Sabtu, 11 Mei 2019

11 Langkah Budidaya Ikan Sepat yang baik dan benar

Hasil gambar untuk ikan sepat

Ikan sepat adalah ikan yang banyak dicari oleh banyak orang baik dari para pembisnis ikan sepat perorangan dan yang lainnya. Memiliki ikan sepat harus dilakukan cara pembudidayaan terlebih dahulu agar ikan sepat tersebut menjadi berkembangbiak dan bertambah banyak Bagi anda.

Dalam membudidaya ikan sepat ini bisa membuat para pembudidaya menjadi sukses juga karena angka permintaan dari pasar ikan sepat ini sangat tinggi juga, maka dari itu pembudidaya harus bisa pintar bagaimana usaha budidaya ikan sepat tersebut menjadi sumber penghasilan yang sangat besar.

Menjadi seorang budidaya ikan sepat ini tidak menutup kemungkinan anda akan menjadi orang yang sangat kaya dan sukses karena permintaan ikan sepat ini banyak peminatnya juga baik dari dalam maupun dari luar negeri, patutdisukuri dan beruntung jika anda seorang budidaya ikan sepat.

Proses Membudidayakan ikan sepat sebenarnya ada yang berhasil dan ada yang malah rugi sama sekali, hal tersebut tergantung kepada para pembudidaya ikan sepat lagi bagaimana cara yang baik dan benar tersebut dalam membudidayakannya. Untuk itu anda perhatikan dan simak cara budidaya ikan sepat tersebut.

Cara budidaya ikan sepat yang baik dan memuaskan

1. Persiapan Modal

Persiapan Modal dalam setiap sistem pembudidayaan memang sangat berperan penting sekali, karena modal akan sangat berpengaruh terhadap pembudidayaan ke depannya nanti. Maka dari itu persiapkan modal anda untuk membudidayakan ikan sidat tersebut.
2. Tempat Budidaya Tempat Budidaya

Lokasi budidaya ikan sepat ini harus anda anda perhatikan juga, karena ikan sepat berbeda sekali seperti ikan yang lainnya. Ikan sepat ini lebih suka dengan air yang bersih, dan yang penting tempat dan lokasi budidaya ikan sepat ini yang lebih baik adalah kolam tembok yang sudah dirancang sedemikian rupa.
3. Pilih Bibit Berkualitas Bibit sepat

Pemilihan bibit unggul dan berkualitas adalah hal yang utama sekali, karena pemilihan bibit tersebut tidak dilakukan dengan baik maka akan memiliki pengaruh besar terhadap masa pembudidayaan nanti. Maka dari itu sebagai para budidaya ikan sepat agar memperhatikan terlebih dahulu keadaan ikan tersebut, karena kemungkinan ikan sepat tersebut memiliki penyakit, cacat dan yang lainnya.

Induk ikan sepat betina memiliki ciri sebagai berikut
  • Memiliki sirip punggung membulat
  • Siripnya Lebih tanpak kelihatan daripada sirip yang jantan
Ciri sepat jantan
  • Sirip punggung panjang
  • Mirip ikan gurame
4. Pembenihan Pembenihan

Setelah anda menentukan induk ikan sepat yang bagus dan berkualitas, maka tahap selanjutnya adalah dengan membuat tempat pijah yang dimana induk ikan sepat jantan dan betina disatukan 1 kolam agar proses perkawinan ikan sepat tersebut berjalan dengan baik. Proses perkawinan pada ikan sepat tersebut bisa dilakukan selama 2 sampai 3 minggu. Setelah waktu tersebut habis maka ikan sepat jantan dipisahkan kembali ke kolam yang lainnya dan biarkan induk ikan betina tersebut berada di kolam yang tadi tunggu sampai bertelur.

5. Penetasan telur Penetasan Telur

Penetasan telur dilakukan dengan meletakan jerami diatas permukaan kolam untuk melindungi telur yang berada disarang busa dari ancaman panas ataupun dari guyuran hujan deras, ketika telur yang sudah menetas induknya dikembalikan lagi ke kolam yang lainnya bersatu agar dalam proses pembesaran burayak tidak terganggu oleh induknya secara langsung.
6. Cara Perawatan larva Perawatan Larva

Perawatan larva harus dilakukan dengan cara memberi pakan yang harus sesuai karena setelah 7 hari menetas dari telur maka dia membutuhkan sumber makanan dari luar. Maka dari itu beri dengan pakanan yang khusus untuk burayak ikan sepat agar cepat besar.
7. Pilih Sumber Air yang Baik Sumber Air bagus

Dalam pembudidayaan ikan sepat tersebut kualitas air juga akan sangat berpengaruh. Air yang lebih bagus tersebut adalah air yang berasal dari sumber mata air pegunungan atau persawahan. Karena air yang berasal dari pegunungan mengandung zat yang sangat berguna bagi ikan sepat.

Dalam pembudidayaan ikan sepat ini perlu anda ketahui bahwa ikan sepat suka dengan air yang deras dan air yang lambat, maka sebagai para pembudidaya ikan sepat tersebut anda harus bisa sediakan lebih dari 1 kolam khusus untuk ikan sepat.
8. Pemberian Pakan Makanan Pemberian Pakan

Pemberian pakan makanan terhadap ikan sepat tersebut perlu diperhatikan juga, karena ikan sepat berbeda dengan ikan yang lainnya. Ikan sepat lebih suka dengan makanan alami dan buatan. Untuk makanan alami bisa anda gunakan bisa dari ulat, cacing tanah atau caing sejenisnya.

Sedangkan untuk pakan buatan anda bisa gunakan pelet khusus ikan, layer dan yang lainnya. Tujuan pemberian makanan yang alami dan buatan ini agar dalam proses pertumbuhan ikan sepat bagus dan 
cepat.
9. Perawatan/Pengendalian Hama

Ikan sepat tidak akan terlepas dari berbagai penyakit maka dari itu sebelum budidaya ikan banyak, perlu diperhatikan dalam proses pemeliharaan ikan sepat tersebut agar terhindat dari berbagai penyakit yang dapat menyerang ikan sepat.
10. Panen

Setelah sekian lama anda memberikan makanan pada ikan sepat, maka proses panen tersebut akan tiba waktunya. Proses panen tersebut bisa anda lakukan sekitar 3 bulan sekali setelah anda melakukan pembenihan. Proses pemanenan bisa anda lakukan dengan cara memilih ikan yang besar saja dan ikan yang masih kecil atau sedang bisa anda budidayakan kembali dan tunggu sampai ikan tersebut menjadi besar dan bisa anda panen kembali.
11. Proses Pemasaran Pemasaran

Pemasaran adalah langkah terakhir yang dilakukan dalam membudidayakan ikan sepat, dan disinilah anda akan berpeluang memiliki banyak keuntungan yang sangat besar dalam membudidayakan ikan sepat.

Itulah 11 cara Budidaya ikan sepat yang baik dan benar serta akan menghasilkan hasil yang memuaskan.

Sumber : https://vebma.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar