Selasa, 16 Januari 2018

Lumpia Lele

Hasil gambar untuk lumpia lele

Lumpia merupakan salah satu kudapan yang tentunya sudah tidak asing lagi di masyarakat kita. Lumpia merupakan kudapan yang banyak digemari terutama dikalangan anak-anak, remaja ataupun orang tua. Dengan menambahkan daging lele sebagai isiannya, maka lumpia ini akan memiliki nilai gizi yang lebih tinggi yaitu protein yang berasal dari daging lele, disamping itu diharapkan dapat menambah keanekaragaman produk olahan hasil perikanan dan memberi daya tarik bagi masyarakat yang tidak suka mengkonsumsi ikan. Adapun bahan dan cara membuatnya adalah sebagai berikut :


Bahan Kulit Lumpia :
- Tepung terigu : 1 kg
- Tepung tapioka : 250 gr
- Garam : 1sendok makan
- Telur : 2 butir (diambil putihnya untuk perekat)
- Minyak goreng : 5 sendok makan

Bahan Isi Lumpia :
- 250 gr kol cincang halus
- 250 gr wortel iris halus
- 250 gr daging lele

Bumbu Isi Lumpia :
- Bawang putih
- Gula
- Garam
- Merica
- Minyak goreng untuk menggoreng

Bumbu isi lumpia secukupnya atau sesuai selera

Cara Membuat Kulit Lumpai :
Campur tepung terigu dan tapioka, beri air dan garam secukupnya sampai menjadi adonan yang encer. Masukkan minyak goreng supaya tidak lengket, lalu masak adonan tersebut di atas penggorengan anti lengket, dengan takaran 1 sendok sayur untuk 1 buah kulit lumpia.

Cara Membuat Isi Lumpia :
Haluskan bumbu, kemudian tumis. Setelah harum masukkan daging lele, kol, wortel. Tumis/ masak sampai matang.

Cara Membuat Lumpia :
Masukkan isi lumpia ke atas kulit lumpia, kemudian lipat kulit tersebut, olesi lipatan terakhir dengan putih telur sebagai perekat. Goreng hingga kuning kecoklatan. Siap dihidangkan.

Sumber :
Materi Penyuluhan Spesifik Lokasi; Penulis : Erawati Septiningrum, S.Pi ( Penyuluh Perikanan Kabupaten Kebumen); http://mfcepusluh.bpsdmkp.kkp.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar