Selasa, 28 Januari 2020

Pakan Ikan Alami - Budidaya Cacing Sutra

Tubifex tubifex
Dengan semakin luasnya penggunaan cacing sutra sebagai pakan ikan alami, maka saat ini sudah semakin banyak masyarakat yang mulai menggeluti bisnis budaya cacing sutra. Sebelumnya, bisnis ini jarang sekali dilirik namun kini sudah banyak masyarakat yang memulai usaha ini. Hal ini karena kebutuhan cacing sutera semakin meningkat sementara itu produksi cacing sutra dalam negeri masih sangat terbatas.
Lihat saja pebisnis ikan hias dan usaha pembenihan, mereka sangat mengandalkan ketersediaan cacing sutra dari para peternak cacing sutra. Pakan pengganti cacing sutra sebetulnya sudah ada namun peran cacing sutra belum tergantikan sampai sekarang.

Cacing Sutra (Tubifex) biasanya disebut dengan cacing rambut atau cacing darah karena warnanya menyerupai darih. Cacing ini memiliki ukuran yang sangat kecil, ukurannya hampir sama dengan rambut dengan panjang sekitar 1 -3 cm.

Cacing sutra hidupnya membentuk koloni di perairan yang jernih kaya akan bahan organik. Kandungan tubuhnya terdiri dari 57% protein serta 13% lemak, dengan komposisi tersebut, sehingga sangat cocok cacing sutra untuk pakan ikan. Selain itu harga cacing sutra juga yang saat ini sudah terjangkau sehingga sudah banyak orang yang memulai usaha ternak cacing sutra.
Pembuatan media Budidaya Cacing Sutra (Tubifex Sp)




Pembuatan media kultur bertujuan untuk membuat media berkembangnya cacing sutera sehingga dapat memberikan daya dukung dan produktivitas yang baik pada produksi pakan alami cacing sutera. Adapun pembuatan media budidaya cacing sutra adalah sebagai berikut :

lumpur halus setelah ditiriskan selama 24 jam, dimasukkan kedalam bak kultur ukuran 2 x 1 x 0,5 m. Lumpur halus tersebut dicampur dengan pupuk kandang dan dedak padi halus/bekatul dengan perbandingan 2:1:0.5 (artinya Lumpur=50kg:Pupuk=25kg:12.5kg bekatul), dengan tinggi media kurang lebih 10-15 cm. Bekatul terlebih dulu di fermentasi menggunakan Effective Microorganism (EM4), Dengan cara 25 ml EM4 di encerkan ke dalam ember berisi 5 liter air kemudian diaduk rata dengan menggunakan sendok plastik, setelah itu masukkan 12.5 kg bekatul kedalam ember dan di campur merata menggunakan stik pipa agar bekatul dan EM4 menyatu sempurna. Setelah itu bekatul yang difermentasi itu disimpan dan ditutup rapat dengan penutup dalam ember kapasitas 25 liter, biarkan selama 3 hari agar proses fermentasi terjadi dan setelah itu baru dicampurkan dengan lumpur halus. Pupuk kandang yang berasal dari kotoran ayam petelur sebanyak 25 kg dimasukkan kedalam bak kultur yang telah berisi lumpur halus dan bekatul yang telah terfermentasi, kemudian dicampur dan diaduk merata. Larutkan probiotik sebanyak 200 ml kedalam ember yang berisi air sebanyak 5 liter, kemudian diaduk merata, Setelah itu larutan probiotik tersebut di masukkan kedalam bak kultur cacing sutera dengan cara menyiram secara merata pada permukaan media kultur. Terakhir masukkan air sampai setinggi 7-10 cm dari permukaan substrat, setelah itu media didiamkan selama 4-5 hari supaya terjadi dekomposisi bahan media dan dilakukan penebaran bibit Cacing Sutra.

Penebaran Bibit Cacing Sutra (Tubifex Sp)



Setelah 4 hari dari pembuatan media budidaya cacing sutra maka kegiatan selanjutnya yaitu Penebaran bibit cacing sutra yang bertujuan untuk menumbuhkan cacing sutera sehingga dapat meningkatkan produktivitas yang baik pada produksi pakan alami cacing sutera. pertama tama yang perlu dilakukan dalam penebaran bibit ini yaitu Bibit starter yang akan ditebar dibersihkan terlebih dahulu dari lumpur. Setelah bersih bibit starter ditimbang dengan menggunakan timbangan sebanyak 200 gr/m2 . Setelah bibit ditimbang, lalu dimasukkan kedalam ember dan dibuyarkan dengan air, selanjutnya ditebar secara merata pada permukaan media cacing sutera. Alirkan air dengan perlahan dengan debit 0,01 liter/detik, dengan ketinggian 10-15 cm.

Pemberian Pakan Pada Budidaya Cacing Sutra (Tubifex Sp)




setelah dilakukan penebaran bibit cacing sutra maka dilakukan Pemberian pakan menggunakan ampas tahu, Hali ini bertujuan untuk menyediakan sumber makanan bagi cacing sutera yang dibudidayakan. sebelum diberikan pada cacing sutra, Ampas tahu terlebih dahulu dilakukan fermentasi agar kandungan nutrisi ampas tahu menjadi meningkat. 

Adapun proses fermentasi ampas tahu adalah sebagai berikut;
  • Ampas tahu dimasukkan kedalam tong pakan kapasitas 200 liter
  • Larutkan probiotik 200 ml kedalam air bersih sebanyak 5 liter
  • Masukkan larutan probiotik tersebut kedalam tong yang berisi ampas tahu dan aduk secara merata
  • Setelah itu tong ditutup rapat selama minimal 3 hari
Ampas tahu yang telah difermentasi diberikan pada cacing sutra dengan prosedur pemberian pakan sebagai berikut ;
  • Air masuk (inlet) ditutup/dihentikan selama pemberian pakan dan dibiarkan 10-15 menit setelah pemberian pakan, air dapat dialirkan lagi untuk mencegah terbuangnya pakan (ampas tahu) karena aliran air pada media kultur.
  • Pemberian pakan ampas tahu dilakukan dengan cara menebar secara merata pada permukaan media kultur cacing sutera.
  • Dosis pemberian pakan ampas tahu adalah 2 kg/m2 dengan frekuensi pemberian pakan sehari sekali.
Pemanenan Cacing Sutra (Tubifex Sp)




Pemanenan cacing sutera dapat dilakukan setelah minggu ke-3 atau minggu ke-4 tergantung kandungan bahan organik dalam media kultur.ada pun cara pemanenan cacing sutra adalah sebagai berikut ;
  • Sebelum dilakukan pemanenan, dilakukan penutupan air masuk(inlet).
  • Cacing sutera yang menggumpal diambil dan dikumpulkan kedalam ember.
  • Cacing sutera yang dipanen dibersihkan dengan menggunakan air yang mengalir menggunakan seser halus.
  • Setelah bersih, cacing yang dipanen di tampung kedalam baki plastik.
  • Pasang kain Trilin pada baki penampungan cacing sutera.
  • Baki ditutup rapat sampai kondisi gelap dan anaerob, setelah itu dibiarkan selama 1-2 jam sampai cacing terkumpul dipermukaan kain trilin.
  • Lakukan pemanenan cacing sutera dengan cara menyerok dan mengumpulkan pada ember
  • Melakukan penimbangan untuk mengetahui hasil panen.
Penggantian Media Budidaya Cacing Sutra (Tubifex sp)


penggantian media budidaya cacing sutra (Tubifex Sp) dilakukan dengan mengganti media yang telah lama dengan media yang baru. kegiatan ini dilakukan 3 bulan sekali, Penggantian media budidaya cacing sutra (Tubifex Sp) dilakukan karena; Pertama, Jumlah hasil panennya telah menurun sebanyak 30 persen dari panen Optimal. Kedua, Ukuran rata-rata cacing tubifex yang dipelihara telah mencapai ukuran 1 mm keatas dan terakhir untuk membersihkan dari hama pesaing seperti keong lumpur.

Sumber :

............., 2017; Diskanlut Jatim, ; http://diskanlut.jatimprov.go.id/v2/index.php/2017/08/11/mudahnya-budidaya-cacing-sutera-tubifex-sp-di-kolam/

............, 2019; Balai Perikanan Budidaya Air Tawar, Tatelu, https://kkp.go.id/djpb/bpbattatelu


2 komentar:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus
  2. If you're looking to lose weight then you certainly need to start using this totally brand new personalized keto meal plan.

    To design this service, certified nutritionists, fitness trainers, and cooks united to provide keto meal plans that are productive, convenient, money-efficient, and delightful.

    Since their first launch in early 2019, 1000's of clients have already transformed their figure and health with the benefits a professional keto meal plan can offer.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-confirmed ones provided by the keto meal plan.

    BalasHapus