Rabu, 10 Juli 2019

Mengenal Jenis-Jenis Ikan Mas Koki



Jenis Jenis Ikan Koki

Ikan Mas Koki – Ikan mas koki merupakan jenis ikan hias air tawar yang banyak di pelihara masyarakat Indonesia. Ini karena ikan mas koki memiliki harga murah dan warna yang cantik. Ciri khas dari ikan mas koki adalah tonjolan di kepala dan perut buncit.

Dulu jenis ikan mas koki di Indonesia tidak sebanyak sekarang. Jenis ikan mas koki sekarang banyak karena para pembudidaya berhasil menyilangkan dan menghasilkan jenis ikan mas koki baru. Ada kurang lebih 20 jenis ikan mas koki paling populer di Indonesia. Harga ikan mas koki mulai dari Rp 20.000. – Rp 1.000.000. Semakin langka jenis ikan dan memiliki corak warna cantik, maka akan membuat harganya semakin mahal. Berikut jenis-jenis ikan mas koki paling populer.

1. Ikan Mas Koki Mutiara
Bisa dibilang jenis ikan mas koki mutiara merupakan ikan koki tercantik yang banyak dicari. Budidaya ikan mas koki mutiara juga terbilang sukse di Indonesia, ini karena ikan mas koki yang mudah menyesuaikan kondisi dengan tempat. Ikan mas koki mutiara memiliki ciri khas berupa pola sisik menyerupai sebuah mutiara. Harga ikan koki mutiara lumayan mahal, dan merupakan jenis ikan mas koki termahal.



2. Ikan Mas Oranda
Jenis ikan mas koki oranda juga memiliki banyak peminatnya di Indonesia. Ikan mas koki orando banyak di cari karena memilii harga yang tidak begitu mahal dan memiliki corak warna yang cantik. Ikan mas koki oranda jumbo bisa memiliki ukuran dua kali lipat ikan koki pada umumnya. Bentuk tubuh dan warnanya yang cantik membuat harga ikan mas koki oranda juga lumayan mahal.


Gambar Ikan Mas Koki Oranda

3. Ikan Mas Koki Rancu
Ikan mas koki rancu merupakan jenis ikan mas koki baru di Indonesia. Ikan mas koki rancu mampu berukuran hingga 30 cm dan bisa hidup sampai 10 tahun. Ikan mas koki rencu memiliki ciri khas bentuk tubuh bungkuk dan memiliki pola sisik mutiara dibagian punggungnya. Warna dari ikan mas koki rancu adalah putih, merah, dan orange.


Gambar Ikan Mas Koki Ranchu

4. Ikan Mas Koki Lionhead
Untuk seorang pemula dan baru mengenal jenis-jenis ikan mas koki tentu mengira ikan mas koki lionhead sama dengan ikan mas koki renchu. Jika kita melihat sekilas memang bentuk ikan mas koki lionhead sama dengan ikan mas koki ranchu, tapi lihatlah pada bagian kepalanya. Jenis ikan mas koki lionhead memiliki bentuk kepala yang membengkak layakanya surai pada singa.

Gambar Ikan Mas Koki Lionhead

5. Ikan Mas Koki Ryukin
Jenis ikan mas koki ini bisa dibilang sebagai ikan mas koki tercantik di Dunia. Warna ikan mas koki ryukin beraneka ragam, mulai dari merah, kuning, orange, dan putih. Sirip ikan mas koki ryukin panjang dan mampu memiliki ukuran tubuh hingga 30 cm. Harga Ikan mas ryukin kontes bisa dibandrol hingga jutaan rupiah.


Gambar Ikan Mas Koki Ryukin

6. Ikan Mas Koki Bubble Eye
Mendengar namanya saja sudah jelas mana yang menjadi ciri khas dari ikan mas koki ini. Ikan mas koki bubble eye memiliki bentuk wajah yang aneh. Mata ikan mas koki bubble eye besar dan cenderung seperi balon. Jenis ikan mas koki ini lumayan langka, untuk harga ikan mas koki bubble eye bisa dijual seharga Rp 30.000.per ekor.


Gambar Ikan Mas Koki Bubble Eye

7. Ikan Mas Koki Black More
Seperti namanya, jenis ikan mas koki ini memiliki warna hitam pekat dari kepal hingga ujung ekor. Warna mata dari ikan mas koki black more juga hitam. Cara merawat ikan mas koki jenis ini sangatlah mudah, kita tinggal memberikan makan berupa pelet. Barikan juga pompa oksigen dan air untuk menambah kadar oksigen di aquarium.


Gambar Ikan Mas Koki Black More

8. Ikan Mas Koki Calico
Mungkin sebagian orang sangat awam dengan jenis ikan mas koki satu ini. Ciri khas dari ikan mas koki calico adalah memiliki 3 warna yang berbeda. Selain itu ikan mas koki calico memiliki sirip panjang dan kepala berukuran kecil hampir sama dnegan ikan mas koki ryukin.


Gambar Ikan Mas Koki Calico

9. Ikan Mas Koki Butterfly Tail
Jenis ikan mas koki satu ini sangatlah langka dan jarang di temukan di Indonesia, jika pun ada pasti harga ikan mas koki jenis ini sanagtlah mahal. Jenis ikan mas koki ini sering menjadi ikan mas koki kontes dan memiliki harga mahal. Ciri khas dari ikan mas koki butterfly tail adalah corak sirip ekor seperti kupu-kupu.


Gambar Ikan Mas Koki Butterfly Tail

10. Ikan Mas Koki Choten Gen
Jenis ikan mas koki choten gen hampir sama seperti ikan mas koki bubble eye. Bedanya bentuk mata ikan mas koki choten gen lebih kecil dan hanya memiliki satu warna dalam tubuhnya. Ikan mas koki ini merupakan jenis ikan mas koki terkecil di dunia, dan hanya memiliki ukuran maksimal 15 cm.


Gambar Ikan Mas Koki Choten Gen

11. Ikan Mas Koki Fantail
Bisa dibilang ikan mas koki fantail adalah jenis ikan mas koki termurah dan terkecil di dunia. Ikan mas koki fantail dewasa hanya memiliki ukuran maksimal 20 cm. Jenis ikan mas koki satu ini memiliki ciri khas berupa sirip ekor yang panjang dan hanya memiliki satu jenis warna. Harga ikan mas koki satu ini dijual Rp 20.000. per ekor.


Gambar Ikan Mas Koki Fantail

12. Ikan Mas Koki Hanafusa
Ikan mas manafusa merupakan jenis ikan mas koki paling unik. Ikan mas koki ini merupakan salah satu jenis ikan koki kontes yang sering menjadi juara karena memiliki bentuk yang unik dan langka. Harga ikan mas koki jenis ini juga lumayan mahal kerena masih susah di temukan di Indonesia. 


Ikan Mas Koki Hanafusa

13. Ikan Mas Koki Telescope Eye
Ikan mas koki telescope eye hampir sama dengan ikan mas koki hitam, bedanya ikan mas koki telescope memiliki warna hitam, putih, dan emas. Harga ikan mas koki hitam ini lumayan mahal di pasaran.


Gambar Ikan Mas Koki Telescope Eye

14. Ikan Mas Koki Moor
Ikan mas koki moor juga lebih dikenal dengan ikan mas koki panda. Ikan mas koki moor memiliki ciri khas warna menyerupai panda, yaitu hitam dan putih. Jenis ikan koki ini juga sering ada sebagai ikan koki kontes.


Gambar Ikan Mas Koki Panda

15. Ikan Mas Koki Shubunkin
Bisa dibilang jenis ikan mas koki ini memiliki warna paling banyak. Selain itu ikan mas koki shubunkin juga tidak memiliki berut buncit layaknya ikan koki pada umunya.


Gambar Ikan Mas Koki Shubunkin

16. Ikan Mas Koki Tosakin
Ikan mas koki tosakin merupakan salah satu jenis ikan koki tecantik dan termahal di dunia. Seperti pada gambar, jenis ikan mas koki satu ini memiliki pola ekor yang cantik, dan sangat cocok untuk dijadikan ikan mas koki kontes.


Gambar Ikan Mas Koki Tosakin

17. Ikan Mas Koki Sakura
Seperti namanya kan mas koki sakura memiliki warna menyerupai bunga sakura. Ikan mas koki ini juga termasuk kedalam jenis ikan mas koki termahal dan terlangka.


Gambar Ikan Mas Koki Sakura

18. Ikan Mas Koki Wakin
Ikan mas koki wakin mirip seperti ikan koi. Bedanya jenis ikan mas koki satu ini memiliki bentuk ekor yang bercabang layaknya ikan koki pada umunya.


Gambar Ikan Mas Koki Wakin

19. Ikan Mas Koki Watonoi
Ciri khas dari jenis ikan mas koki satu ini adalah warna emas dari kepala hingga ekor, dan memiliki sirip panjang.


Gambar Ikan Mas Koki Watonoi

20. Ikan Mas Koki Jumbo
Ikan mas koki jumbo merupakan salah satu jenis ikan mas koki terbesar, dan bisa memiliki ukuran 2 kali lipat ikan koi umumnya.


Gambar Ikan Mas Koki Jumbo

21. Ikan Mas Koki Mini
Seperti namanya, jenis ikan mas koki satu ini tudak bsia besar. Ikan mas koki mini merupakan jenis ikan mas koi terkecil di dunia.


Gambar Ikan Mas Koki Mini

Sumber : https://bahasikan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar