Rabu, 10 Juli 2019

Budidaya Ikan Mas Koki di Kolam Terpal



Ikan mas koki merupakan salah satu ikan hias air tawar yang sangat banyak peminatnya. Ikan mas koki banyak dijadikan hiasan rumah, karena ikan mas koki memiliki warna yang cantik dan bentuk tubuh yang unik. Jika melihat ikan mas koki mata anda akan terpana akan kecantikannya.
Ikan Mas koki adalah ikan hias air tawar yang sangat di minati masyarakat. Ikan mas koki adalah ikan hias yang paling laris di pasaran, di toko toko ikan hias. Oleh karena itu hal ini bisa anda manfaatkan sebagai peluang bisnis untuk menambah penghasilan anda. Selain untuk menambah penghasilan membudidayakan ikan mas koki juga meluangkan hobi anda dan penghilang setress.

Ikan mas koki memiliki warna yang indah dan bentuk tubuh yang unuk sehingga banyak yang menggemarinya. Selain itu keunggulan ikan hias ini adalah memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat terhadap kondisi lingkungan di bandingkan jenis ikan air tawar lainya. Sebelum anda mulai membudidayakan ikan mas koki anda harus memahami apa apa saja hal yang di butuhkan untuk membudidayakannya. 

1. Menentukan Lokasi Untuk Budidaya Ikan Mas Koki

Sebelum memulai, hal yang pertama kali dilakukan yaitu menentukan lokasi yang pas dan strategis untuk membudidayakan ikan mas koki. Hal yang harus anda perhatikan dalam memiliki lokasinya sebagai berikut :
  • Usahakan lokasi yang nantinya akan di buat menjadi kolam tidak terkena banjir,
  • Bebas dari Pencemaran lingkungan
  • Lokasi juga harus aman atau terhindar dari predator atau pemangsa seperti : Ular, Kucing, Burung pemakan ikan dan lainya.
  • Lokasi untuk kolam sebaiknya yang mudah terjangkau
  • Dan trakhir hindari pembuatan kolam yang banyak di tumbuhi pepohonan. Karena jika banyak pepohonan di sekeliling kolam maka cahaya matahari akan susah menembus kolam dan akan mengakibatkan ikan mudah terserang penyakit.
Syarat Lingkungan Hidup Ikan Mas Koki

Cara Beternak Ikan Mas Koki yang baik pertama- tama harus memperhatikan lingkungan ikan, lingkungan hidup ikan mas koki bermacam macam dan tergantung dari media mana yang dipilih, bisa akuarium, bak semen, kolam, bak fiber. Hal paling utama yang harus diperhatikan adalah kebersihan dan kondisi lingkungan ternak ikan yang terjaga. Dengan air yang baik maka kelangsungan hidup ikan mas koi lebih terjamin. Air yang digunakan untuk ternak ikan tidak boleh mengandung zat berbahaya ataupun bahan kimia yang bisa mengganggu kelangsungan hidup ikan. Sisa pakan terkadang juga menjadi zat berbahaya buat ikan, hal ini disebabkan karena adanya amoniak. Bila sisa-sisa tersebut dibiarkan saja, tentu akan menumpuk dan berakibat fatal pada ikan. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya ditambahkan filtrasi untuk menyaring air, atau bisa dicegah dengan cara mengganti air kolam secara berkala.

2. Pembuatan Kolam

Selanjutnya yaitu pembuatan kolam. Pembuatan kolam juga harus memperhatikan hal hal yang sebagai berikut.
  • Letak pintu masuk dan keluar air
  • Letak kubangan yang di gunakan untuk memudahkan proses pemijahan dan pemanenan nantinya.
  • Dinding kolam harus lah kuat untuk menahan tekanan air
  • Dan trakhir yaitu sudut kemiringan lantai kolam.
Persiapan Pembuatan Kolam Terpal

Persiapan untuk budi daya ikan mas koki dengan kolam terpal meliputi persiapan lahan kolam , persiapan material terpal ,dan persiapan perangkat pendukung. Lahan yang perlu disediakan disesuaikan dengan keadaan dan jumlah ikan mas koki yang akan dipelihara. Untuk bisa digunakan lahan dengan ukuran 2 x 1x 0.6 meter, yang bisa diisi dengan 100 ekor ikan mas koki ukuran 5-7 cm. Model pembuatan kolam bisa dengan menggali tanah kemudian diberi terpal atau dengan membuat rangka dari kayu yang kemudian diberi terpal.

3. Pemilihan indukan dan pembenihan

Selanjutnya yaitu pemilihan indukan yang nantinya akan di budidayakan. Dan sebelum anda memasukan indukan mas koki ke dalam kolam ada beberapa hal yang harus anda lakukan terlebih dahulu yaitu mempersiapkan kolam pembenihan.
  • Persiapkan kolam yang berukuran 2 x 2 meter, bersikan kolam, kemudian isi dengan air setinggi 30 cm
  • Untuk air kolam sebaiknya anda menggunakan air dari sumur bor, Ataupun anda dapat menggunkan ari PDAM yang kaporitnya sudah di netralkan dengan cara pengendapatn selama 3 hari. Untuk menetralkan air yaitu bisa anda lakukan dengan cara membiarkan air selama 3 hari terkena sinar matahari langsung.
  • Menyediakan kakaban yang nantinya sebagiai media penempel telur
Ada beberapa media untuk penempel telur yang anda bisa gunakakan yaitu:
  • ganggang
  • enceng gondok
  • ijuk yang di gepit bambu.
Setelah media sudah di seiapkan semuannya selanjutnya yaitu pemilihan indukan mas koki. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda juga harus memilih indukan yang berkualitas pula, ciri ciri dari indukan ikan mas koki ang berkualitas yaitu sebagai berikut.
Indukan Jantan
  • Pada bagian sirip dada timbul bintik bintik yang menunjol dan kasar bila di sentuh
  • keluar cairan putih pada lubang genital apabila perut ikan di urut secara perlahan
  • minimal usia ikan 7 bulan
  • lincah dan aktif saat berenang
  • sehat dan tidak memiliki cacat
Indukan Betina
  • Bagian sirip dada terasa hakus jika di sentuh
  • jika perut diurut akan terrasa lembek dan mengeluarkan cairan kuning bening, lubang genital berwarna kemerah merahan
  • minimal sia 8 bulan
  • agresif dan berwarna carah
  • sehat dan tidak cacat
4. Pemberian Pakan

Setelah semua di lakukan jangan lupa untuk memberi makanan pada ikan anda. Berikanlah pakan yang baik dan berkualitas untuk menunjang reproduksi indukan, makanan yang di berikan yaitu ;
  • jentak jentik
  • kroto
  • pelet ikan
Untuk memberikan makannya yaitu 3 sampai 5 kali dalam sehari, agar indukakan ikan mas koki tidak kekurangan nutisi.
5. Pemijahan

Semua di siapkan waktunya pemijahan. Pemijahan di bagi menjadi 2 yaitu kawin masal ( kropyok ) dan berpasangan. Untuk mengetahui cici ciri ikan mas koki yang sedang mengalami pemijahan yaitu pada saat indukan jantan terus menerus mengejar betina. Ikan mas koki jantan akan menggosokan tubuhnya pada bagian perut ikan mas koki betina. kemudian penjantan akan mengeluarkan spermannya guna membuahi telur dari betina. Dan selanjutnya telur yang di keluarkan ikan mas koki betina akan menempel pada kakaban yang sudah kamu sediakan sebelumnya.

Saat pemijahan di lakukan ada beberapa hal yang harus anda hal yang harus anda perhatikan yaitu sebagai berikut:
  • kolam yang sudah di sediakan dengan ukurang 2×2 m dengan ketinggian air 30 cm
  • kolam harus netral dari lemak dan harus bersih
masukkan kakaban seluas 1/3 dari luas kolam. Dan untuk mengantisipasi dari hama ataupun yang lainnya kita bisa menutup bagian atas kolam dengan menggunakn jaring. Dan pada pukul 6 sore kalian masukan indukan betina 1 ekor dan jantan 3 ekor ke dalam kolam.
Untuk ukuran indukan haruslah sama, dan perkawinan di lakuan pada waktu subuh. Sebaiknya kalian periksalah sesekali pada waktu malam hari. Dan lihat keesokan harinya juga, di kakaban akan terdapat banyak butiran telur. setiap indukan betina biasanya dapat menghasilkan 5000 telur. Setelah itu selanjutnya indukan jantan akan di pindahkan ke dalam kolam indukan dan biarkan saja telur telur di kolam pemijahan sampai menetas. Usahakan telur telur tersebut jangan sampai terkena matahari secara langsung ataupun terkena huja. karen akan mengakibatkan telur gagal menetas.

Merawat Larva Ikan Mas Koki

Merawat Larva ikan mas koki merupakan bagian penting dalam ternak ikan. Merawat ikan dari menetas sampai dengan dewasa merupakan serangkaian proses yang memerlukan ketelatenan serta kehati-hatian. Setelah mendapatkan lingkungan yang baik untuk budidaya ikan, ada juga beberapa hal lain yang harus diperhatikan.

Pada awal ikan mas koki menetas, ikan ini masih membawa cadangan makanan yang di bawa dari induknya ( semula lewat telur ikan ). Untuk 2-3 hari pertama setelah penetasan cadangan makanan tersebut masih cukup, sehingga tidak perlu diberi pakan. Pada hari ketiga mulai dilakukan pemberian makanan, yaitu berupa kuning telur rebus atau bisa juga berasal dari kutu air. memasuki hari ke sepuluh, ikan mas koki sudah bertambah besar dan siap untuk diberi makanan selanjutnya, yaitu cacing sutera. Pada masa ini perlu diingat bahwa ikan mas koki sangat rentandengan perubahan lingkungan terutama yang disebabkan oleh air hujan. Bila anda beternak ikan mas koki di halaman rumah jangan membiarkan ikan mas koki anda kehujanan.

Untuk penetasan anakan akan memakan waktu selama 4 sampai 5 hari. Jadi selama beberapa hari kalian haruslah benar benar menjaga telur tersebut sampai menetas. Untuk pemberian pakan sebaiknya di lakukan pada saat usia anak ikan mas koki memasuki usia 4 hari.

Pada saat anakan ikan mas koki memasuki usia 4 hari sejak menetas. Berilah pakannya, pakan yang baik yaitu moina sp atau mrutu. Berikan sampai anak ikan mas koki berusia 10 hari atau lebih dan setelah sencapai usia 10 hari atau lebih barulah anda berikan pakan cacing sutra sampai anakan berusia 1 bulan atau 40 hari.
Sumber : 
http://ternakberkualitas.com
http://carabeternak-jalaksuren.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar