biasanya sering dilakukan ketika si pengusaha tidak punya pengalaman dan pengetahuan khusus. Untuk cara yang semacam ini dapat berakhir manis atau malah justru membuat tekor si pengusahanya.



Untuk siapapun yang memulai bisnis dalam pemeliharaan ikan nila aka nada biaya tetap yang perlu di tanggung. Yang salah satunya ialah terkait dengan pakan ikan. Membeli pakan jadi mempunyai nilai praktis, namun dengan naiknya harga pakan hal ini cepat atau lambat kenaikan ini akan menggerogoti keuntungan usaha anda.

Sebelum keadaan semakin sulit, tidak ada salahnya apabila anda untuk belajar bagaimana cara dalam pembuatan pakan nila. Hal ini tidak harus langsung mencoba untuk skala dan jumlah yang besar. Dengan demikian resiko gagal panen akibat pakan yang kurang baik dapat diminimalkan. Kalaupun anda punya beberapa kolam kecil untuk mencoba aneka jenis pelet buatan sendiri, tentunya itu dapat mempercepat penentuan pakan terbaik bagi ikan nila anda.

Bahan Untuk Pakan Nila
Dalam cara membuat pakan nila sendiri sebenarnya cukup terbilang sederhana, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan, sebagai berikut :
  • Yang pertama aneka tepung yang terbuat dari ikan, udang, tulang maupun jeroan, secara khusus tepung ikan ini dapat dibuat sendiri atau membeli dalam bentuk jadi sedangkan untuk tepung udang biasanya bisa didapat dari perusahaan yang olahan udang, untuk bahan ini dipakai minimal 10% dari total bahan. 
  • Yang kedua bahan yang bersifat perekat, bahan ini berupa tepung gaplek, onggok, tapioca, jagung pipilan halus dan polar katulnya gandum, untuk bahan perekat biasanya dipakai sekitar 10% hingga 30%. 
  • Yang ketiga yakni bahan pelengkap beberapa campuran bisa dipakai yaitu dedak halus, bungkil kedelai, bungkil kelapa, minyak ikan, vitamin dan mineral untuk ikan dan untuk bahan campuran yang berupa minyak ikan maksimal dipakai 10% dari total bahan, bila anda memakai terlalu banyak minyak ikan, gelatinasi akan terganggu. 

Teknik Dasar Membuat Pelet Nila

Untuk dasar dalam membuat pelet dimulai dengan membuat campuran bahan perekat terlebih dahulu, misalnya untuk perekat dari tepung tapioca bisa dibuat dalam kisaran 10% dari total bahan. Campur dengan air supaya mirip seperti lem, lalu masukkan tepung dasar, untuk tepung ikan dapat dipakai minimal 20% dari total campuran untuk ikan nila segala umur.

Untuk komposisinya dapat ditambah untuk ikan nila dalam tahap pembesaran, kemudian masukkan juga aneka bahan pelengkap dengan komposisi sesuai kebutuhan. Buatlah campuran bahan ini sampai kenyal. Lalu campuran ini dapat digiling dengan mesin giling daging. Pada tahap ini pelet masih bersifat basah, lalu kemudian dijemur 2 hari dengan cara ini dapat diperoleh pelet kering biasa.
Penggunaan Mesin Untuk Pelet Apung

Apabila ingin makanan ikan nila buatan sendiri juga dapat mengapung, setidaknya dibutuhkan mesin aduk dan mesin ekstruder.
  • Pada tahap awal semua bahan yang ada dimasukkan ke mesin aduk. 
  • Jika adonan terlalu keras dapat ditambahkan air secukupnya. 
  • Campuran ini harus di aduk setidaknya selama 10 menit. 
  • Kemudian campuran bisa dimasukkan ke mesin ekstruder. 
  • Karena mesin ini punya mekanisme pemanas uap, campuran biasanya sudah langsung dalam bentuk kering dan memiliki sifat mengapung. 
Pelet Yang Murah Bisa Dimodifikasi

Untuk pakan dalam buatan sendiri dapat lebih murah dari pakan di jadi dipasaran. Pelet buatan sendiri juga dapat dikombinasikan dengan pakan organik alami yang ada di kolam. Walaupun cara dasar yang ada ini diperuntukkan bagi ikan nila, dengan sedikit modifikasi komposisi juga dapat dipakai untuk membuat paka lele sendiri. Untuk ikan lele kadar protein dalam pakan harus lebih diperhatikan supaya pertumbuhan maksimal dapat dicapai.

Sumber : http://www.fakultas.net

1 komentar:

  1. terimakasih atas informasinya. dan jangan lupa kunjungi kami di http://tokoumpan.com

    BalasHapus