Kamis, 11 Juni 2020

Penanganan Hama dan Penyakit - Ikan Louhan


Saat ini kita coba membahas sedikit lebih jauh tentang ikan hias air tawar yaitu ikan louhan.  Ikan louhan adalah salah satu ikan hias akuarium terpopuler. Ikan louhan terkenal karena warna-warnanya yang cerah dan benjolan kepala uniknya yang disebut jenong. Louhan adalah ikan hibrida buatan manusia seperti cichlid bloof parrot. Mereka ditemukan di alam liar hanya karena pelepasliaran. Louhan pertama kali dikembangkan di Malaysia, kemudian di Thailand dan Taiwan pada tahun 1993.

Pencegahan penyakit ikan louhan
Louhan dan ikan lainnya juga seperti manusia. Mereka bisa sakit dan mati karena penyakit. Dan untuk menyembuhkan penyakit ini, Anda harus merawat ikan Anda dengan baik. Biasanya, orang berpikir merawat ikan cukup hanya dengan memberi makan 2 hingga 3 kali sehari, tetapi itu tidak cukup. Merawat ikan juga termasuk menjaga kualitas air yang sama pentingnya dengan memberi mereka makan setiap hari.

Hal paling penting tentang memelihara ikan louhan adalah memperhatikan tanda-tanda khas penyakit louhan. Pemilik ikan harus memperhatikan louhan mereka dengan seksama saat memberi makan mereka. Perilaku dan bahasa tubuhnya yang aneh memberi kita petunjuk bahwa louhan sedang sakit. Setelah kita melihat perilaku aneh ikan, kita perlu mengidentifikasi penyakit louhan dan mengobatinya dengan hati-hati.

Jika Anda ingin mencegah penyakit louhan dan menjaganya tetap sehat, Anda hanya perlu mengikuti instruksi berikut.

Suhu yang diperlukan
Louhan sebenarnya tumbuh dengan baik di suhu antara 23 hingga 27 derajat Celsius. Tetapi kami merekomendasikan untuk menjaga suhu antara 26 hingga 29 derajat Celsius. Suhu 26-29 derajat Celsius adalah suhu terbaik untuk menjaga louhan Anda tetap sehat. Juga, pasanglah heater dan termometer untuk memantau suhu akuarium Anda.

Kondisi air
Anda harus dapat mengelola kondisi air yang tepat untuk louhan. Pertahankan tingkat pH air antara 6,0 hingga 7,6. Gunakan penguji pH digital untuk memantau pH air akuarium Anda. Perubahan drastis pada tingkat pH dapat berbahaya bagi louhan. Jika Anda benar-benar ingin menjaga kesehatan louhan Anda, maka periksalah tingkat pH air secara berkala.

Selain itu, Anda harus mempertahankan tingkat amonia dalam air pada angka 0 dan nitrat juga harus 0 di dalam akuarium louhan. Untuk itu gunakan berbagai alat seperti tester ammonia, tester nitrit, dan tester nitrat. Atau Anda dapat membeli master test kit yang memiliki beberapa test kit air lainnya di dalam satu paket.

Filtrasi
Ikan louhan pada dasarnya membutuhkan oksigen yang cukup untuk hidup di akuarium. Jadi Anda memerlukan proses filtrasi yang tepat pada akuarium untuk mengalirkan air. Anda perlu memastikan bahwa akuarium cukup memiliki gelembung udara. Sistem filtrasi yang baik juga membantu menyaring polutan seperti amonia dan nitrat di akuarium, selain membantu melancarkan siklus nitrogen akuarium.

Ada berbagai sistem dan metode filtrasi yang dapat Anda pilih. Tapi untuk menyaring akuarium yang lebih besar, metode terbaik yang bisa digunakan adlaah sump filter yang menampung berbagai media filtrasi di dalamnya. Namun, jika Anda tidak memiliki cukup ruang di akuarium Anda, pilihlah filter canister eksternal.

Penggantian air
Penggantian air adalah salah satu faktor terpenting dalam merawat louhan Anda. Ikan louhan tidak akan suka hidup di lingkungan yang kotor sehingga Anda perlu rajin mengganti airnya. Anda perlu mengganti 25%-30% air setiap minggu. Ini akan membantu Anda menjaga louhan tetap sehat dan bebas penyakit.

Makanan
Faktor terpenting lainnya adalah pemberian makan. Pakan yang berkualitas akan membantu louhan menjadi sehat. Anda harus memberi makan louhan hanya sebanyak yang bisa mereka habiskan dalam beberapa menit. Anda harus memberi makan louhan 2 hingga 3 kali sehari. Dan Anda juga harus mengambil semua sisa makanan setelah 5 menit.

Penyakit ikan louhan

Ikan cantik ini menjadi sangat populer di kalangan pemelihara ikan di Asia. Mereka juga banyak dipelihara oleh penghobi ikan di Amerika Serikat dan juga di Eropa, tetapi dilarang di Australia. Umur louhan adalah sekitar 10 tahun hingga 12 tahun. Ikan ini membutuhkan suhu air 26 derajat hingga 29 derajat Celsius. Louhan adalah ikan besar sehingga membutuhkan akuarium berukuran minimal 200 liter untuk louhan jantan dewasa atau tergantung ukurannya.

Pertama, cara memilih ikan louhan, jika kamu hendak membeli di pasar, di peternak dll, hal pertama yang harus diketahui adalah kesehatan nya, louhan sakit berciri seperti terdapat bercak putih di badan nya, nah bercak putih ini karena jamur, jadi sebaiknya hindari memilih louhan seperti ini.

Kedua, pilihlah louhan dengan bentuk badan membentuk kotak dan jangan yang terlalu panjang, karena bentuk badan kotak merupakan salah satu kriteria ikan louhan yang bagus. Lagi pula dengan bentuk badan yang seperti ini membuat louhan enak dipandang dan terkesan gagah.

Ketiga, dalam hal warna sebaiknya lebih memilih yang kontras warna di tubuhnya sudah terlihat meskipun sedikit, dikarenakan semakin tua warna di tubuhnya akan semakin kontras. dan juga pilihlah yang kepala sudah terlihat jenong meskipun sedikit.

Berlanjut ke pemeliharaan sehari hari dalam aquarium, sirkulasi air louhan haruslah baik dan lancar, gabus filter harus diganti secara berkala antara 1bulan sekali agar kualitas filter dapat bekerja dengan baik. Sementara itu akuarium juga harus dilengkapi lampu uv, hal ini dikarenakan agar louhan terus beraktifitas 24 jam dan itu dapat menyebabkan kondisi louhan sehat, selain itu lampu uv juga berguna mempercantik akuarium yang berisi louhan.

Berikan lah 3 tetes blitz ich untuk pencegahan terhadap jamur, 3 tetes untuk akuarium berukuran 50x30x40cm. Dan juga berikan garam ikan sebanyak 2 sendok makan untuk ukuran akuarium seperti di atas telah disebutkan.

Untuk pakan, berikan secara bergantian antara cacing darah, udang sungai, juga dengan pellet. Tetapi berikan pakan secukupnya saja hal ini untuk menjaga kualitas air. Lebih baik setiap kali pemberian pakan sedikit sedikit saja tetapi sehari diberikan sebanyak 5-6x.

Agar louhan tidak mudah stress kita bisa membiasakan louhan dengan segala kegiatan manusia, oleh karena itu simpanlah aquarium louhan di tempat seperti ruang keluarga, penanganan stress pun bermacam macam dan akan sembuh dengan sendirinya.

Penyakit pada Ikan Louhan
White Spot
Penyebab white spot pada semua jenis ikan yakni jamur, akan timbul bercak putih yang terlihat di sekujur bagian tubuh ikan yang terjangkit. Jika sudah terjangkit parah, white spot sulit sekali disembuhkan.

pencegahan bisa diberi blitz ich 3 tetes/15 liter air & garam ikan dua sendok makan untuk jumlah air yang sama. cara pencegahan yang tidak kalah penting juga selalu jaga kebersihan air, oleh karena itu jika memberi makan diusahakan sedikit demi sedikit agar tidak terjadi penumpukan yang menyebabkan timbulnya jamur
Bisul Mulut
Penyebab utama yaitu jika terserang renik Crustaceae (sejenis udang), dengan gejala seperti luka memerah pada mulut louhan yang berawal dari luka infeksi akibat jamur, pakan yang tidak cocok, atau mungkin setelah perkelahian. 

Penyembuhan dengan cara mengisolasi louhan, berikan antibiotik pada mulut louhan yang terserang. Jangan lupa juga selama belum sembuh puasakan louhan, biasanya setelah 3-4 hari akan berangsur membaik.
Luka
Luka akibat perkelahian relatif lebih mudah disembuhkan, kurangi kapasitas air di akuarium, berikan obat untuk ikan yang banyak tersedia di toko ikan hias, untuk mempercepat sebaiknya berikan pakan seperti udang sungai hidup, dikarenakan kandungan protein yang tinggi.
Dropsi


Louhan yang dropsi menunjukkan gejala area sekitar perut memerah dan menjadi bengkak, ini dikarenakan pakan yang masih menyimpan bakteri alias tidak higienis. 

Penyembuhan dapat dilakukan dengan pemberian obat antibiotik & anti parasit secara bersamaan, juga tambahkan garam ikan lebih banyak dari biasanya. Dan jika ingin lebih sedikit cepat kita bisa menggunakan water heater selama terapi pengobatan. Volume air sedikit dikurangi & jangan diberi makan dahulu sampai menunjukkan gejala membaik

Referensi:
  1. Akbar, J. 2010; http://eprints.ulm.ac.id/4458/1/Buku Manajemen Kesehatan Ikan.p
  2. ............., 2018; https://core.ac.uk/download/pdf/76935939.pdf



1 komentar:


  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus