Sabtu, 09 Mei 2020

Budidaya Ikan Mas - Pakan Hemat


Ikan mas atau Ikan karper (Cyprinus carpio) adalah ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis penting dan sudah tersebar luas di Indonesia. Di Indonesia, ikan mas mulai dipelihara sekitar tahun 1920-an. Ikan mas yang terdapat di Indonesia merupakan ikan mas yang dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepangkan mas mempunyai pangsa pasar yang luas, baik bagi kebutuhan rumah tangga, pabrik pengolahannya, maupun usaha rumah makan. Hal ini disebabkan ikan mas memang punya cita rasa yang sangat lezat, selain itu tekstur dagingnya pun empuk sehingga banyak orang suka dengan ikan yang satu ini. Kendati demikian, pasti membuat harga ikan mas di Indonesia lumayan tinggi.

Sampai saat ini budidaya ikan mas memiliki potensi keuntungan yang sangat besar. Para petani yang melakukan budidaya ikan mas di kolam terpal biasanya Mereka rata-rata memberikan pakan ikan mas berupa pelet agar proses pertumbuhan ikan mas berjalan cepat. Namun sekarang mahalnya harga pelet ikan mas saat ini membuat para Petani ikan mas harus mengeluarkan budget yang besar. Bahkan beberapa petani ikan mas bisa mengalami kerugian akibat masalah ini. Solusi untuk menangani masalah tersebut dengan menggunakan pakan ikan alami yang pada dasarnya harganya lebih murah.

Pakan Buatan
Banyak dari para pengusaha budidaya ternak (termasuk ikan) yang menggunakan pakan buatan untuk ternak mereka. Pakan buatan ini biasa disebut dengan pelet. Pelet yang akan diberikan untuk ikan mas harus mengandung asam amino esensial, vitamin, karbohidrat, serta mineral. Ikan mas juga membutuhkan protein untuk pertumbuhan mereka, namun kadar protein yang dibutuhkan ikan mas berbeda-beda bergantung daerah dan ukuran serta usia ikan mas. Contohnya: ikan mas yang berada di daerah tropis dan berukuran kebuh memerlukan protein sebanyak 50%, sedangkan ikan mas seukuran jari memerlukan protein sebesar 40%. Dan untuk ikan mas yang sudah cukup besar hanya memerlukan protein sebesar 30-35% dengan kadar karbohidrat sebanyak 30%.

Selain kandungan yang terdapat pada pakan ikan, hal terpenting lain adalah ukuran pakan ikan yang akan diberikan. Pasalnya ikan mas hanya akan memakan pakan yang sesuai dengan ukuran mulut mereka. Untuk bentuk pakan ikan,  harus menyesuaikan dengan kebutuhan ikan tersebut. Dalam dunia bisnis budidaya ikan, pakan ikan memiliki beberapa bentuk dan jenis yang perlu diketahui, seperti emulsi, pelet, tepung, atau remah.

Emulsi
Jenis pakan ikan emulsi dikhususkan untuk ikan mas yang masih berbentuk benih (usia 5 hingga 21 hari). Pakan ikan emulsi ini berbahan dasar kuning telur ayam, tepung kedelai, tepung sagu, dan vitamin 1g, dengan perbandingan campuran sebesar 1:1.

Untuk pemberian pakan emulsi pada benih ikan bisa dilakukan 6-8 kali dalam sehari, pakan emulsi sebesar 1 kg cukup untuk diberikan selama 5 hari. Pemberian pakan emulsi dapat dilakukan hanya dengan cara menyemprotkan pakan tersebut di atas permukaan air. Sedangkan untuk penyimpanan, pakan emulsi harus disimpan di udara terbuka selama kurang lebih 10 jam dan jangan pernah menyimpan pakan emulsi di dalam lemari es.

Cara Pembuatan Pakan Emulsi:
  • Larutkan kuning telur ayam dan rebus dalam air matang sebesar 200ml.
  • Jika sudah, tambahkan tepung kedelai sebanyak 50 gram.
  • Selanjutnya tambah tepung sagu sebanyak 5 gram. (Tepung sagu berfungsi sebagai perekat).
  • Tambah vitamin 1 g.
  • Jika bahan-bahan tersebut sudah dimasukkan, maka langkah selanjutnya adalah aduk bahan-bahan tadi hingga merata sembari dipanaskan hingga berbentuk emulsi
Tepung dan Remahan
Jenis pakan tepung dikhususkan untuk benih ikan mas yang berumur antara 21-80 hari. Anda bisa membuat pakan tepung & remah dari pelet pakan ikan yang digiling sampai halus lalu diayak. Untuk pakan remahan khusus untuk makanan benih ikan mas yang berumur 81 hingga 120 hari. Untuk membuat pakan ikan mas bentuk remahan, bahan dasarnya adalah pecahan pelet yang kering.

Pelet
Mesin Pencetak Pelet Ikan, mesin pakan ikan terapung, mesin pelet ikan apung, mesin pelet ikan apung murah, harga mesin pelet ikan terapung, jual mesin pelet ikan terapung, jual mesin pakan ikan terapung, daftar harga mesin pelet ikan terapung, mesin pembuat pelet ikan apung, mesin pelet ikan terapung, harga mesin pakan ikan terapung

Nah, jenis pakan ikan mas yang satu ini sering kali digunakan untuk ikan yang telah memasuki tahap pembesaran. Pakan ikan pelet ini berguna sebagai tambahan pakan ikan yang berbentuk butiran-butiran.

Pakan Alami
Jenis pakan yang satu ini merupakan makanan alami ikan mas yang terbentuk dari hasil pembudidayaan plankton dalam jumlah banyak pada satu tempat. Jenis pakan ini sangat penting untuk ikan mas yang berukuran masi kebul (lepas hapa).

Pembudidayaan pakan alami ini bisa anda lakukan dengan cara pemupukan. Akan tetapi, cara pemupukan memiliki resiko besar yang dapat mengakibatkan timbulnya penyakit yang bisa menyerang benih ikan mas. Pemupukan bisa anda lakukan jika anda memahami dosis pupuk yang tepat.

Berikut adalah daftar pakan ikan mas alami.

1. Cacing Tanah



Cacing tanah merupakan makanan ikan mas biar cepat besar karena mengandung banyak protein yang baik untuk perkembangannya. Kebanyakan ikan mas menyukai cacing tanah sebagai makanannya. Cacing tanah ini adalah pakan ikan yang sangat populer dikalangan petani ikan mas. Jangan lupa cuci bersih cacing tanah sebelum diberikan ke ikan mas.

2. Cacing Sutera



Selain cacing tanah, cacing sutera juga disukai oleh ikan mas. Cacing sutera biasanya digunakan untuk makanan ikan mas kecil supaya cepat besar. Cacing ini memiliki ukuran yang sangat halus dan berwarna merah muda. Namun cacing sutera sering membawa bibit penyakit pada ikan mas.Oleh karena itu, Anda wajib membersihkan cacing itu terlebih dahulu. Kemudian rendamlah di air yang bersih selama 3 hari.

3. Kroto



Kroto adalah telur semut yang berjenis semut rang-rang. Kroto ini juga mengandung protein yang sangat tinggi sehingga cocok untuk pakan ikan mas supaya cepat besar. Anda dapat mencari di pepohonan yang rimbun. Selanjutnya Kroto bisa langsung disebar pada kolam ikan mas. Kebanyakan para pemancing biasanya menggunakan Kroto untuk umpan ikan mas tersebut

4. Ulat Daun Pisang



Di antara jenis ulat yang lainnya, cacing ini biasanya lebih disarankan karena mengandung nutrisi yang cukup lengkap. Bahkan ulat ini juga bisa dijadikan makanan pokok bagi ikan mas. Selain Kroto, ulat daun pisang juga sering digunakan untuk umpan ikan mas.

5. Sekam Padi



Ikan mas termasuk hewan omnivora, jadi tidak hanya memakan daging, tapi juga memakan tanaman. Biasanya para petani memeberikan sayur-sayuran, namun harga sayur-sayuran tergolong mahal. Jangan khawatir Anda bisa memanfaatkan sekam padi yang dicampur kotoran sapi, tepung ikan, arang kelapa, dan tetes tebu yang dibuat menjadi pelet.

Jika Anda kurang menyukai pakan ikan mas yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa membuat sendiri pakan organik ikan mas yang difermentasikan.

Pakan ikan ini merupakan hasil dari fermentasi dari limbah organik seperti ampas tahu, dan kotoran ternak.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh saat memberikan pakan fermentasi untuk ikan mas adalah hemat biaya untuk perawatan kolam, air biasanya tidak berbau, dan mempercepat pertumbuhan.

Pakan ikan mas organik memiliki rasa lebih gurih, bobot ikan mas bisa menjadi lebih berat dan memiliki nilai jual tinggi.

Bahkan air bekas budidaya ikan mas organik sangat baik untuk memupuk tanaman dan masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan ketika menggunakan pakan ikan mas organik ini.

Setelah mengetahui tentang pakan ikan mas alami, selanjutnya adalah pakan ikan mas secara organik. Ini perlu anda ketahui mengingat pertumbuhan ikan mas bisa lebih baik jika diberi pakan organik. Berikut uraiannya:
1. Kotoran Ternak



Jenis kotoran hewan yang bisa dipakai adalah kotoran sapi, kerbau, kelinci, ayam, puyuh dan kambing. Kotoran hewan-hewan itu mengandung protein, karbohidrat, lemak dan senyawa organik lainnya.

Jika ingin membuat bahan baku cepat terurai, maka unsur hara nitrogen juga harus tinggi, karena jasad renik pengurai membutuhkan unsur hara nitrogen untuk perkembangannya.

Dewasa ini banyak sekali petani ikan mas mencoba memanfaatkan kotoran ternak untuk dijadikan pelet. Namun, kotoran ternak sebagai pakan ikan mas organik ini bukan berarti langsung diberikan pada ikan mas.

2. Ampas Tahu



Ampas tahu dapat digunakan sebagai sumber protein.Mengingat kandungan proteinnya dan lemak yang tinggi maka sangat baik untuk dijadikan bahan baku pembuatan pakan organik ikan mas.
Para petani ikan mas juga sering memakai ampas tahu untuk dijadikan pakan ikan karena biaya pakan ikan ini sangatlah murah.

3. Dedak



Dedak merupakan pengolahan gabah yang tidak dikonsumsi manusia, sehingga tidak memiliki daya guna yang begitu berarti. Akan tetapi dedak dapat dimanfaatkan sebagai pakan segala jenis ikan mas, seperti ikan mas punten, ikan mas taiwan, sampai ikan mas lokal.
Mengingat kandungan nutrisi dedak ini sangat besar meliputi protein kasar, lemak kasar, serat kasar, dan serat halus.

4. Tepung Ikan



Tepung ikan merupakan bagian ikan atau ikan itu sendiri yang dikeringkan kemudian dihaluskan. Kegunaan utama tepung ikan adalah untuk bahan pokok campuran pakan ikan.
Tepung ikan yang baik harus memiliki sifat-sifat berikut: butirannya seragam; bebas dari sisa tulang, mata ikan dan benda asing; berwarna halus bersih, seragam, dan bau khas ikan amis.

5. Probiotik (Pupuk Hayati Bioboost)
Probiotik merupakan sebutan yang pakai untuk mikro-organisme hidup yang bisa memberikan efek baik atau kesehatan bagi organisme lain. Lebih disarankan memakai Pupuk Hayati Bioboost untuk dijadikan pakan ikan mas.

6. Molase/Tetes Tebu



Molase adalah ampas dari proses pembuatan gula.Molase ini merupakan sumber energi namun kandungan proteinnya cukup rendah.Molase biasanya sering dipakai untuk proses fermentasi karena mengandung 1-20% gula yang bisa dimanfaatkan bagi pertumbuhan inokulum.

Referensi:
  1. Samsudin,2011; http://ejournal-balitbang.kkp.go.id/index.php/jra/article/view/2157
  2. Husniya, 2016; http://jurnal-online.um.ac.id/ data/artikel/ artikel 50852DCAFA234147E9A.pdf




1 komentar:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus