Senin, 12 Februari 2018

Menangkap Kepiting Rajungan dengan Jaring Kejer

Hasil gambar untuk jaring kejer

Selain Bubu Rajungan , salah satu alat tangkap yang dinilai efektif dalam menangkap rajungan adalah jaring kejer. Jaring Kejer banyak di gunakan nelayan pantura untuk menangkap rajungan. Jaring Kejer termasuk dalam kategori jaring insang / Gill net. Dan klasifikasinya ikut ke dalam gillnet dasar.
Secara umum konstruksi jaring kejer ini terdiri dari badan jaring (webbing), tali ris atas atau bawah, pelampung (float), tali pelampung (float line), pemberat (sinker), tali pemberat (sinker line), tali selambar, pelampung tanda, dan pemberat tambahan.Pengguna jaring kejer kebanyakan berada di pantai utara jawa ( Pantura ) semisal di daerah Kabupaten Cirebon dan kabupaten demak.

Jaring kejer adalah istilah yang di gunakan oleh nelayan di pantura untuk alat penangkap rajungan. Karena selain Jaring kejer nelayan juga menggunakan Bubu Rajungan Untuk menangkap rajungan

Alat tangkap rajungan mempunyai Bentuk Konstruksi jaring kejer yang terbilang kecil karena setiap satu pis jaring di potong menjadi 8 bagian dan bagian tersebut di sambung menjadi satu tingting jaring.

Jaring Kejer Penangkap Rajungan

Jaring Kejer Penangkap Rajungan

Badan Jaring

Badan jaring terbuat dari PA Monofilament berwarna transparan dengan nomor benang 20, ukuran mata jaring (mesh size) 3-3,5 inci dan jumlah mata ke arah tinggi jaring 6-7 mata. Perahu yang digunakan outboard engine berkekuatan, mata dan jumlah mata dalam satu meter ke arah panjang jaring 16,5 mata.

11-13,5 PK dengan bahan bakar solar. Nelayan jaring kejer berjumlah 2-3 orang yaitu terdiri dari 1 orang sebagai juri mudi dan 1-2 orang sebagai petawur.

Konstruksi dari jaring kejer menurut Martasuganda (2002), hanya terdiri dari satu lembar jaring (badan jaring) dimana ukuran matanya adalah sama. Pada bagian bawah dilengkapi dengan pemberat.

Panjang Jaring

Panjang jaring dalam satu tinting (pis) untuk bagian tali ris atas adalah 40-50 m dan untuk bagian tali ris bawah adalah 42-52 m.
Jaring Kejer termasuk dalam Contoh alat tangkap yang ramah lingkungan

Untuk Harga Jaring Kejer Per Piss Atau Pertinting sekitar 1,3 Juta Rupiah

Sumber : http://perikanan38.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar