Minggu, 12 Mei 2019

Budidaya Ikan Sepat Di Kolam Terpal

Hasil gambar untuk budidaya ikan sepat kolam terpal

Ingin melakukan budidaya ikan sepat dikolam terpal tetapi belum mengetahui bagimana Cara Budidaya Ikan Sepat Di Kolam Terpal dengan benar ?. Melakukan budidaya ikan sepat memang belum banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Tetapi kali ini akan saya berikan solusi untuk anda yang memang ingin memulai usaha ternak ikan sepat siam dengan menggunakan kolam terpal.

Cara Budidaya Ikan Sepat Di Kolam Terpal
Ikan sepat siam atau ikan sepat rawa merupakan salah satu jenis ikan sepat air tawar yang merupakan anggota keluarga dari ikan gurami. Dalam bahsa inggris ikan ini disebut dengan Siamese gourami atau snake skin gouramy. Diberikan nama tersebut tentu menonjol pada pola warna bagian tubuh ikan tersebut yang belang pada isi tubuhnya.

Sama seperti ikan jenis lainnya, ikan ini tentu sangat banyak ditemui di sungai, rawa, danau ataupun parit parit. Ikan ini umumnya berukuran sedang dan panjangnya sekitar 25cm. Ikan ini lebar, pipih dengan mulut yang agak meruncing, Sirip punggung, ekor dan dada dan sirip di duburnya berwarna gelap. Ikan yang hidup di alam liar ini biasanya berwarna perak kusam kehitaman hingga agak hijau pada hampir bagian tubuhnya dan terkadang tubuh belakang terlihat agak terang berbelang belang miring.

Untuk saat ini ikan sepat siam memang sudah sangat banyak di jual di pasar pasar. Dan bahkan kebutuhan ikan sepat siam disetiap harinya semakin banyak dan meningkat. Bahkan untuk kebutuhan di pasar pasar belum bisa dibilang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan. Dan tentu dengan adanya permintaan pasar yang semakin besar. Untuk anda yang ingin liburan tetapi bingung ingin liburan kemana, anda bisa baca artikel traveling di Info Tempat liburan.

Mau tidak mau para pembudidaya ikan akan terus berpikir bagiamana agar kebutuhan ikan sepat siam dipasar mencukupi. Untuk itulah Cara Budidaya Ikan Sepat dengan menggunakan media kolam terpal merupakan salah satu cara agar bisa lebih mudah dan mempercepat pemanenan ikan sepat. Berikut adalah cara melakukan ternak ikan sepat siam dengan menggunakan kolam terpal.
Persiapan Kolam Terpal



Ikan sepat siam umumnya adalah jenis hewan yang hidup dialam liar seperti rawa rawa, sungai, sawah ataupun parit. Tetapi tentu jenis ikan sepat ini juga bisa di budidayakan di kolam terpal dengan sangat mudah. Untuk melakukan budidaya ikan sepat ini tentu sangat banyak sekali pilihan jenis kolam yang bisa digunakan. Ada yang menggunakan kolam terpal, kolam beton, kolam tanah dan sebagainya.

Tetapi disini akan membahas tentang bagiamana Cara Budidaya Ikan Sepat dengan menggunakan kolam terpal. Langkah awal yang harus anda persiapkan adalah membuat kolam dengan ukuran lebar sekitar 3 meter sampai 5 meter. Dengan panjang kolam sekitar 8 sampai 10 meter dan kedalaman kolam 1 sampai 1,5 meter. Dan jika anda ingin mengetahui ikan hias termahal didunia, anda bisa membaca artikel di Ikan Hias Termahal Di Dunia, Mau Tahu ?.

Selanjutnya jika anda telah membuat kolam tersebut anda bisa memasang media terpal dengan ukuran yang telah disesuaikan dengan kolam yang anda buat tadi. Dan usahakan buatlah tembok pembatas dengan menggunakan kayu ataupun besi. Sebelum membuat kolam terpal, anda bisa memastikan bahwa dibawah kolam tidak ada benda tajam, karena jika terdapat benda tajam. Kolam terpal akan bocor dan tentu akan merugikan kita nantinya.
Pemilihan Indukan Ikan Sepat Siam



Dalam melakukan budidaya ternak ikan sepat siam, memilih indukan yang berkualitas tentu dapat mempengaruhi pada hasil ternak yang kita pelihara nantinya. Jadi untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan yang di inginkan. Tentu pemilihan bibit yang berkualitas sangat harus anda perhatikan dan harus benar benar teliti.

Ikan sepat siam yang akan dijadikan indukan sebaiknya bisa anda pilih yang sehat dan berkualitas. Ikan yang akan dijadikan indukan juga tidak abnormal, memiliki pertumbuhan yang relatif lebih cepat dan tentunya telah matang gonad. Dan untuk membedakan indukan ikan sepat jantan dan betina, berikut adalah cara untuk membedakan ikan sepat jantan dan betina.

Perbedaan Ikan Sepat Jantan Dan Betina
Jika sirip punggung membulat dan pendek sehingga tidak dapat mencapai dasar pangkal siri ekor bisa di pastikan ikan sepat tersebut adalah betina.
Jika sirip punggung panjang dan mencapai sirip ekor di tambah lagi dengan bentuknya yang lancip seperti sirip punggung ikan gurame, tentu ikan tersebut adalah jantan.
Ikan sepat betina biasanya berwarna lebih bersih atau lebih terang jika dibangingkan dengan jantan
Postur tubuh ikan sepat jantan umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan ikan sepat betina.
Pemeliharaan Dan Pemberian Pakan Ikan Sepat

Untuk pemeliharaan ikan sepat tentu dapat anda lakukan dengan cara melakukan sanitasi kolam dengan baik. Lakukan pergantian air secara berkala yaitu 2 sampai 3 minggu sekali agar ikan terhindar dari penyakit yang bisa saja menyerang ikan dengan tiba tiba. Karena jika tidak diperhatikan sanitasi kolamnya, tentu ikan akan bisa menjadi berjamur dan mati.

Pemberian pakan untuk ikan sepat bisa anda lakukan secara teratur yaitu 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Untuk pakan anda bisa memberikan pakan berupa pelet khusus ikan. Dan sebagai pakan tambahan anda bisa memberikannya eceng gondok atau anda juga bisa memberikan kiambang sebagai pakan alami bagi ikan sepat siam.
Panen Ikan Sepat Siam



Ikan sepat siam dapat di panen setelah berumur sekitar 3 sampai 4 bulan. Pemanenan ikan sepat siam ini tentu sangat baik dilakukan pada pagi atau sore hari. Cara panen ikan siam tentu dapat dilakukan dengan cara menguras air didalam kolam terlebih dahulu. Dan untuk menguras air didalam kolam tentu tidak perlu sampai benar benar air habis.

Tentu anda bisa menguras air yang ada di dalam sampai ikan terlihat dan anda bisa menjaring ikan secara bertahap. Setelah pemanenan tentu anda juga harus mensortir sesuai dengan besar dan kecilnya ikan. Karena tentu ikan sepat siam yang memiliki ukuran besar harganya berbeda dengan ikan sepat yang kecil. 


Sumber : http://belajarbeternak.com

1 komentar:

  1. Ikan Sepat
    adalah sejenis ikan air tawar yang termasuk dalam famili Belontiidae. Nama ilmiahnya adalah Betta splendens. Ikan sepat dikenal karena keindahan dan variasi warna serta bentuk siripnya yang mengesankan. Ikan ini berasal dari wilayah Asia Tenggara, seperti Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Vietnam.

    Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum tentang ikan sepat:

    1. **Ukuran dan Bentuk**: Ikan sepat biasanya memiliki ukuran relatif kecil, antara 5 hingga 7 sentimeter panjangnya dalam kondisi alam. Namun, melalui pemuliaan selektif, telah diciptakan varietas-varietas ikan sepat dengan ukuran yang lebih besar dan beragam bentuk tubuh.

    2. **Warna dan Sirip**: Salah satu daya tarik utama ikan sepat adalah warna dan pola tubuhnya yang beragam. Ada berbagai warna seperti merah, biru, hijau, kuning, putih, dan kombinasi di antaranya. Selain itu, sirip ikan sepat juga memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda, termasuk sirip ekor yang memanjang, sirip punggung yang lebar, dan sirip dada yang mencolok.

    3. **Sikap Agresif**: Ikan sepat jantan dikenal memiliki sikap yang agresif terhadap sesama jantan. Mereka sering terlibat dalam pertarungan untuk memperebutkan wilayah atau betina. Karena alasan ini, ikan sepat biasanya harus dipelihara sendiri atau dalam wadah yang cukup besar untuk menghindari pertikaian.

    4. **Perawatan**: Ikan sepat bisa dipelihara dalam akuarium. Akuarium untuk ikan sepat sebaiknya memiliki beberapa tempat berlindung seperti tanaman air atau hiasan, dan juga diberi pemanas air agar suhu tetap sesuai dengan preferensi ikan sepat. Mereka juga bisa diberi makanan seperti pellet ikan, cacing darah, atau larva serangga.

    5. **Pemuliaan dan Varietas**: Pemuliaan selektif telah menghasilkan berbagai varietas ikan sepat yang memiliki karakteristik unik, termasuk varietas dengan warna yang langka dan pola sirip yang eksotis.

    Namun, penting untuk diingat bahwa perawatan ikan sepat memerlukan pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Jika Anda berencana untuk memelihara ikan sepat, disarankan untuk melakukan riset lebih lanjut atau berkonsultasi dengan ahli akuakultur untuk memastikan bahwa Anda memberikan perawatan yang tepat untuk ikan tersebut. Juara Tani

    BalasHapus