Minggu, 22 November 2020

Ikan Koi - Hal-hal yang Penting dilakukan dalam Pemeliharaan


Ikan koi salah satu hewan peliharaan yang sangat diminati masyarakat.Berikut ini adalah beberapa hal yang penting diperhatikan dalam merawat ikan Koi yang benar :

1. Jaga Kualitas Air
Jagalah selalu kualitas air kolam agar ikan koi yang Anda pelihara sehat. Perhatikan juga suhu dan tingkat kekeruhan air. Jangan sampai air ikan koi menjadi keruh karena ikan koi menjadi tidak nyaman. Walau sudah menggunakan sistem filter pada kolam ikan koi, terkadang air kolam bisa menjadi keruh karena kotoran yang dikeluarkan oleh ikan-ikan yang ada di kolam.
Kemudian yang tak kalah penting adalah media kolam yang akan anda gunakan. Ada berbagai jenis kolam ikan yang bisa anda gunakan, seperti kolam tanah, kolam terpal, dan kolam beton. Selain itu, akuarium juga bisa digunakan untuk membudidaya ikan koi, hanya saja akan terbatas jumlahnya.

Agar lebih maksimal, sebaiknya anda menggunakan kolam plesteran dengan sinar matahari yang cukup serta memiliki saluran air yang terjaga. Idealnya, kolam untuk budidaya ikan koi memiliki ukuran setidaknya 3 x 6 meter dengan kedalaman 60 cm dan ketinggian air 40 cm.

2. Mengganti Air Seminggu Sekali
Sebaiknya Anda mengganti sekitar 10% air kolam dalam waktu seminggu sekali. Jangan pernah ganti keseluruhan air karena ikan membutuhkan waktu untuk adaptasi. Adaptasi dengan pergantian air dapat membuat ikan stress sehingga lebih baik jangan menguras air kolam seutuhnya. Kondisi air juga bisa memengaruhi warna koi hingga 20%. Ingatlah bahwa warna ikan memengaruhi kualitas dan harga pasaran ikan tersebut.

Menjaga kondisi air kolam ini penting untuk menjaga agar ikan koi yang dibudidayakan tumbuh dengan sehat dan tingkat kematiannya menjadi rendah. Maka dari itu penting untuk memperhatikan saluran air untuk tetap mengalir.

Begitupun dengan sirkulasi penyaring air harus tetap diperhatikan agar air kolam tetap bersih dan tidak kotor. Bersihkan juga air kolam beserta dinding kolam secara rutin. Jangan lupakan juga untuk mengatur suhu air kolam.

3. Pembatasan Jumlah Ikan Dalam Kolam
Ikan koi membutuhkan ruang gerak yang cukup lega agar tumbuh besar dengan secepatnya. Jumlah ikan yang tidak sesuai dengan kapasitas kolam (ikan terlalu banyak) dapat menghambat pertumbuhan ikan koi. Anda harus memperhatikan jumlah ikan yang Anda miliki dengan besaran kolam yang ada.

Seperti beberapa jenis ikan hias air tawar lainnya, ikan koi juga membutuhkan kualitas air yang baik. Anda harus mempersiapkan air jernih yang bebas dari kontaminasi apapun termasuk zat-zat kimia. Bagi Anda yang baru selesai membuat kolam dengan menggunakan semen, Anda tidak boleh langsung memasukkan koi ke dalam kolam tersebut.

4. Perhatikan Kadar Keasaman Kolam Air
Kolam semen baru masih meninggalkan bau semen yang tidak bisa diterima oleh ikan koi, ikan mungkin akan mabuk. Untuk menghilangkan bau semen dengan cepat biasanya para peternak koi menggunakan pelepah pisang. Anda juga harus menjaga kadar keasaman air kolam pada level 6,5 hingga 8,5 agar ikan koi selalu sehat.

Jadi, budidaya ikan koi bisa dilakukan oleh siapa saja. Hanya setiap pekerjaan memang membutuhkan keterampilan dan ketekunan agar sukses. Bagaimanapun, budidaya ikan koi bisa menjadi bisnis yang bagus di masa depan mengingat prospek dan harga jualnya yang lumayan. Jadi, Anda mungkin bisa segera menjalankan cara-cara budidaya ikan koi di atas.

Selain menjaga kebersihan air kolam dan suhu, penting juga untuk menjaga tingkat keasaman air kolam. Keasaman air kolam untuk ikan koi biasanya pada level 6,5 hingga 8,5.***

5. Perhatikan pemilihan Indukan yang Berkualitas
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih indukan ikan koi yang berkualitas. Perlu diketahui bahwa indukan ikan koi yang baik akan menghasilkan keturunan yang baik pula. Selain memilih ikan koi yang memiliki motif dan corak warna yang bagus juga pilihlah indukan yang sehat. Hal ini akan mempengaruhi keturunan ikan yang sehat. Sehingga berpengaruh pada tingkat mortalitas bibit ikan yang ditebar.

Bagi anda yang baru memulai budidaya ikan koi sebaiknya anda banyak sharing dengan para pecinta ikan koi untuk dapat memilih indukan yang berkualitas. Begitupun dengan bagaimana cara meraawat dan pemeliharaan kolam indukan.

Selain itu, bila Anda berminat memilikinya, ada pula beberapa aturan yang perlu Anda perhatikan agar ikan koi kesayangan Anda tetap sehat. Tujuh hal yang harus diperhatikan saat memelihara ikan koi:

1. Ukuran Kolam
Volume air sangat berpengaruh terhadap kesehatan ikan koi. Jika ukuran ikan tidak terlalu besar, buatlah kolam ikan yang tidak terlalu dalam. Begitu pula sebaliknya. Perhatikan jumlah populasinya, seimbangkan dengan luas kolam.

2. Pasang Aerator
Selain berfungsi mengalirkan oksigen ke dalam kolam, aerator berguna untuk menciptakan arus. Gelembung arus yang ditimbulkan aerator membuat koi sering bergerak, sehingga ototnya makin bagus.

3 Haluskan Dinding
Sifat koi yang gemar menggesekkan tubuhnya ke dinding kolam perlu diwaspadai. Agar ikan tak terluka, pilihlah jenis material yang halus untuk dinding kolam, seperti keramik.


4. Penyinaran
Dalam sehari, koi membutuhkan sinar matahari minimal tiga jam agar warna tubuh koi tetap mengkilap dan tak pudar. Bila kolam ikan berada di dalam ruangan, penyinaran bisa diganti dengan lampu pijar.

5. Makanan Berkualitas
Makanan berkualitas diperlukan agar ikan selalu sehat dan lincah. Kandungan spirulina dalam makanan akan membentuk dan memperkuat pigmen, sehingga warna ikan selalu cerah.

6. Kebersihan Kolam
Buatlah filter air agar tetap bening dan sehat. Kuras kolam koi setiap tiga bulan sekali, jika sistem filter berjalan normal. Saat menguras kolam, sisakan 25 persen air agar kandungan oksigen tetap tersedia.

7. Akuarium Cadangan
Jika ada ikan yang sakit, masukkan ikan itu ke dalam akuarium cadangan untuk dikarantina agar penyakitnya tidak menular. Jaga suhu udara agar tetap berada pada suhu 28 derajat Celcius. Berikan obat ikan sesuai dengan sakit yang diderita.


Referensi:

  1. Amri, dan Khairuman.2002. Menanggulangi Penyakit pada Ikan Mas dan Koi.Agromedia Pustaka. Jakarta. 98 hal.
  2. Effendi, H. 1993. Mengenal Beberapa Jenis Koi. Kanisius.Yogyakarta. 88 hal.
  3. Partosuwiryo,S., dan M. Irfan. 2011. Meraih Hoki dengan Koi & Koki. Citra Aji Parama.Yogyakarta. 117 hal.


1 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus