Selasa, 30 Agustus 2016

Pembuatan MOL Probiotik pada Budidaya Ikan

Hasil gambar untuk Pembuatan MOL Probiotik pada Budidaya Ikan

Probiotik sesuai dengan artinya, Pro = mendukung, biotik = kehidupan, jadi probiotik itu untuk mendukung kehidupan organisme yang kita pelihara atau kita budidayakan. Probiotik itu sebenarnyaadalah sekumpulan mikroba yang bersifat positif yang diharapkan apabila dimasukkan ke dalam suatu tambak/kolam akan meredam bakteri yang bersifat phatogen (bakteri penyebab penyakit) , sehingga bakteri pathogen tadi tidak menimbulkan penyakit pada ikan yang di budidayakan.
Beberapa jenis bakteri positif yang di kenal, antara lain Lactobacillus, Nitrobacter,dsb kehadirannya sangat diharapkan di kolam budidaya, karena sifatnya mempercepat proses dekomposisi atau menguraikan bahan-bahan organik seperti sisa pakan dan kotoran ikan, sehingga tidak sempat menimbulkan racun amoniak di kolam.Pprobiotik pada akuakultur besar manfaatnya. Kehadirannya bisa berperan antara lain sebagai imun untuk daya tahan, menghambat patogen, dan peningkatan nilai nutrisi melalui penyerapan maksimal.

MOL adalah singkatan dari Mikro Organisme Lokal yang sering dimanfaatkan untuk budidaya Pertanian/ Perikanan organik atau semi organik . Mol Probiotik memiliki banyak kegunaan, seperti :
Dimanfaatkan sebagai Pupuk Organik Cair (POC) untuk tanaman maupun kolam.
Dimanfaatkan sebagai decomposer atau biang kompos untuk pembuatan kompos
Dimanfaatkan untuk pestisida nabati untuk mengusir hama

MOL adalah cairan yang mengandung mikroorganisme hasil produksi sendiri dari bahan-bahanalami disekeliling kita (lokal), dimana bahan-bahan tersebut merupakan tempat yang disukai sebagai media untuk hidup dan berkembangnya mikroorganisme yang berguna dalam mempercepat penghancuran bahan-bahan organik (decomposer) atau sebagai tambahan nutrisi bagitanaman.

Larutan MOL mengandung unsur hara mikro dan makro dan juga mengandung bakteri yang berpotensi sebagai perombak bahan organik, perangsang pertumbuhan dan sebagai agen pengendali hama dan penyakit tanaman, sehingga MOL dapat digunakan baik sebagai pendecomposer, pupuk hayati dan sebagai pestisida organik terutama sebagai fungisida. Keunggulanpenggunaan MOL yang paling utama adalah murah bahkan tanpa biaya.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat MOL harus mengandung Karbohidrat, glukosa dan bakteri, ketiga komponen itu menjadi sangat penting untuk diperhatikan agar MOL yangdihasilkan berkualitas dan sesuai dengan harapan.

Karbohidrat bisa diperoleh dari air cucian beras (leri), nasi bekas (basi), limbah singkong, Kentang atau gandum, atau apa saja kiranya yang mengandung karbohidrat tinggi. Dalam Pelaksanaannya yang sering digunakan adalah leri karena setiap rumah pasti menghasilkan Ini dan tidak perlu dibeli.

Sumber : http://siluhkan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar