Selasa, 28 Januari 2020

Pakan Ikan Alami - Teknik Kultur Daphnia


Organisme yang biasa hidup di air yang berukuran kecil sering kita menyebutnya sebagai kutu air. Daphnia sp seringkali dikenal sebagai kutu air karena kemiripan bentuk dan cara bergeraknya yang menyerupai seekor kutu. Pada kenyataannya Daphnia sp termasuk dalam golongan udang-udangan dan tidak ada hubungannya dengan kutu secara taxonomi. Daphnia sp merupakan udang-udangan renik air tawar dari golongan Brachiopoda. Mereka boleh dikatakan masih saudara dengan Artemia. Apabila anda menjumpai hewan renik yang meloncat di permukaan air, boleh dipastikan itu bukanlah Daphnia sp melainkan Cyclops.
Daphnia sp merupakan sumber pakan bagi ikan kecil, burayak dan juga hewan kecil lainnya. Kandungan proteinnya bisa mencapai lebih dari 70% kadar bahan kering. Secara umum, dapat dikatakan terdiri dari 95% air, 4% protein, 0.54 % lemak, 0.67 % karbohidrat dan 0.15% abu. Kepopulerannya sebagai pakan ikan selain karena kandungan gizinya serta ukurannya, adalah juga karena "kemudahannya" dibudidayakan sehingga dapat tersedia dalam jumlah mencukupi, hampir setiap saat.

Daphnia sp adalah termasuk jenis zooplankton yang hidup di air tawar. Mendiami kolam atau danau-danau. Daphnia sp dapat hidup di daerah tropis maupun di subtropis. Kehidupan Daphnia sp di pengaruhi oleh beberapa faktor antara lain suhu dan oksigen terlarut.

Daphnia sp mempunyai bentuk tubuh lonjong, pipih dan beruas-ruas yang tidak terlihat. Pada kepala bagian bawah terdapat moncong yang bulat dan tumbuh lima pasang alat tambahan. Alat tambahan pertama disebut Antennula, sedangkan yang ke dua disebut antenna yang mempunyai fungsi pokok sebagai alat gerak, Tiga lainnya merupakan alat tambahan pada bagaian mulut.

Perkembangbiakan Daphnia sp yaitu secara asexual atau parthenogenesis dan secara sexual atau kawin. Perkembangbiakan secara parthenogenesis sering terjadi, dengan menghasilkan individu muda betina. Telur dierami di dalam kantong pengeraman hingga menetas. Anak Daphnia sp dikeluarkan pada saat pergantian kulit. Pada kondisi perairan yang baik, disamping individu betina dihasilkan pula individu jantan. Pada saat kondisi perairan yang tidak menguntungkan, individu betina menghasilkan 1 -2 telur istirahat atau epiphium yang akan menetas saat kondisi perairan baik kembali.

Daphnia sp mulai berkembangbiak pada umur lima hari, dan selanjutnya setiap selang waktu satu setengah hari akan beranak lagi. Jumlah setiap kali beranak rata-rata sebanyak 39 ekor. Umur hidup Daphnia sp 34 hari, sehingga selama hidupnya mampu menghasilkan anak kurang lebih 558 ekor. Jenis makanan yang baik untuk pertumbuhan Daphnia sp adalah bakteri-bakteri fitoplankton dan detritus. Kebiasaan makannya dengan cara membuat aliran pada media, yaitu dengan menggerakkan alat tambahan yang ada di mulut, sehingga makanan masuk ke dalam mulutnya.



Pembagian segmen tubuh Daphnia hampir tidak terlihat. Kepala menyatu, dengan bentuk membungkuk ke arah tubuh bagian bawah terlihat dengan jelas melalui lekukan yang jelas. Pada beberapa spesies sebagian besar anggota tubuh tertutup oleh carapace dengan enam pasang kaki semu yang berada pada rongga perut. Bagian tubuh yang paling terlihat adalah mata, antenna dan sepasang seta. 

Pada beberapa jenis Daphnia, bagian carapacenya tembus cahaya dan tampak dengan jelas melalui mikroskop bagian dalam tubuhnya. Beberapa Daphnia sp memakan crustacea dan rotifer kecil, tapi sebagian besar adalah filter feeder, memakan algae uniselular dan berbagai macam detritus organik termasuk protista dan bakteri. Daphnia sp juga memakan beberapa jenis ragi, tetapi hanya di lingkungan terkontrol seperti laboratorium. Pertumbuhannya dapat dikontrol dengan mudah dengan pemberian ragi. 

Partikel makanan yang tersaring kemudian dibentuk menjadi bolus yang akan turun melalui rongga pencernaan sampai penuh dan melalui anus ditempatkan di bagian ujung rongga pencernaan. Sepasang kaki pertama dan kedua digunakan untuk membentuk arus kecil saat mengeluarkan partikel makanan yang tidak mampu terserap. Organ Daphnia sp untuk berenang didukung oleh antenna kedua yang ukurannya lebih besar. Gerakan antenna ini sangat berpengaruh untuk gerakan melawan arus.

Mekanisme reproduksi Daphnia sp adalah dengan cara parthenogenesis. Satu atau lebih individu muda dirawat dengan menempel pada tubuh induk. Daphnia sp yang baru menetas harus melakukan pergantian kulit (molting) beberapa kali sebelum tumbuh jadi dewasa sekitar satu pekan setelah menetas. Siklus hidup Daphnia sp. yaitu telur, anak, remaja dan dewasa. Pertambahan ukuran terjadi sesaat setelah telur menetas di dalam ruang pengeraman.

Daphnia sp. dewasa berukuran 2,5 mm, anak pertama sebesar 0,8 mm dihasilkan secara parthenogenesis. Daphnia sp mulai menghasilkan anak pertama kali pada umur 4-6 hari. Adapun umur yang dapat dicapainya 12 hari. Setiap satu atau dua hari sekali, Daphnia sp akan beranak 29 ekor, individu yang baru menetas sudah sama dengan individu dewasa. Proses reproduksi ini akan berlanjut jika kondisi lingkungannya mendukung pertumbuhan. Jika kondisi tidak ideal baru akan dihasilkan individu jantan agar terjadi reproduksi seksual.

Daphnia sp jantan lebih kecil ukurannya dibandingkan yang betina. Pada individu jantan terdapat organ tambahan pada bagian abdominal untuk memeluk betina dari belakang dan membuka carapacae betina, kemudian spermateka masuk dan membuahi sel telur. Telur yang telah dibuahi kemudian akan dilindungi lapisan yang bernama ephipium untuk mencegah dari ancaman lingkungan sampai kondisi ideal untuk menetas. Karena adanya individu jantan populasi yang bereproduksi akan membentuk efipia atau “egg resting” atau sistem yang akan menetas jika kondisi perairan baik.kebiasaan makan Daphnia sp dengan cara membuat aliran pada media yaitu : menggerak-gerakan alat tambahan yang ada di mulut. Gerakan ini dapat menimbulkan arus air yang membawa makanan.



Usaha budidaya ikan merupakan salah satu usaha yang menjanjikan, salah satu faktor yang menunjang keberhasilan panen budidaya adalah ketersediaan pakan alami. Pakan alami adalah pakan yang sudah tersedia di alam sedangkan pakan buatan merupakan pakan yang di buat dari berbagai bahan yang sengaja di buat dengan bentuk yang di kehendaki.

Untuk memenuhi kebutuhan pakan alami maka di lakukan beberapa cara salah satunya dengan teknik budidaya. Budidaya yang biasa di lakukan untuk membuat pakan alami dengan membudidayakan fitoplankton atau zooplankton. Usaha budidaya pakan alami berupa fitoplankon atau zooplankton di lakukan di perairan tawar, payau, dan laut. Salah satu zooplankton yang biasa dibudidayakan untuk menjadi pakan alami adalah Daphnia sp. Daphnia sp merupakan cladocera dari crustacean, biasanya menjadi pakan alami untuk ikan.

Pemberian tanda kutip pada kata "kemudahan" diatas sengaja dilakukan karena tidak jarang orang yang sudah mencoba membudidayakan Daphnia sp sesuai dengan berbagai anjuran, tetapi ternyata sering tidak berhasil, dan tampak seolah-olah pekerjaan ini tidak semudah yang dikatakan. Tetapi dilain pihak banyak juga yang dengan sukses membudiyakannya tanpa sedikitpun mengalami kesulitan. Berikut adalah video bagaimana kami dapat dengan mudah mengembangkan atau membudidayakan kutu air dahpnia.

Teknik Kultur Daphnia
Daphnia sp adalah jenis pakan alami yang sering digunakan untuk pemenuhan pakan ikan air tawar pada usia larva dan industri ikan hias (Delbare dan Dheart, 1996). Hewan ini termasuk pada subordo Cladocera, yaitu jenis krustacea yang berukuran kecil. Sebutan lain Daphnia sp oleh praktisi ikan hias adalah kutu air.

Jenis zooplankton ini biasa hidup di perairan tawar, ditemukan mulai dari perairan tropis hingga artik. Di perairan alam ditemukan ada 50 spesies, namun hanya enam spesies yang ditemukan di daerah tropis. Jenis ini dapat hidup mulai dari perkolaman ukuran kecil hingga danau air tawar yang berukuran luas. Reproduksi dilakukan secara parthenogenesis dan seksual. Pada usia lima hari, induk Daphnia sp akan mulai beranak, dengan jumlah 10 – 28 individu per induk.

Alat dan Bahan
Adapun alat dan bahan yang digunakan dalam budidaya daphnia adalah sebagai berikut :

Alat
Bahan
Akuarium
Aerator
Selang Aerasi
Batu Aerasi
Kain Strimin
Mikrokop
Cawan petri
Alat penghitung
Pipet
Air bersih
Kotoran ayam


Langkah kerja yang dilakukan dalam kultur daphnia adalah sebagai berikut :
  1. Masukkan air kedalam akuarium dengan volume 100 liter.
  2. Pada kelompok I media yang dilakukan untuk kultur daphnia adalah kotoran ayan dengan dosis 100 gr/100 liter.
  3. Timbang kotoran ayam, kemudia masukan kedalam kain trilin dan diikat agar tidak tercecer kemana – mana.
  4. Masukkan kotoran ayam yang telah dibungkus dengan kain trilin kedalam air yang ada diakuarium.
  5. Remas – remas kain trilin yang berisi kotoran ayam dengan tangan agar sari – sari kotoran ayam keluar.
  6. Setelah air media berwarna coklat, air media didiamkan selama 1 hari.
  7. Setelah didiamkan 1 hari kemudian masukkan bibit artemia kedalam air media. Bibit daphnia yang dimasukkan kedalam akuarium adalah 1000 ekor.
Panen dilakukan setelah berumur 7 hari dari penebaran bibit dengan daphnia yang dihasilkan berjumlah 5.824 ekor. Adapun cara penghitungan yang dilakukan dengan cara volumetric menggunakan gelas minum plastic yang bervolume 240 ml caranya sebagai berikut :
  1. Ambil air sampel yang berisi daphnia sebanyak 240 ml sebanyak 2 kali. 
  2. Pada pengambilan pertama daphnia yang diperoleh sebanyak 13 ekor dan pada pengambilan kedua sebanyak 15 ekor sehingga rata – ratanya adalah 14 ekor. 
  3. Volume air yang digunakan untuk mengkultur daphnia sebanyak 100 liter (100.000 ml), sehingga daphnia yang dipanen adalah 100.000 ml/240 ml = 416 gelas. 416 gelas x 14 ekor = 5824 ekor. Jadi daphnia yang dipanen totalnya mencapai 5824 ekor.

Semoga Bermanfaat...


Sumber : 
Hartati, Sri. 1986. Kultur Makanan Alami. Direktorat Jendral Perikanan dan Internasional Development Research Centre. Jakarta.
Supriatna, Aan, 2014;  ; https://www.dunia-perairan.com


1 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus