Selasa, 14 Maret 2017

Konstruksi Alat Tangkap Ikan Pukat Cincin (Purse Seine)

Hasil gambar untuk konstruksi purse seine

Kontruksi purse seine umumnya seperti yang di kemukakan oleh Sadhori (1985), kontruksi alat tangkap purse seine secara umum terdiri dari jaring utama, jaring penguat, tali ris atas, tali ris bawah, tali pelampung, pelampung, tali pemberat, pemberat, tali cincin, cincin, dan tali kerut. Purse seine tersebut merupakan kontruksi tipe purse seine Amerika, tetapi dengan adanya bantuan power block pada saat hauling dimana posisi kantong tidak berada ditengah namun berada dibagian samping, selain itu juga terdapat three angle yang menyatukan tali pelampung, badan jaring, dan pemberat. Adapun kontruksi purse seine adalah sebagai berikut : 


Hasil gambar untuk konstruksi purse seine

Gambar 23 . Bentuk Purse Seine

Badan Jaring
Bahan jaring yang digunakan pada umumnya adalah jenis polyamide atau nylon twine .sedangkan nomor benang yang digunakan juga berada pada bagian atas yang tersambung dengan selvedge atas menggunakan nylon twine no.210/30 berwarna merah dengan ukuran mata jaring 2 inchi, sedangkan pada bagian bawah yang tersambung dengan selvedge bahwa menggunakan nylon twine no.210/49 berwarna hitam dengan ukuran mata jaring 3 inchi.



Gambar bagian badan jaring dari bahan nylon Twine.

Kantong
Khusus pada bagian kantong jaring dipilih benang yang lebih kuat dan tahan terhadap gesekan, panas, maupun gigitan ikan. Benang yang digunakan pada bagian kantong adalah benang dari jenis netlis twine no.80, mata jaring pada bagian kantong adalah 1,5 inchi.

 

Gambar Bagian kantong jaring dari bahan NetlisTwine

Jaring penguat (selvedge)
Pada bagian selvedge digunakan benang dari jenis braided twine . selvedge yang bersambungan dengan tali ris atas dan badan jaring digunakan braided twine no. Dengan kedalaman cm dan mata jaring inchi. Selvedge yang bersambungan dengan tali riss bawah dan badan jaring digunakan braided twine no. Dengan kedalaman cm dan mata jaring inchi.



Gambar Bagian jaring penguat/Selvedge dari badan Braided Twine

Pelampung dan Tali Pelampung
Jenis pelampung yang digunakan terbuat dari bahan sintetis berupa busa plastik dan karet yang keras, berbentuk tabung oval dengan panjang 20 cm, diameter luar 17 cm dan diameter dalam 4,2 cm. Pelampung ini sangat berperan dalam pengapungan alat tangkap ke permukaan dengan di tambah kelebihan extra bouyancy .

Tali pelampung adalah tali jenis telepropylene roof no 24, tali ini sangat kuat namun lunak dan mudah di splicing. Untuk tali ris atas digunakan tali jenis telepropylene roof berdiameter 1,5 cm. Tali pelampung yang berada di bagian kantong juga terdapat cincin/jaring yang digunakan untuk memudahkan penaikan bagian kantong ke kapal penampung sebelum proses pemindahan hasil tangkapan.

 

Gambar Pelampung dan Tali ris Atas

Rantai Pemberat (sinker chain)
Pemberat berperan penting dalam proses pengoperasian alat tangkap. Karena itu daya tengelam (sinker power) karena semakin cepat daya tenggelamnya badan jaring, maka kemungkinan ikan untuk meloloskan diri secara horizontal akan lebih kecil. Pemberat yang di gunakanadalah rantai yang terbuat dari besi yang telah dilapisi timah. Rantai pemberat ini melekat pada tali ris bawah dari jenis telepropylene roof berdiameter 1,5 cm dan diikat dengan tali setiap tiga mata rantai atau sekitar 8 cm.

Rantai pemberta yang digunakan terdapat dua jenis yang memiliki ukuran serta berat yang berbeda. Pada bagian sayap, kantong, dan pertengahan badan jaring (webbing) rantai yang digunakan ukurannya besar, sedangkan diantara rantai pemberat besar terdapat rantai pemberat yang ukurannya lebih kecil. Panjang keseluruhan rantai pemberat adalah 450 M.



Gambar Rantai Pemberat

Three angle
Three angle adalah penyatu bagian tali pelampung, badan jaring/selvage, dan bagian pemberat yang terbuat dari besi putih stainless still dan berbentuk segitiga dengan penahan pada bagian sudutnya. Bagian three angle yang pertama kali akan diturunkan pada saat shooting dan yang pertama dinaikan pada saat hauling adalah bagian three angle ini.



Gambar Three angle

Cincin dan Tali Cincin
Cincin pada purse seine berperan sebagai tempat lewatnya tali kerut (wire) sehingga saat alat tangkap tenggelam maka bagian bawah dapat tertutup melalui penarikan tali kerut, sehingga memungkinkan sedikitnya ikan yang akan meloloskan diri. Cincin tersambung dengan tali cincin yang digantung pada tali ris bawah dengan cincin yang lebih kecil yang terbuat dari besi putih.

Diameter cincin kerut bagian luar 22 cm dan diameter dalam 17,5 cm sedangkan cincin kecil yang berkaitan dengan cincin kerut berdiameter 8 cm, tali cincin yang digunakan adalah jenis tali telepropylene roof dengan diameter 4 cm dan memiliki panjang yang berbeda-beda. Tali cincin pada bagian sayap dan kantong memiliki panjang 200-250 cm sedangkan pada bagian badan memiliki panjang 150 cm. Tali penghubung antara tali cincin dan cincin kecil digunakan tali telepropylenen roof berdiameter 1 cm dengan panjang 100 cm, sedangkan jarak antara cincin 7 m.



Gambar Cincin, Tali cincin, dan Cincin Penghubung.

Tali kerut
Untuk mengumpulkan ring atau jaring bagian bawah pada waktu operasi maka digunakan tali kerut yang ditarik setelah jaring selesai dilingkarkan.Hal ini disebabkan karena terkumpulnya ring maka jaring bagian bawah akan terkumpul menjadi satu dan jaring akan berbentuk kantong. Bahan yang digunakan adalah kawat labrang dengan diameter 3,5 cm dan memiliki panjang 500 m.



Gambar Tali Kerut pada rool penggulung

Spesifikasi Purse Seine

Secara umum spesifikasi purse seine adalah sebagai berikut :


No
Spesifikasi
Ukuran
1
Pajang jaring
450 meter
2
Dalam jaring
110 meter
3
Panjang Rantai pemberat
450 meter
4
Pelampung
2400 buah
5
Panjang Tali Kerut
500 meter


No
Bagian ajring
Jenis Bahan
Besar mata
Dalam
Panjang
1
Kantong
Nitlis twine
1 inchi
80 m
50 m
2
Badan
Nylon twine
1,5 inchi
110 m
250 m
3
Sayap
Nylon twine
2 inchi
80 m
150 m
4
Selvage atas
Braided twine
4 inchi
0,50 m
450 m
5
Selvage bawah
Braided twine
4 inchi
1,10 m
450 m


No
Bagian
Material
Diameter/No
Panjang
1
Tali pelampung
Telepropylene
24 mm
450 m
2
Tali ris bawah
Polypropilene
8 mm
450 m
3
Tali ris atas
Polypropilene
8 mm
450 m
4
Rantai pemberat
Besi timah
1/2 dan 3/8
450 m
5
Tali cincin
Telepropilene
28 mm
1,5 – 2,5 m
6
Tali kerut
Kawat labrang
18 mm
500 m
7
Tali selambar
Telepropilene
24 mm
35 m



No
Perlengkapan
Material
Bentuk
Ukuran
Jumlah
1
Pelampung
Finly sponge
Bulat
20 cm
2400
2
Pemberat
Rantai besi
Rantai
1/2 dan 3/8

3
Cincin kerut
Besi
Lingkaran
Ø 22 cm
65
4
Three angle
Stainless
Segitiga

2





Sumber : Heru Santoso, S.Pi., M.Si. Fermenas Bawole, A.Md.Pi. ;
Teknik Pengoperasian Alat Tangkap Purse Seine pada Kapal Timur Laut 00, Akademi Perikanan Bitung, BPSDM-KP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar