Selasa, 14 Maret 2017

Penanganan Hasil Tangkapan Purse Seine

Hasil gambar untuk pukat cincin

Penanganan hasil tangkapan dari operasi pukat cincin atau purse seine dilakukan langsung diatas kapal penangkap, menurut Tomasila dan Usemahu (2004), hasil tangkapan yang telah tercurah di atas dek kapal langsung di sortir atau di pilih dan dipisahkan untuk ikan-ikan ekonomis penting yang kurang atau tidak mempunyai nilai ekonomis penting. Berbeda dengan penanganan yang dilakukan pada KM. Timur laut 00 dimana penanganan hasil tangkapan dilakukan dalam 2 tahapan yaitu pemindahan hasil tangkapan (brailling) dan penanganan hasil tangkapan dikapal penampung.

Pemindahan Hasil tangkapan (brailling)
Setelah ikan terkumpul dibagian kantong. Kapal penampung mendekati kapal jaring dari sebelah kanan. Tali-tali tambat di lemparkan dan diikat pada bolder kapal. Saat sudah tertambat cincin pada tali pelampung bagian kantong yang diikat oleh diver dinaikan ke atas dek kapal penampung dan diikat pada badan kapal, sehingga ikan-ikan yang terkumpul pada kantong jaring berada diantara

Tindakan selanjutnya sibut (brailling net) diambil dengan mesin winch. Tali-tali pada block-block yang ada di stick boom sebelah kanan yang mengarah kekapal penampung disambung pada sibut (brailling net) lalu disimpulkan. Setelah pembongkaran es siap, pemindahan ikan dari kantong jaring ke palka segera dilakukan.

Sebelum ikan dipindahkan ABK diberikan hak mengambil ikan-ikan yang bukan menjadi tangkapan utama. Jenis-jenis ikan layang, ikan selar dan ikan kuwe diambil dengan menggunakan brailling net yang lebih kecil. Sehingga dikantong jaring akan tertinggl ikan-ikan yang menjadi tangkapan utama.

Penggunaan brailling net melalui bantuan tali-tali yang tersambung dengan block-block pada stick boom yang diatur ABK melalui putaran winch, saat mengambil ikan dikantong jaring seorang ABK menggunakan stick yang dimasukan pada rongga yang ada pada cincin brailling net kemudian stick dan brailling net didorong kebawah kantong jaring , setelah merasa cukup stick tersebut ditarik , selanjutnya brailling net diangkat melalui putaran winch dan diarahkan kepalka yang akan diisi ikan. Tali kantong brailling net dibuka sehingga ikan akan tercurah ke dalam palka, selanjutnya palka ditimbun dengan es yang sebelumnya telah dikeluarkan , sementara itu tali kantong brailling net diikatan kembali dan pengambilan ikan dilakukan begitu seterusnya sampai palka penuh dan dilanjutkan pada palka berikutnya atau sampai selesai.



Gambar 21 .pemindahan hasil tangkapan

Penanganan hasil tangkapan dikapal penampung
Ikan-ikan yang telah dipindahkan ke palka melalui brailling net segera ditimbun dengan es. Metode penanganan pada kapal penampung menggunakan metode bulking dimna ikan-ikan tercurah ke palka langsung dicampur dengan es curah yanmg sebelumnya telah dibongkar di atas dek. Penanganan dengan metode ini tidak memakan waktu lama sehingga ikan segara dapat ditangani. Selama penampung dikapal jaring palka-palka es selalu diperiksa dan ditambahkan dari dua palka es yang menjadi palka es cadangan.



Gambar 22 . Penanganan hasil Tangkapan Di Kapal Penampun

Sumber : Heru Santoso, S.Pi., M.Si. Fermenas Bawole, A.Md.Pi. ;
Teknik Pengoperasian Alat Tangkap Purse Seine pada Kapal Timur Laut 00, Akademi Perikanan Bitung, BPSDM-KP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar