Selasa, 14 Maret 2017

Pengetahuan Dasar dalam Penangkapan Ikan dengan Pukat Cincin

Hasil gambar untuk Pengetahuan Dasar dalam Penangkapan Ikan dengan Pukat Cincin

Purse seine digunakan untuk menangkap ikan yang bergerombolan (schooling) di permukaan laut. Oleh karena itu,pada saat melakukan operasi penangkapan ada beberapa hal yang harus menjadi pengetahuan dasar sebelum melakukan pengoperasian alat pengkap purse seine :
1) Ikan yang akan ditangkap
2) Posisi kapal dari ikan yang akan ditangkap
3) Sifat-sifat ikan
4) Metode penangkapan ikan yang akan digunakan

1 Ikan Yang Akan Ditangkap
Ikan yang ditangkap adalah ikan ekonomis penting. Jenis-jenis ikan yang tertangkap dengan alat tangkap purse seine adalah :

1). Ikan Baby tuna
2). Ikan Kembung
3). Ikan Tongkol
4). Ikan Cakalang
5). Ikan Lamadang
6). Ikan Layang,dll

2. Posisi Ikan Yang Akan Ditangkap
Hal pertama harus diperhatikan sebelum kita melakukan operasi penangkapan ikan adalah kita harus tahu dimana ikan tersebut hidup. Ikan-ikan

yang menjadi tujuan penangkapan purse seine berada di daerah pesisir pantai serta di perairan yang cukup dalam. Biasanya ikan-ikan tersebut memiliki swimming layer di sekitar permukaan air. Hal ini dikarenakan pada daerah tersebut sinar matahari masih dapat ditembus oleh sinar matahari yang memungkinkan tumbuhnya klorofil makanan ikan plankton yang merupakan makanan dari ikan- ikan pelagis sehingga membuat ikan tersebut senang berkumpul atau bergerombol pada daerah tersebut. Ikan-ikan yang tertangkap oleh alat tangkap purse seine dengan cara terkurung oleh jaring sehingga pergerakannya terhalang oleh dua jaring dari dua arah, baik pergerakan ke samping (horizontal) maupun kearah dalam (vertical).

3. Sifat-sifat Ikan Yang Akan ditangkap
Pengetahuan lain yang juga harus kita pahami ketika akan menentukan suatu metode penangkapan ikan, teknologi penangkapan ikan adalah tingkah laku ikan atau lazim disebut fish behaviour.

Salah satu sifat dari ikan-ikan tujuan penangkapan yang telah disebutkan diatas adalah suka bergerombol dalam konsentrasi yang cukup besar dan sangat padat, dengan kata lain volume individu dari ikan tersebut banyak. Sifat lain dari ikan tersebut yaitu sangat peka terhadap rangsangan cahaya atau disebut dengan phototaksis positif.

4. Metode Penangkapan Ikan Yang Digunakan
Untuk menangkap ikan dengan sifat yang senang bergerombol lebih efektif dan efisien menggunakan jaring. Dengan menggunakan jaring dapat memperkecil

ruang gerak ikan, sehingga ikan-ikan tidak dapat melarikan diri dan akhirnya tertangkap. Mata jaring dapat berfungsi sebagai dinding penghadang., dan bukan sebagai penjerat ikan. Hal lain yang menjadi pertimbangan kenapa ikan-ikan tersebut ditangkap dengan jaring adalah ikan tersebut dapat ditangkap dalam jumlah yang banyak dibandingkan jika ditangkap satu demi satu dengan tali dan pancing. Tipe alat penangkap ikan dengan disini banyak macam jenis, untuk ikan yang memiliki sifat bergerombol dan berada di permukaan lebih tepat jika menggunakan purse seine.

Sumber : Heru Santoso, S.Pi., M.Si. Fermenas Bawole, A.Md.Pi. ;
Teknik Pengoperasian Alat Tangkap Purse Seine pada Kapal Timur Laut 00, Akademi Perikanan Bitung, BPSDM-KP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar