Kamis, 11 Juni 2020

Penanganan Hama dan Penyakit - Pop Eye pada Ikan Koi

Ketahui Penyakit Ikan Koi dan Cara Penanganan yang Tepat | Mag Fish
Di dalam melakukan kegiatan budi daya maupun pemeliharaan sebagai hobbi, penanganan hama dan penyakit sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya kerugian oleh pembudidaya dan kerugian bagi orang banyak akibat mutu rendah dan penyakit yang menyerang. Untuk itu perlu dilakukan pemberantasan hama dan penyakit dengan baik

Penyakit ikan dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang dapat menimbulkan gangguan suatu fungsi atau struktur dari alat tubuh atau sebagian alat tubuh, baik secara langsung maupun tidak lansung. 

Pada prinsipnya penyakit yang menyerang ikan tidak dating begitu saja, melainkan  melalui proses hubungan antara tiga faktor, yaitu kondisi lingkungan (kondisi di dalam air), kondisi inang (ikan), dan adanya jasad pathogen (jasad penyakit). 

Dengan demikian timbulnya serangan penyakit itu merupakan hasil dari interaksi yang tidak serasi antara lingkungan, ikan, dan jasad/ organisme penyakit. Interaksi yang tidak serasi ini menyebabkan stress pada ikan, sehingga mekanisme pertahanan diri yang dimilikinya menjdi lemah dan akhirnya mudah diserang penyakit.

Manusia memegang peranan penting dalam upaya mencegah terjadinya serangan penyakit pada ikan budidaya, baik di kolam, keramba, tambak, maupun di wadah budidaya lainnya, yaitu dengan cara memelihara keserasian interaksi antara tiga komponen di atas. Ini berarti kerugian yang diderita karena serangan penyakit sebenarnya dapat dihindari apabila petani mempunyai pengetahuan yang memadai mengenai cara menjaga keserasian antara ketiga komponen penyebab penyakit itu.Jenis Penyakit mata bengkak atau yang biasa disebut pop eye merupakan penyakit yang disebabkan oleh banyak faktor diantaranya adalah disebabkan oleh adanya infeksi micro bacterial atau tuberculosis yang mana infeksi tersebut dapat menyebabkan peradangan (granuloma) di dalam rongga mata ikan koi,bakteri ini timbul karena adanya sebuah kondisi tentang parameter air yang kurang baik atau juga bisa karena kolam padat (Overstock).



Ciri-Ciri Penyakit Mata Bengkak Pada Ikan Koi Dan Cara Mengobatinya

Ikan hias koi dapat tumbuh dan juga berkembang dengan baik tergantung dari lingkungannya. Jika anda ingin memiliki ikan koi dengan warna serta coraknya yang indah dan juga mencolok, maka dengan ini anda diwajibkan untuk rutin merawat dan juga menjaga kebersihan akan lingkungan tempat hidup ikan koi itu sendiri.

Mikroorganisme penginfeksi inilah yang nantinya akan merusak mata pada ikan koi,yang mana dapat terjadi karena adanya kualitas air di dalam kolam yang sangat buruk. Ciri-Ciri Penyakit Mata Bengkak Pada Ikan Koi Dan Cara Mengobatinya

Biasanya penyakit mata bengkak ini menjadi sebuah pertanda akan rendahnya kualitas air yang mana dapat ditandai dengan keasaman yang tinggi akibat timbunan kotoran ikan yang berlebih. Frekuensi penggantian air yang terlalu lama merupakan sebuah penyebab utama akan munculnya penyakit mata bengkak ini. Selain itu,juga media filter yang telah “terlalu” kotor juga menjadi salah satu penyebabnya.

Penyakit Pop eye ini bisa juga disebabkan beberapa faktor lain seperti gagal ginjal yang biasanya diikuti oleh penyakit dropsy. Dalam beberapa kasus Pop eye ini banyak disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah dari mata ikan koi itu sendiri yang biasanya dapat menyebabkan cacat permanen,dimana gejala awal nya adalah mata ikan koi yang makin membesar dan tentunya tidak bisa kembali lagi seperti sedia kala.

Gejala Klinis 
Ikan koi yang sudah terkena Pop eye ini dapat dengan mudah ditandai dengan pembengkakan satu atau bisa juga kedua mata ikan koi yang memiliki kecenderungan membesar secara tiba-tiba. Dalam beberapa kasus banyak ditemukan penyakit mata ini disertai dengan timbulnya bercak darah yang berada tepat di bola mata yang menandai pecahnya pembuluh darah di area sekitar mata.



Pada mulanya Mata ikan ini akan mulai membengkak, dengan tahapan di awal bisa mulai dari 1 mata, kemudian bisa merembet ke mata yg satunya juga, perilaku ikan koi yang kurang aktif dalam bergerak,nafsu makan akan sangat berkurang,atau bahkan terjadi kejadian tidak mau makan sama sekali, pada bagian sirip bisa menguncup ke dalam dan terlihat begitu pucat pasi, warna akan memudar,dan bagian mulut akan terlihat sangat pucat.

Pencegahan Mata Bengkak / Pop Eye
Penyakit pop eye ini bisa anda cegah dengan cara sederhana yakni menjaga agar kebersihan di dalam kolam ikan koi ini tetap stabil dan juga untuk sedikit mengurangi pemakaian terhadap cairan probiotik secara berlebihan.

Pengobatan
Pengobatan Pop eye yang terjadi pada ikan koi ini harus dilakukan sesuai dengan penyebabnya,namun pada umumnya penyakit Pop eye ini dapat diminimalisir dengan cara melakukan sebuah treatment khusus dengan cara menggunakan obat antibiotik dengan dosis yang ringan.

Pengobatan popeye ini harus segera anda lakukan,yang mana haruslah sesuai dengan penyebabnya, namun pada umumnya pengobatan secara optimal dapat anda lakukan dengan cara menggunakan antibiotik ringan seperti Elbayou yang mana jenis obat tersebut merupakan antibiotik untuk ikan hias yang terbukti secara ampuh dapat mengobati penyakit mata bengkak pada ikan koi atau juga bisa penyakit akibat infeksi dari bakteri lain.

Untuk cara penggunaannya sangat mudah, anda hanya perlu melarutkan elbayou sebanyak 7 sampai 10 gram saja pada 100 liter air. lalu setelah itu kemudian anda dapat memasukkan ikan koi dan karantinakan ikan koi yang terinfeksi itu ke dalam larutan elbayou selama beberapa hari dan anda dapat lihat perkembangannya akan sampai sejauh mana.

Pengobatan Mata Bengkak Pada Ikan Koi Tahap 2
Seperti penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme lainnya, penyakit mata bengkak ini dapat disembuhkan dengan cara memberikan antibiotik pada akuarium. Antibiotik seperti tetrasiklin ini dapat didapatkan dengan mudah ada di apotik dan juga berada di toko obat lain. Namun yang lebih umum dan sangat mudah untuk digunakan adalah methylene blue yang mana jenis obat ini dapat tersedia di hampir di semua toko akuarium atau toko peralatan ikan hias.

Obat methylene blue ini sangat populer dengan sebutan “obat biru” dan dijual secara legal dengan harga yang cukup murah. Hampir semua penghobi ikan hias pasti pernah menggunakan jenis obat ini,karena merupakan obat standar yang dapat mengobati berbagai macam jenis penyakit pada ikan hias seperti penyakit white spot, jamur, dan penyakit yang disebabkan oleh infeksi lain.

Sebelum memberikan obat ini pada akuarium, akan lebih baik lagi apabila air yang ada di dalam akuarium ini sebelumnya harus diganti setengah bagian terlebih dahulu.

Lalu setelah itu,nantinya kualitas air di dalam kolam akan menjadi lebih baik lagi, anda bisa saja memberikan obat biru tersebut dengan dosis yang secukupnya saja. Biasanya akan ada petunjuk di bagian label yang mana semua tercakup tentang aturan dan juga waktu penggunaan obat tersebut, jadi anda tidak akan bingung menggunakannya.

Yang penting untuk anda perhatikan adalah jangan sekali-sekali untuk memberikan obat ini dengan dosis yang melebihi aturan.

Karena jenis obat ini merupakan jenis obat yang masuk ke dalam konsentrasi yang cukup tinggi,dan dapat membuat ikan koi yang anda pelihara akan mati karena keracunan obat tersebut.

Apalagi,bila ikan koi tersebut selama hidupnya tidak pernah merasakan obat biru sebelumnya, maka resiko keracunan menjadi lebih tinggi lagi dibandingkan ikan koi yang pernah melalui pengobatan semacam itu.

Pengobatan Mata Bengkak Pada Ikan Koi Tahap 3
anda bisa juga melakukan beberapa macam teknik seperti ini dengan cara:
– Isolasi/karantina terlebih dahulu ikan koi yang sakit terkena mata bengkak
– Ganti Air di kolam secara full, lalu kemudian tempatnya dicuci hingga benar-benar bersih
– Berikan antibiotik (Ampicillin, Super Tetra, dsb yang mana,obat semacam ini sangat mudah tersedia di berbagai apotik-apotik terdekat di sekitar anda, dengan takaran dosis cukup 1 tetes per aquarium
– Atau anda juga bisa menggunakan obat Anti Internal Bacteria dengan merk yang terkenal adalah merk Intrepet atau juga merk jenis lain
– Taburkan Garam secara merata di dalam Aquarium
– Lalu setelah itu gantilah air full selama kurang lebih 3 hari kemudian, lalu jika masih belum ada tanda2 ikan koi ini membaik, maka anda dapat mengulangi lagi pengobatan seperti di atas dengan seksama.

Referensi:
  1. Sardjito,dkk, 2013; https://adoc.tips/buku-pengantar-parasit-dan-penyakit-ikan.html
  2. ................., 2017; http://repositori.kemdikbud.go.id/Mengendalikan Hama dan Penyakit Ikan di Kolam.pdf

1 komentar:


  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus