Rabu, 27 Juli 2016

Membuat Pakan Ikan Mas

Image result for pakan mas

Ikan mas merupakan sekian banyak jenis ikan yang biasa dibudidayakan di Indonesia, dan ikan mas ini termasuk ikan yang sangat peling diminati dan populer bagi kebanyakan masyarakat umumnya. Ikan mas ini dikenal akan rasanya yang begitu gurih dan memilik daging yang begitu empuk. Ikan jenis ini bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan mulai di pepes sampai di goreng renyah.

Melihat dari tingginya kebutuhan akan ikan mas ini banyak orang yang memutuskan untuk membudidayakan ikan mas tersebut sendiri. budidaya ikan mas ini dianggap sebagai lahan bisnis yang baru yang terbilang cukup menjanjikan.

Yang merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam budidaya ikan mas ialah dalam pemberian pakan. Ada berbagai jenis pakan ikan mas yang tersedia di pasaran. Pakan ikan mas di formulasikan sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi pertumbuhan ikan mas.

Untuk mendapatkan ikan mas dengan memiliki kualitas yang cukup baik, anda harus memilih pakan dengan kualitas yang cukup baik pula. Yang salah satu jenis pakan yang cukup sering digunakan untuk ikan mas ialah pelet. Akan tetapi dalam hal ini karena harga pelet tersebut yang kian mahal para peternak ikan mas akhirnya mulai mencoba untuk mencari alternative pakan untuk ternak ikan mas mereka tersebut.

Cara membuat Pakan Sendiri

Apabila anda ingin membuat pakan lele sendiri maka yang perlu anda perhatikan ialah bahan-bahan yang anda gunakan untuk membuat pakan tersebut, yang pada dasarnya ada banyak sekali bahan-bahan yang dapat digunakan dalam membuat pakan ikan mas tersebut. Bahan-bahan tersebut dapat ditemui dengan cukup mudah dan cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan pelet. Secara garis besar bahan pembuat pakan ikan mas bisa dibagi menjadi dua kategori yakni bahan nabati dan bahan hewani.

Bahan Pembuat Pakan

Untuk bahan nabati ialah bahan-bahan yang didapat dari tanaman seperti dedak atau bekatul. Sedangkan bahan hewani ialah bahan-bahan organik yang merupakan hasil hewan seperti telur atau tepung ikan. Ada pula alternative bahan pakan lain yakni dengan menggunakan teknik kultur untuk membudidayakan plankton. Teknik ini terbilang cukup populer karena bahan pakan yang dihasilkan mempunyai nilai nutrisi yang cukup tinggi. Anda juga bisa membuat pelet sendiri dengan menggunakan bahan-bahan sederhana seperti tepung kedelai, tepung ikan dan tepung terigu.
Proses Pembuatan ( Emulsi )

Emulsi merupakan salah satu bentuk pakan ikan mas yng bisa anda buat sendiri. pakan jenis ini biasa diberikan pada ikan mas yang berumur 5 hingga 21 hari. Adapun bahan yang digunakan dalam membuat emulsi ialah tepung kedelai dan kuning telur ayam dengan memiliki perbandingan satu banding satu. Apabila perlu anda juga bisa menambahkan vitamin ikan sebanyak 1%.

Cara pembuatan emulsi ialah dengan cara melarutkan kuning telur ayam yang telah direbus ke dalam 200 ml air matang. Tambahkan 40 g tepung kedelai dan 5 g tepung sagu. Tambahkan juga vitamin ikan sebanyak 1 g. Campuran tersebut dipanaskan sambil diaduk-aduk sampai terbentuk emulsi atau gumpalan. Dalam cara pemberian pakan jenis ini ialah dengan menyemprotkannya diatas permukaan air. Dalam pemberian emulsi bisa dilakukan 6 sampai 8 kali per hari.
Teknik Membuat Tepung Dan Pelet

Untuk jenis makanan ikan mas lainnya yang bisa dibuat sendiri ialah tepung. Tepung bisa dibuat dengan cara menghaluskan pelet. Tepung bisa diberikan pada ikan mas yang berumur 40 sampai 80 hari. Selain tepung bahan pakan lain yang bisa dibuat sendiri ialah pelet. Pelet bisa dibuat dengan menggunakan bahan-bahan berupa tepung ikan, tepung kedelai, tepung terigu dan kuning telur. Dalam cara pembuatan pelet hampir sama dengan cara membuat emulsi, hanya saja pelet dicetak menjadi butiran halus. Jika perlu, pelet bisa dikeringkan dengan cara dijemur.
Pakan Alternatif

Pilihan lain sebagai pakan alternatif untuk ikan mas ialah dengan cara membudidayakan plankton yang merupakan sebagai kultur pakan alami. Beberapa jenis plankton yang bisa dibudidayakan dengan teknik kultur antara lain ialah Rotifera, Moina dan Daphnia. Anda juga bisa membudidayakan cacing Tubifek sebagai bahan pakan alternative untuk ikan mas anda.

Sumber : http://seputarikan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar