Rabu, 27 Juli 2016

Budidaya Ikan Lele Phyton di Kolam Terpal



Setiap orang ingin mendapatkan uang dengan cara berbisnis, banyak ragam bisnis yang dapat anda pilih. Sebaiknya anda memilih bisnis yang sesuai dengan kemampuan anda dan di senangi atau dicintai anda. Banyak orang yang suka dengan ikan dan akhrinya untuk memilih mengembangkan ikan lele dikolam. Banyak jenis lele yang sudah banyak dikembangkan khususnya di Indonesia seperti lele sangkuriang dan lele phyton.
Popularitas pada lele sangkuriang kini sudah mulai digeser dengan popularitas lele phyton. Salah satu budidaya lel yang sangat terkenal di beberapa wilayah Indonesia ialah lele phyton. Untuk cara ternak lele phyton biasanya di kolam terpal.

Sudah banyak orang yang kini telah menggunakan dalam teknik budidaya lele phyton dengan kolam terpal. Mengapa banyak orang menggunakan kolam terpal sebagai salah satu teknik beternak yang dianggap paling menguntungkan. Kolam terpal dirasa yang paling murah jika dari pada kita menggunakan kolam dari semen.

Kolam terpal ini juga membuat semua ikan lele akan merasa aman dari semua pemangsa liar yang biasa ada dikolam biasa. Untuk itu cara beternak lele phyton ini dengan kolam terpal juga dapat dilakukan dengan sangat mudah hal ini karena dapat diatur untuk volume air dan dapat mengganti air dalam kolam terpal dapat dilakukan dengan cara sangat praktis. Alasan banyak orang menggunakan kolam terpal juga karena lele phyton akan tampak lebih bersih hal ini karena banyak lele phyton yang tumbuh dengan sehat tanpa terkena serangan penyakit.

Teknik Atau Tips Memulai Budidaya Lele Phyton

Untuk anda yang masih pemula yang baru saja akan memmulai dalam bisnis ikan lele phyton, sebaiknya anda mulai membaca teknik atau tips dalam membudidayakan ikan lele phyton dengan kolam terpal berikut ini.
  • Yang harus anda lakukan pertama kali yakni tahu bagaimana cara mengisi air dalam kolam terpal terlebih dahulu sebelum akhirnya anda tahu bagaimana cara pembesaran lele phyton.
  • Kemudian anda harus menyikat terpal terlebih dahulu hal ini untuk menghilangkan zat kimia yang ada pada terpal tersebut.
  • Lalu anda harus mengeringkan terpal selam sehari kemudian dapat memasukkan air dengan ketinggian 30 cm saja lalu diamkan selama satu minggu lamanya.
  • Anda juga dapat mulai menyiapkan bibit lele phyton yang memiliki ukuran 3-5 cm sebanyak kurang lebih 2000 ekor untuk satu kolam terpal dengan ukuran 3 m x 4 m x 1 m.
  • Apabila anda baru saja membeli bibit baru, sebaiknya bibit tersebut dibiarkan didalam ember terlebih dahulu baru kemudian dimasukkan pada kolan secara sedikit demi sedikit.
  • Kemudian anda juga harus mulai menyediakan makanan organik bagi lele phyton anda berupa pallet butiran. Pallet butiran tersebut akan menekan angka kematian lele phyton tersebut.
Dalam hal yang harus diperhatikan selalu ialah kebersihan kolam terpal itu sendiri, mulai dari proses pembenihan lele phyton sampai pembesaran lele phyton harus dilakukan di kolam terpal yang terjaga kebersihannya dan pemberian makan diharapkan selalu tepat waktu.
Dalam Pengembangan Bisnis Lele Phyton

Apabila anda berhasil dalam mengembangkan bisnis lele phyton, anda bahkan dapat menjual benih ikan ini setiap harinya dengan harga mahal. Sudah ada banyak orang yang akan sipa untuk membeli benih ikan lele phyton anda setiap harinya. Benih tersebut akan dibawa dan dibudidayakan di kolam milik mereka, anda mungkin harus memikirkan tempat yang lebih luas misalnya dengan tambak apabila bisnis anda sudah lebih berkembang. Ikan lele masih akan selalu di cari untuk dibuat berbagai macam makanan, ikan lele ini juga banyak dicari karena terdapat kandungan gizi dan protein yang terbilang sangat tinggi.

Sumber : seputarikan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar