Rabu, 30 September 2020

Lobster Air Tawar - Tips Memelihara di Akuarium

Udang lobster air laut yang biasa nya banyak di konsumsi oleh masyarakat luas karena rasa nya yang sangat gurih dan enak,lobster laut memiliki ukuran yang sangat besar dari pada udang biasa. Udang lobster air laut maupun lobster air tawar memiliki tubuh yang kokoh dan gagah tak heran banyak orang yang mencari udang lobster ini untuk di jadikan hiasan atau pajangan karena memiliki bentuk yang sangat bagus. Hal ini menjadi salah satu peluang usaha yang bisa Anda lakukan ialah dengan budidaya lobster hias untuk akuarium. Tentunya keuntungan yang akan Anda dapatkan juga besar, terlebih lagi jika Anda menekuni bisnis ini dengan serius.

Sangat penting bagi Anda untuk mempelajari cara budidaya lobster hias di akuarium sehingga hasil yang akan Anda dapatkan memiliki kualitas yang tinggi. Berikut tips budidaya lobster hias di akuarium dengan mudah.

Menyeleksi induk
Anda harus memastikan apakah induk lobster yang dipilih merupakan indukan yang memiliki kualitas terbaik karena nantinya akan menghasilkan anakan yang terbaik pula. Selain itu, Anda juga harus memilih indukan dengan jenis kelamin yang berbeda karena jika tidak, lobster tidak akan berkembang biak.

Untuk indukan lobster jantan, ada tonjolan yang terdapat pada kaki nomor lima jika Anda menghitungnya dari capit. Pada capit tersebut biasanya Anda akan menemukan warna merah. Sementara itu, untuk indukan betina unggul, Anda akan menemukan adanya bulatan yang terdapat pada pangkal kaki nomer tiga.

Memberi pakan yang bergizi
Pemberian pakan merupakan salah satu faktor penentu kualitas lobster yang Anda miliki. Dengan memberikan makanan yang baik dan bergizi, tentunya Anda akan mendapatkan lobster dengan kualitas terbaik pula.

Untuk waktu pemberian makannya, yaitu sebanyak dua kali dalam sehari, pagi dan sore hari. Disarankan untuk memberi pakan yang lebih sedikit di pagi hari. Sementara, untuk sore hari dapat diberi pakan dengan takaran yang lumayan banyak. Untuk jenis pakan yang menjadi favorit serta memang diketahui bergizi adalah Anda bisa menggunakan butiran pelet yang bisa tenggelam di dalam air.

Pastikan pasokan oksigen cukup
Faktor lain yang menentukan pertumbuhan lobster adalah kualitas pasokan oksigen yang ada di akuarium. Oleh karena itu, Anda membutuhkan beberapa peralatan khusus yang bisa digunakan untuk memastikan pasokan oksigennya cukup seperti aerator atau alat-alat akuarium lainnya.
Jangan sampai ada kanibalisme ketika mouting

Mouting merupakan sebuah proses pergantian cangkang lobster karena ukurannya yang sudah semakin besar sehingga cangkang yang lama tidak muat lagi. Pada tahap ini, lobster akan mengeluarkan bau amis yang bisa menjadi pemicu lobster lainnya untuk memakan lobster yang berganti cangkang tersebut. Oleh karena itu, disarankan untuk menyediakan akuarium khusus ketika proses ini terjadi. Dengan begitu, hal ini akan mencegah lobster Anda untuk memakan lobster lainnya.

Cara merawat lobster -



lobster air tawar memiliki banyak jenis dari yang besar hingga kecil dan berbagai macam warna yang sangat menarik, maka tak jarang juga banyak yang mencari lobster ini untuk di pelihara di aquarium, ada banyak jenis lobster hias yang hidup di air tawar, dan sangat memungkinkan untuk kalian memelihara nya karena lobster hias ini sangat mudah untuk di pelihara,
lobster air tawar ini sangat mudah beradaptasi kalian juga bisa memilih jenis lobster air tawar yang bisa kalian pelihara di toko ikan hias sangat banyak jenis nya dan warna yang sangat menarik untuk kalian pilih nantinya yang akan kalian pelihara.

Inilah jenis jenis lobster hias air tawar:

Yabby



Red Claw



Astacopsis Gouldi



Red Lobster



Marron ( Cherax Tenuimanus )



Rainbow Papua



Dark Rainbow



Zebra Lobster



White Lobster



Dark Blue Yabby Lobster


yang terpenting untuk mengikuti cara merawat lobster hias air tawar di akurium dengan sangat mudah , kalian siapkan adalah aquarium sesuai ukuran yang kalian ingin kan,
lalu dekorasi aquarium sesuai keinginan kalian buatlah tempat perlindungan contoh trowongan atau lubang batu ini bertujuan agar lobster hias kalian bisa berlindung dan merasa nyaman pada dasarnya di habitat lobster itu sendiri memang suka berada pada pada celah celah bebatuan maka usahakan agar lobster hias kalian merasa nyaman dan tenang,
kalian tidak usah kawatir karena lobster hias air tawar memang bisa cepat beradaptasi maka di tips cara merawat lobster hias air tawar di akuarium dengan sangat mudah
yang kalian harus perhatikan adalah kebersihan aquarium itu sendiri jangan sampai air akuarium menjadi keruh karena lobster air tawar ini memang sangat sensitif dengan air yang keruh maka usahakan akuarium selalu dalam keadaan jernih pasanglah filter untuk penyaringan aquarium tersebut agar air tidak keruh,

lobster adalah hewan yang aktif pada malam hari maka pemberian makan bisa kalian lakukan di sore hari saja, jangan lupa memberi pakan lobster dengan pakan hidup bisa dengan ikan hidup atau cacing sutra hidup, tapi ingat jangan terlalu sering memberi pakan hidup karena ini menyebabkan lobster akan terbiasa memilih milih pakan, dan saran saya bila kalian benar benar mengikuti tips cara merawat lobster hias air tawar di akuarium dengan sangat mudah , peliharalah lobster hias dalam satu aquarium dengan satu jenis spesies lobster yang sama,karena bila kalian memasukan beberapa jenis lobster dalam satu aquarium maka akan mengakibatkan perkelahian lobster satu dengan yang lain nya karena lobster hias air tawar ini suka menguasai wilayah dan tidak mau jenis lobster lain masuk di wilayah nya.


Referensi :

Lukito,A., & Prayugo, S. (2007). Panduan Lengkap Lobster Air Tawar. Jakarta: Penebar Swadaya. Coldiron, D. (2010). Crayfish.

Maria, G.E.K, 2011., Budidaya Lobster Air Tawar, Puslatluh, BPSDM-KP, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

..............., 2018; https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/tips-budidaya-lobster-hias-di-akuarium-dengan-mudah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar