Selasa, 10 Juli 2018

Jenis Makanan Ikan Nila



Siapa sih yang tidak kenal dengan jenis ikan konsumsi satu ini. Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan konsumsi air tawar yang banyak dicari karena memiliki rasa daging yang enak. Selain itu, alasan lain yang membuat ikan nila banyak penggemarnya adalah kerena harganya yang murah.
Sekarang ini banyak para pembudidaya ikan konsumsi air tawar yang lebih memilih untuk membudidayakan ikan nila. Ini karena banyak permintaan dipasaran, baik dalam maupun luar negeri. Selain itu, ikan nila lebih banyak dipilih karena lebih cepat besar dan cepat untuk pemanenannya. Para pembudidaya ikan nila bisa memanen ikan nila dalam kurun waktu 4-6 bulan dari pendederan.

Untuk para pembudidaya ikan nila, tentu hal yang menjadi perhatian adalah makanan ikan nila. Mereka membutuhkan berbagai macam makanan ikan nila yang bisa membuat ikan nila cepat besar. Ada banyak jenis makanan ikan nila supaya cepat besar yang mudah didapatkan. Nah, di artikel kali ini kami akan membahas makanan ikan nial supaya cepat besar, dari makanan ikan nila alami hingga buatan. Berikut berbagai jenis makanan ikan nial merah terbaik yang bisa anda pilih.

Jenis Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar

1. Daun Talas


Daun talah merupakan salah satu makanan ikan nila alami yang bisa anda pilih untuk mempercepat pertumbuhan ikan nila. Para pembudidaya ikan nila juga lebih memilih daun talas karena lebih menghemat biaya pakan ikan. Selain itu, makanan ikan nila satu ini juga bertujuan agar ikan nila tidak ketergantungan dengan pakan buatan seperti pelet.

2. Kangkung

Sama halnya dengan daun talas, kangkung juga merupakan salah satu makanan ikan nila berkualitas baik yang bisa anda berikan. Biasanya para pembudidaya ikan nila memberikan kangkung dengan cara dipotong kecil terlebih dahulu. Atau biasanya membiarkan kangkung tumbuh sendiri di kolam agar ikan nila bisa memakanya kapan saja.

3. Dedak



Nah, untuk makanan ikan nila agar cepat besar satu ini sangat baik untuk ikan nila kecil. Ini karena ukuran dedak yang kecil dan sesuai dengan ukuran mulut ikan nila. Dedak banyak dipilih sebagai makanan ikan nila alternatif karena banyak mengandung karbohidrat yang baik untuk pertumbuhan ikan nila. Selain itu, harga jenis makanan ikan nila kecil ini juga memilik harga yang murah dan mudah didapatkan.

4. Sisa Nasi


Untuk anda yang sering menyisakan nasi, jangan buang nasi secara sia-sia. Anda bisa memberikan nasi untuk makanan ikan nial. Ini karena nasi mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi untuk mempercepat pertumbuhan ikan nila. Anda bisa mencampurkan nasi dengan dedak atau langsung saja memberikannya untuk pakan ikan nila.

5. Lumut


Lumut merupakan salah satu jenis pakan ikan nila supaya cepat besar karena mengandung banyak protein. Selain dijadikan makanan alami, lumat juga banyak digunakan oleh para pemancing untuk mendapatkan ikan nila. Lumut biasanya sudah banyak tumbuh di kolam. Tetapi jika sudah habis, anda bisa mencari lumut di sungai dan sawah untuk tambahan makanan ikan nila.

6. Azolla


Mungkin banyak yang belum mengenal jenis makanan ikan nila supaya cepat besar satu ini. Azolla merupakan salah satu tumbuhan air yang banyak tumbuh dan tersebar di sawah. Anda bisa memberi makan ikan nila dengan azolla yang terlebih dahulu dipotong kecil-kecil atau langsung saja menempatkan azolla dalam kolam. Azolla juga sangat cocok untuk makana ikan nila kecil.

7. Ampas Kelapa


Jika anda ingin mengirit uang untuk makanan ikan nila, mungkin ampoas kelapa adalah pilihan yang tepat. Harga ampas kelapa yang murah dan mudah didapatkan ini menjadi salah satu makanan alternatik agar ikan nila bisa cepat besar. Makanan ikan nila supaya cepat besar satu ini banyak mengandung karbohidrat dan protein yang baik untuk pertumbuhan ikan nila.

8. Artemia


Artemia merupakan salah satu jenis hewah air berukuran kecil yang sangat baik untuk makanan ikan nila kecil. Artemia mengandung lemak dan protein yang banyak dibutihkan untuk pertumbuhan ikan nila. Ukuran artemia yang super kecil seperti kutu air ini sangat baik untuk benih ikan nila yang baru menetas.
9. Kutu Air


Sama halnya dengan artemia, ukuran kutu air yang kecil sangat cocok untuk makanan ikan nila anakan. Kuta air bisa kita temukan di para penjual ikan hias maupun bisa anda cari sendiri di sungai dan selokan. Kutu air sangat disarankan untuk makanan ikan nila kecil karena bisa membantu mempercepat pertumbuhan ikan.

10. Pelet Ikan


Ada banyak jenis pelet ikan nila, mulai dari pelet ikan nila anakan hingga pelet ikan nila indukan. Untuk setiap merek dan ukuran pelet tentu membuat harganya berbeda-beda. Semakin baik kualitas jenis makanan ikan nila supaya cepat besar satu ini, maka akan membuat harganya semakin mahal. Jika anda berminat untuk membeli pelet ikan nila, kami menjual berbagai merek dan ukuran pelet ikan nila.

Itulh daftar jenis makanan ikan nila merah dan ikan nila hitam yang bisa anda pilih sebagai rujukan. Bagaimana, sudah tidak bingung bukan untuk mencari makanan ikan nila alami dan makanan ikan nila buatan untuk budidaya ikan nila anda di rumah. Saya sarankan lebih banyak memberi makanan ikan nila berupa pelet. Ini karena pelet sudah terbukti ampuh sebagai makanana ikan nila supaya cepat besar oleh para pembudidaya ikan nila. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu anda dalam mencari makanan ikan nila kecil dan makanan ikan nila indukan berkualitas.

Sumber : http://bahasikan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar