Selasa, 10 Juli 2018

Pakan Alternatif Budidaya Ikan Lele

Hasil gambar untuk pakan alternatif lele

Buat Anda yang sedang aktif melakukan budidaya ikan lele, tentunya perlu mengetahui berbagai macam jenis pakan alami dari ikan lele yang relatif murah dari harga pakan ikan lele di pasaran. Cara ternak ikan lele beragam, jika menggunakan sistem bioflok tentunya sangat mengandalkan mikroorganisme sehingga membuat ikannya lebih gurih sehingga tanpa pakan saja pun oke.

Sebenarnya setiap peternak memiliki idola sendiri-sendiri dalam melakukan budidaya ikan lele dengan jenis apa. Ada banyak jenis ikan lele yang memakan pakan alternatif juga. Anda bisa menyesuaikan berbagai macam pakan alternatif untuk diberikan pada ikan lele.

Anda bisa memulai budidaya ikan lele menggunakan kolam terpal. Kolam jenis terpal ini memang dianggap lebih baru dari kolam-kolam yang pernah ada. Meskipun banyak juga peternak lele yang menggunakan kolam tanah, kolam tembok, atau pun drum plastik.

Ada banyak jenis pakan alternative yang bisa membuat ikan lele cepat membesar dan cepat panen yaitu sebagai berikut:

1. Maggot Lalat



Pernah dengar yang dinamakan maggot lalat? Maggot lalat merupakan alternatif pakan lele. Maggot biasa tumbuh dengan siklus tertentu yaitu melalui telur lalat. Jenis lalatnya ialah black soldier fly dengan metamorfosis dengan fase kedua setelah mengalami fase telur. Lebih tepatnya sebelum masuk fase pupa sebelum menjadi lalat dewasa.

Kandungan di dalamnya mengandung protein maggot dengan prosentase hingga 40 %. Nilai gizi pellet dibuat oleh pabrik dengan prosesntase sekitar 20-25 %. Pakan alternatif lele jenis ini dapat meningkatkan tingkat metabolisme pada ikan sehingga sangat baik untuk melawan berbagai penyakit.

2. Ikan rucah



Ikan rucah merupakan pakan alternatif lele yang sangat memiliki nilai gizi sangat tinggi. Ikan rucah ini sangat disukai oleh para petani karena di dalamnya sangat mengandung protein yang super tinggi. Ikan rucah mengandung komponen yang berasal dari berbagai unsur sebagai penunjang pertumbuhan ikan lele yang rasanya sangat enak dan disukai oleh ikan lele.

Ikan rucah yang rasanya dianggap enak memang bukan hanya sekedar anggapan, tapi memang sangat benar adanya. Para budidaya ikan lele biasanya mengandalkan ikan rucah untuk berbagai pakan harian.

3. Bekicot



Bekicot merupakan bahan pakan ikan lele yang secara alternatif bisa digunakan sebagai pakan ikan yang memiliki kandungan protein sanagat lengkap dan sangat bagus sebagai makanan yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan lele. Khususnya ikan lele memang sangat menyukai jenis pakan yang amis seperti bekicot tersebut.

Para peternak ikan lele memang sangat memuji kehadiran bekicot karena fungsi gizinya hampir sama seperti keong emas sehingga sangat menguntungkan bagi para pelaku budidaya. Peternak seharusnya memiliki kerjasama yang baik untuk memberantas hama atau predator.

Para predator memiliki simbiosis mutualisme dengan peternak bekicot untuk menyediakan pakan lele yang memiliki kualitas sangat bagus. Ikan lele dapat bertumbuh dengan baik dengan konsumsi bekicot.

4. Cacing



Banyak para ahli cacing lubricus yang menyadari bahwa di dalam tubuh cacing mengandung kadar protein yang sangat tinggi, atau sekitar 76 %. Kadar cacing ini lebih tinggi dibandingkan dengan protein yang ada di dalam daging mamalia karena proteinnya sebanyak 65% atau ikan yang memiliki kadar sebanyak 50 %.

Cacing sutra juga bagus sebagai pakan ikan lele sebab memiliki laju pertumbuhan yang sangat tinggi. Jenis makanan cacing termasuk ke dalam jenis kelompok pakan alami ikan yang sangat tinggi kandungan gizinya. Cacing sutra memiliki tekstur lembut yang sangat mudah dicerna bagi ikan lele.

Tapi sayangnya cacing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kekurangannya ialah terletak pada pengaruhnya yang bisa membuat air menjadi lebih cepat kotor. Ikan lele memang lah bisa membuat air mudah lebih cepat keruh.

Maka agar bisa meminimalisir air yang kotor biasanya cacing memang harus dibersihkan. Pastikan cacing yang digunakan sebagai pakan ikan lele harus dibersihkan terlebih dahulu sehingga bersih dari berbagai bakteri pathogen yang asa di dalamnya. Bakteri patogen tentunya akan membuat pertumbuhan ikan lele menjadi terganggu.

5. Tanaman atau Dedaunan



Tanaman atau dedaunan juga bisa digunakan sebagai pakan alternatif tenak ikan lele. Contoh tanamannya ialah Azzola. Azzola ialah jenis tumbuhan paku air yang sangat dibutuhkan unttuk ikan lele. Tumbuhan azzola merupakan tumbuhan yang sangat baik sebagai saluran irigasi yang berada di area pinggir kolam sehingga membuat tanah lembab.

Tanaman Azzola merupakan tumbuhan pakuan yang banyak dicari oleh para peternak ikan yang khusus untuk ikan lele sebagai alternatif pakan tambahan yang murah. Intensitas perburuan azola merupakan pakan ikan lele yang di dalamnya mengandung banyak protein yang sangat tinggi sekitar 25 hingga 35 %.

6. Unggas



Pada peternakan ayam setiap harinya biasanya ada aja ayam yang mati. Limbah ayam bisa Anda gunakan untuk memberi makan ikan lele, karena lele merupakan hewan karnivora.

Ayam yang sudah mati tidak boleh diberikan secara langsung untuk menghindari wabah penyakit pada ikan. ayam harus direbus serta dibersihkan dulu. Proses perebusan ini bertujuan untuk menghilangkan bau dan membunuh bibit penyakit yang mungkin terkandung dalam ayam.

Setelah mendidih diamkan menjadi dingin, kemudian berikan ke ikan lele Anda pada hari itu juga.

Sumber : https://konstruksikolamterpal.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar