Kamis, 30 Juli 2020

Pakan Alami Ikan Nila - Lumut Sutera


Hasil gambar untuk pakan alami ikan nila lumut
Ikan air tawar yang banyak digemari oleh masyarakat kita salahsatunya adalah ikan nila. Ikan nila merupakan ikan konsumsi yang hidup di perairan tawar. Ikan nila dikenal sejak tahun 1969 yang diintroduksi dari Negara Afrika yaitu bagian timur antara lain di Kenya, danau Tangayika, dan sungai Nil kemudian dibawa ke Amerika, Eropa, Tumur Tengah dan Asia. Untuk Indonesia sendiri, oleh BPPAT pada tahun 1969-an bibit ikan nila telah didatangkan dari Negara Taiwan. Saat ini ikan nila dikenal dipelihara di kolam-kolam dan diperjual belikan sebagai ikan konsumsi.
Ikan nila adalah hewan omnivora yang memakan baik tumbuhan maupun hewan. Di alam aslinya ikan ini makhluk makhluk kecil di dalam air seperti memakan plankton, fitoplankton, hydrila dan tumbuhan yang hidup didalam kolam seperti azolla. Ikan nila juga bisa memakan sisa dapur dan buah buahan,

Ada dua jenis pakan yang biasa diberikan pada ikan nila yaitu pakan alami dan pakan ikan buatan. Benih ikan nila sangat menyukai pakan alami, berupa zooplankton seperti rotifer, moina dan daphnia dan phitoplankton tumbuhan berupa alga dan lumut, upaya menumbuhkan pakan alami dilakukan dengan menambahkan pupuk organik pada saat persiapan kolam pemeliharaan. Jumlah pupuk yang diperlukan sangat tergantung pada tingkat kesuburan lahan, tetapi pada umumnya dosis pupuk organik adalah 250-500 Gram/m.

Banyaknya pakan pada induk yang diberikan sebesar 3% – 5% dari berat biomassa per-hari rata-rata ikan di hitung dengan cara menimbang 10 ekor induk yang diambil secara acak , kemudian berat tersebut dibagi 10. Berat rata-rata diperoleh dikalikan dengan estimasi jumlah seluruh ikan didalam kolam.

Dedak halus dan bekatul baik untuk pakan ikan kedua bahan tersebut berfungsi sebagai pakan ikan, pakan mikroorganisme dan zooplankton sehingga secara tidak langsung menambah kesuburan kolam.

Syarat optimum agar ikan nila dapat tumbuh kembang secara baik adalah :
  1. Dissolved Oxygen (DO) => 2,0 – 2,5 mg/l
  2. pH => 6-9
  3. Habitat => Perairan tawar
  4. Toleransi salinitas 20 – 25 ppt.
Pentingnya Faktor Pakan
Faktor pakan sangat penting karena menyangkut perbesaran ukuran daging ikan dan kelangsungan hidup ikan. Sebagaimana kita ketahui biaya pakan dalam pembesaran ikan nila cukup tinggi yaitu kisaran 60 % dari total biaya produksi.

Dalam memberikan pakan kepada ikan nila, yang perlu diperhatikan adalah kandungan nutrisi yang terdapat pada jenis pakan yang akan kita berikan. Kandungan nutrisi pakan yang baik adalah Protein, Karbohidrat, dan juga Lemak. Untuk pertumbuhan optimal ketiga kandungan nutrisi tersebut harus ada pada jenis pakan yang akan kita berikan. Jika tidak maka ikan nila hanya mendapatkan sumber nutrisi minim untuk tingkat kebutuhan dasar saja dan pertumbuhannya akan terhambat.

Ada banyak jenis pakan yang mempunyai kandungan nutrisi yang tepat bagi ikan nila yang kita pelihara. Dari mulai pakan ikan yang alami dan pakan ikan buatan.

Dari beberapa jenis pakan ikan alami yang dapat diberikan kepada ikan nila, seperti :
  1. Daun Talas
  2. Daun Singkong
  3. Kangkung
  4. Dedak
  5. Sisa Nasi
  6. Lumut
  7. Azolla
  8. Ampas Kelapa
  9. Artemia
  10. Kutu Air
  11. Eceng Gondok
salahsatu yang akan kita bahas adalah pakan ikan nila adalah Lumut, sebagai berikut :





Lumut merupakan salah satu jenis pakan ikan nila supaya cepat besar karena mengandung banyak protein. Selain dijadikan makanan alami, lumat juga banyak digunakan oleh para pemancing untuk mendapatkan ikan nila. Lumut biasanya sudah banyak tumbuh di kolam. Tetapi jika sudah habis, anda bisa mencari lumut di sungai dan sawah untuk tambahan makanan ikan nila.

Lumut sutera (Chaetomorpha sp.) juga bisa digunakan sebagai pakan alternatif tambahan untuk pakan nila. Lumut dapat tumbuh subur secara liar di sejumlah genangan air sehingga tidak membutuhkan tempat khusus untuk membudidayakan atau mengembangbiakkan pakan alami tersebut. Terutama saat musim penghujan lumut berkembang lebih cepat. Melalui pemanfaatan lumut sutera sebagai pakan alami alternatif, pemberian pakan dilakukan saat sore hari.

Biasanya Penggunaan Lumut Untuk pakan Ikan bagi pembudidaya ikan di lakukan untuk jenis ikan mujair dan nila yang masih kecil, Dan Cara Mendapatkan Lumut tidak lah susah hanya cukup menjadikan sebuah kolam bisa berlumut dengan meningkatkan kandungan kesuburan dalam media air, Bisa dengan cara menambahkan pupuk kedalam air. Dengan Sendiri maka lumut akan tumbuh di kolam kolam pemeliharaan mujair maupun nila.

Lumut sutera / lumut sutra menjadi musuh bagi usaha budidaya yang dilakukan secara intensif. Namun berbeda dengan budidaya trandisional dan tradisional plus (tebaran 1-40 ekor/m2. Dimana lumut sutera justru memberikan manfaat sebagai pakan tambahan. Dari beberapa kali percobaan yang kami lakukan maupun tambak sekitarnya, semua memberikan informasi bahwa petakan yang ditumbuhi lumut sutera ternyata SR dan sizenya lebih tinggi. (Bobot Selisih 1 minggu lebih dengan jumlah FCR rendah bisa sampai 1,1).

Namun ada teknik tersendiri untuk memaksimalkan lumut sutera agar menjadi pakan . Bila penanganannya tidak baik malah justru berbahaya, karena disamping mengurangi ruang gerak, perairan yg ditumbuhi lumut sutera akan menghisap semua pitoplankton yang ada sehingga air akan nampak bening.

Bagaimana proses membuat lumut sutera dan menjadikan sebagai makanan tambahan ?

Pertama: setelah pengeringan, hamburkan pupuk urea dan TSP/SP36 dengan perbandingan 2:1 (1ha =4:2).

Kedua: kapur bakar atau kaptan sesuai dosis atau kondisi tanah.

Ketiga : Setelah 1 minggu atau minimal 3 hari setelah pengapuran, masukkan air secara perlahan lahan sampai kedalaman 50 cm. Usahakan masukkan air jam 8-12 siang, agar banyak bibit plankton yg masuk.

Keempat: ini teknik baru yang telah dipraktekkan dan hasilnya cukup bagus. Kocorkan/ tumpahkan sedikit demi sedikit kaptan (kapur pertanian) ke dalam air yang masuk melalui pintu sebanyak 8 zak/ha. Maka terlihat semua air tambak menjadi warna putih susu.

Plakton atau sejenisnya yang tidak peka dengan kapur akan mati sendirinya, sedangkan plakton yang baik akan hidup dan berkembang. Sore harinya akan kelihatan perubahan warna air menjadi hijau kekuning-kuningan. (Bibit plankton sudah mulai tumbuh)

Kelima: Esok harinya, taburkan lagi pupuk urea/za dan tsp/sp36 perbandingan 2:1 (sebanyak 1 : 0,5 zak/ha)

Keenam: biarkan sampai 3-4 hari. Setelah beberapa hari makan bibit lumut sutera mulai tumbuh, semakin banyak cahaya matahari yg tembus ke dasar kolam semakin cepat tumbuh lumutnya. Plakton yang awalnya sudah terbentuk akan pelan pelan berkurang dimakan oleh lumut sutera tadi.
Apabila bibit sudah siap ditabur (sekitar 1 minggu lagi) maka tambahkan lagi air sampai batas yang diinginkan, lalu beri kapur dolomit setiap hari untuk membantu menambah plankton. Air yang semakin lama semakin gelap sehingga cahaya akan semakin sulit mencapai dasar. Pada saat itulah mulailah lumut sutera akan mati secara pelan-pelan. Dan ini akan menjadi makanan tambahan ikan.

Catatan; kemungkinan akan bloming lumut sutera bila cahaya tembus ke dasar, karena itu kuncinya adalah tambahkan volume air sebanyak banyaknya dan beri kaptan atau dolomit untuk pemupukannya. (Bila cahaya tdk tembus lagi maka akan mati dengan sendirinya) . Akan menjadi makanan ikan pada saat lumut sutera ini bila mulai membusuk ujung-ujungnya Sampa habis.

Referensi

Yahya, Z., 2018, https://zuniyahya.com/pakan-ikan-nila/, 29/07/2020, 17.21

Padma, B., 2017, https://ikannilahitam.wordpress.com/2017/05/07/pakan-buatan-ikan-nila/, 29/07/2020, 17.22

-------------, 2017, https://bertani1.blogspot.com/2015/10/cara-membuat-pakan-ikan-nila-dari-dedak.html 29/07/2020; 20.42

-------------, 2018, http://aquaculture-mai.org/archives/, 29072020; 20.58

-------------, 2014, https://benihnila.wordpress.com/pakan-alternatif-untuk-ikan-nila/, 29072020. 20.59

-------------, 2020,https://dkp.gunungkidulkab.go.id/berita-620/seri-pakan-ikan-alami-untuk-ikan-nila--lumut-sutera.html

1 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus