Rabu, 27 Juli 2016

Membuat Pakan Ikan Lele

Image result for pakan lele

Lele ialah salah satu jenis ikan yang terbilang cukup tinggi untuk peminatnya, ikan lele ini bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan dan dikenal memiliki rasa yang gurih serta dagingnya yang begitu lembut. Tidak heran jika semakin banyak orang yang memutuskan untuk memulai budidaya lele sendiri. dalam membudidaya lele bisa menjadi lahan atau peluang bisnis yang cukup menjanjikan mengingat tingginya permintaan akan ikan lele di pasaran.

Berbagai hal yang perlu untuk diperhatikan dalam membudidayakan ikan lele, dalam memilih lele yang bagus serta membuat kolam lele dengan memiliki ukuran yang ideal memang merupakan beberapa hal yang perlu untuk diketahui oleh bagi peternak lele. Selain bibit dan kolam, anda pula perlu memperhatikan dalam pemberian pakan hal ini untuk menjaga kualitas lele yang anda budidayakan. Untuk saat ini anda bisa menemukan berbagai jenis pakan yang dapat diberikan pada ternak lele.

Nah berikut ini beberapa jenis pakan bahkan dapat dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang terbilang mudah untuk didapatkan.

Bahan-Bahan Yang Digunakan ( Pakan Lele )

Ada beberapa jenis bahan yang dapat digunakan untuk membuat pakan lele, yang biasa pada umumnya, pelet ialah jenis pakan lele yang biasa digunakan bagi para peternak lele. Namun hal ini untuk harga pelet semakin mahal. Bagi para peternak lele mulai mencoba untuk mencari bahan pakan alternatif lain yang harganya jauh lebih terjangkau. Dalam hal ini adapun bahan-bahan yang lebih murah dan dapat digunakan sebagai bahan pakan untuk ternak lele antara lain ialah batang pisang, jerami padi, tepung kedelai, tepung jagung, dedak, lamtoro, daun pepaya dan bekicot.
Bahan Organik ( Alternatif Pakan Lele )

Dalam penggunaan bahan-bahan organik sebagai bahan dalam pembuat pakan lele memang semakin populer untuk saat ini dikarenakan bahan organik lebih mudah untuk didapatkan dan relative murah. Secara garis besar untuk bahan organik ini bisa dibagi menjadi dua kategori yaitu :

Bahan nabati
Dan bahan hewani

Bahan nabati ialah bahan-bahan yang didapatkan dari tumbuhan seperti bekatul dan daun pepaya. Sedangkan bahan hewani ialah bahan-bahan yang didapat dari hewan seperti cacing atau bekicot. Dalam penggunaan untuk bahan organik ini sebagai bahan pakan lele dianggap lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan pelet.
Teknik Pembuatan Pakan ( Menggunakan Batang Pisang )

Yang salah satu dalam bahan organik yang cukup sering digunakan sebagai bahan pembuat pakan lele ialah batang pisang. Batang pisang sering sekali dipilih oleh peternak yang ingin membuat pakan lele sendiri hal ini dikarenakan batang pisang sangat mudah untuk didapat dan terbilang cukup terjangkau secara ekonomis. Selain batang pisang sebanyak 2 kg, untuk bahan-bahan lain yang dibutuhkan ialah
  • 10 kg kotoran hewan
  • Jerami padi secukupnya
  • 5 kg dedek
  • Eceng gondok secukupnya
  • 1 kg gula putih
  • Dan 0.5 liter prebiotik ikan
Cara Membuat Pakan Lele
  • Pertama-tama batang pisang dan jerami padi dicacah hingga menjadi halus. Kemudian campurkan batang pisang, jerami pasi, eceng gondok, kotoran hewan dan dedak dalam satu wadah. Dipastikan kesemua bahan tersebut tercampur dengan rata, selanjutnya letakkan ke dalam wadah ember. Lalu cairkan gula dan campurkan dengan prebiotik, siramkan campuran gula dan prebiotik ke dalam campuran batang pisang lalu diaduk sampai merata dan benar-benar rata.
  • Tahap berikutnya dalam cara pembuatan pakan lele dengan bahan batang ialah dengan menutup wadah adonan dengan secara rapat. Lalu buatkan juga lubang keccil sebagai saluran udara, biarkan adonan tersebut berada dalam wadah selama kurang lebih satu minggu, lalu pindahkan adonan ke dalam kolam kecil supaya terjadi pematangan. Dan jangan lupa untuk menambahkan air dan prebiotik ikan secukupnya. Biarkan adonan tersebut kurang lebih selama 3 minggu.
  • Begitu sudah 3 minggu maka akan ditemukan banyak hewan kecil yang hidup pada adonan tersebut. Nah hal ini menandakan bahwa pada adonan makanan sudah jadi atau siap dan sudah dapat diberikan sebagai pakan pada ternak lele anda.
Cara Pemberian Pakan
Dalam pemberian pakan ialah dengan mengambil adonan cair sebanyak 5 hingga 10 liter dan memberikannya pada ternak lele. Anda bisa memberikan pakan jenis ini setiap tiga hari sekali.

Sumber : seputarikan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar