Rabu, 10 Juli 2019

Cara Pemberian Pakan Ikan Mas Koki

Hasil gambar untuk ikan mas koki

Hampir semua masyarakat mengetahui apa itu ikan koki. Ikan yang memiliki badan bulat dengan corak terang melekat di tubuhnya memang memiliki daya tarik tersendiri bagi peminat pun yang melihatnya sehingga tidak heran jika banyak masyarakat yang ingin memeliharanya.

Tapi tahukah kamu, jika ikan mas koki merupakan ikan hasil domestikasi ? Awalnya, tidak ada ikan mas koki yang ada hanya ikan hias dengan varietas Carrasius auratus auratus yang habitat aslinya di Asia Timur dan memiliki warna tubuh tidak terlalu berwarna atau menarik.
Namun , sejak dipelihara di Tiongkok puluhan tahun silam , varietas dari ikan hias ini mulai bertambah banyak. Ikan hias merupakan ikan yang berhasil dibudidayakan, di pelihara serta di domestikasi untuk pertama kalinya oleh manusia.

Varietas Carrasius auratus auratus yang telah berhasil didomestikasikan dan memiliki tampilan mutasi tubuh ekor bersirip ganda dan berbentuk bulat inilah yang kita kenal dengan nama ikan mas koki.

Ikan mas koki merupakan ikan hias akuarium yang populer di Indonesia. Banyak masyarakat, tidak hanya orang tua, bahkan para remaja pun telah memelihara ikan mas koki. Alasan mereka merawat ikan mas koki bermacam-macam, mulai dari bentuk dan warnanya yang menarik, hobi, bahkan dijadikan teman saat berada di kos bagi para mahasiswa.

Di samping itu, terkadang mereka juga heran, kenapa ikan mas koki peliharaan mereka cepat mati, selain faktor kebersihan akuarium, faktor makanan juga menjadi salah satu faktor penting dalam pemeliharaan ikan mas koki. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan tips cara pemberian makan ikan mas koki yang benar.

1. Untuk Mas Koki Baru Menetas
Jika ikan mas koki baru menetas, kita tidak perlu memberikan makanan kepada mereka sekitar 4 – 5 hari, karena ikan mas koki yang baru menetas memiliki kantung kuning telur yang berperan sebagai cadangan mereka. Setelah 4 – 5 hari, ikan mas koki harus sering di beri makan, karena ikan koki kecil mampu menyerap makanan lebih cepat dibandingkan dengan ikan mas koki dewasa.
2. Tahapan pemberian pakan
Jumlah atau dosis makanan yang diberikan harus bertahap. Dosis pemberian pakan secara umum yang diberikan dalam sehari sekitar 3- 5 persen dari berat total ikan.

3. Dosis Pakan
Frekuensi pemberian dosis makanan juga harus diperhatikan. Ikan mas koki dapat menyerap makanannya sekitar 3-4 jam, oleh karena itu pemberian makan selanjutnya bisa setelah 3-4 jam. Pun jika kalian memberi makan sehari 3 kali sehari, jumlah makanan yang diberikan harus 1/3 dari dosis.

Dosis makanan buatan yang diberikan kepada ikan mas koki jangan terlalu berlebihan. Saat kita memberikan pakan buatan yang berlebihan akan menimbulkan masalah , karena jika ada sisa – sisa pakan yang tidak dimakan, pakan buatan akan mengendap lalu mengalami proses pembusukan.

Hal ini berbahaya bagi ikan, selain kondisi aquarium yang cepat kotor, oksigen yang terkandung di dalam air pun juga berkurang. Disarankan agar memberikan makanan hidup atau bahan alami, karena lebih aman dan jika diberikan dalam jumlah dosis yang sedikit berlebihan pun tidak masalah.
4. Pakan Mas Koki Selain Pelet
Sediakan makanan hidup bagi ikan mas koki. Makanan hidup yang dimaksud seperti udang air asin, cacing darah , cacing tanah dan Makanan hidup ini, mengandung protein baik untuk ikan mas koki. Namun, makanan hidup harus dipersiapkan dengan benar, jika tidak, akan menyebabkan penyakit pada ikan mas koki.

Sediakan buah dan sayur untuk ikan mas koki. Buah dan sayur juga berperan penting dalam kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh ikan. Cukup dengan mengiris secara tipis dan kecil , lalu masukkan ke dalam akuarium. Buah dan sayur yang dapat berikan antara lain apel, brokoli, dan selada.
5. Pakan Kering untuk Ikan Mas Koki
Jika kalian memberi pakan kering kepada ikan mas koki, sebaiknya pakan di rendam terlebih dahulu untuk menghilangkan kandungan udara di dalamnya. Karena jika gelembung udara tertelan, ikan mas koki akan mengalami masalah gelembung renang dan sembelit.

Itulah beberapa cara memberi makan ikan mas koki dengan benar. Jangan lupa perhatikan dosis dan waktu pemberian makan ikan mas koki.

Sumber : https://blog.agromaret.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar