Rabu, 30 September 2020

Budidaya Lobster Air Tawar - Pakan yang Baik


Untuk mencapai pertumbuhan Lobster Air Tawar yang maksimal maka perlu diberikan makanan/ pakan yang tepat dan memadai, berkualitas baik dari segi kandungan gizi nutrisi maupun jumlah yang sesuai dengan ukuran Lobster yang kita budidayakan. Lobster air tawar merupakan pemakan segala atau yang biasa dikenal dengan hewan omnivora yaitu bisa makan tumbuh-tumbuhan dan hewan. Walaupun demikian LAT ini di beri pakan berupa pelet khusus juga bisa. Asalkan kandungan gizinya memadai dan bagus untuk lobster.

Makanan Lobster Air Tawar Yang Paling Baik
Makanan lobster air tawar antara lain bisa biji-bijian, sayuran, ataupun hewan air tawar lainnya yang mudah ditangkap oleh lobster. Biji yang biasa dimakan lobster air tawar antara lain beras, jagung, kedelai, ketan, kenari, sawi, ataupun biji buah lainnya, yaitu buah rambutan, nangka, durian, yap benar lobster juga suka buah tapi ingat cuma bjinya aja, kalo daging buahnya buat kamu aja. Lobster air tawar menyukai biji buah yang pada umumnya memang biji keras yang memiiki danging biji yang kaya akan protein.

Dari protein itulah lobster air tawar daat tumbuh dan berkembang dengan baik. Pada umumnya penggunaan pakan berupa biji-bijian sangat dianjurkan bagi pembudidaya lobster ar tawar pemula, karena pakan berupa biji ini akan lebh kuat tahan didala air, sehingga bagi pemula yang belum dapat mengetahui berapa banyak kebutuhan pakan lobster tanpa harus merusak kualitas air, sangat disarankan menggunakan pakan ini. Akan tetapi kelemahan pakan berupa biji adalah lobster akan cepat bosan.

makanan lobster air tawar berupa sayuran antara lain adalah bayam, kangkung, brokoli, tauge, wortel, bit, kentang dan masih banyak lainnya. Makanan berupa sayur ini pada intinya semua sayuran bisa dimakan lobster asalkan sayuran tersebut dapat tengelam di air, ketika tidak dapat tenggelam, lobster tidak dapat memakannya, dan nantinya dapat merusak kualitas air. Makanan lobster air tawar yang berupa sayuran ini, biasanya digunakan para penghobis lobster air tawar hias untuk membuat warna lobsternya mejadi lebih cantik. Sayuran yang mengandung pigmen warna seperti wortel, bit, dan brokoli sangat ampuh untuk membuat wara lobster mejadi lebih cantik.

Tauge menjadi makanan lobster air tawar yang paling banyak digunakan oleh para pembudidaya lobster, khususnya pada saat fase pemberokan/ persiapan perkawinan. Tauge ini mengandung tinggi protein yang nantinya dapat menaikkan jumlah telur pada betina. Pada saat pemberin tauge, seharusnya tauge direbus sebentar, selama kurang lebih 3 menit. Hal ini dikarenakan agar tauge yang akan diberikan kepada lobster dapat teggelam, jika tidak direbus maka tauge tidak akan tenggelam.



Makanan lobster air tawar yang berupa hewan air lainnya bisa keong, cacing sutra, atau ikan yang mati. Selain itu makanan lobster air tawar ini sering dsebut dengan makanan hewani, jadi segala sesuatu yang berbau hewan dapat dimakan lobster asalkan pakan tersebut dapat tenggela didalam air. Pakan lobster air tawar ini antara lain bisa cacing tanah, bekicot, ulat hongkong, ulat jerman, ikan runcah, kepala teri, udang, usus, dan lain sebagainya. Cacing menjadi primadona pakan bagi lobster jantan yang akan dikawinkan, karena memang kandungan protein cacing sangat tinggi sehingga pembentukan sel sperma juga akan meningkat.

Makanan lobster air tawar merah atau sering disebut dengan lobster air tawar hias atau jenis procambarus clarki adalah sama dengan makanan lobster yang diuraikan diatas, akan tetapi memang jenis lobster ini adalah lobster hias jadi seberapa banyak makannya akan tetap kalah pertumbuhannya dibandingkan dengan lobster air tawar untuk konsusmsi. Pigmen pada makanan sangat berpengaruh terhadap warna pada lobster jenis ini, sehingga para penghobis sangat suka bereksperimen dalam buat warna sehingga pakan tersebut sering dijuluki makanan lobster hias air tawar.



Makanan lobster air tawar agar cepat besar rahasianya adalah makanan yag mengandung kedua sumber diatas, yaitu sumber nabati dan sumber hewani yang saling melengkapi satu sama lain. akan tetapi masing-masing makanan diatas sangat sulit dalam pengapikasiannya, dan ribet juga kalo kia harus menyiapkan berbagai macam makana yang banyak tersebut.

Makanan Untuk Anak Lobster Air Tawar
Ada berbagai macam binatang ternak yang bisa dipelihara oleh orang-orang dan ketika sudah besar nantinya juga bisa mendapatkan penghasilan. Seperti Lobster ini misalnya, dimana untuk harganya di pasar juga tergolong lumayan, sehingga melakukan ternak hewan ini jadi salah satu yang menjanjikan.

Namun kebanyakan peternak masih kebingungan terkait makanan untuk anak lobster air tawar. Ada banyak jenis lobster air tawar yang bisa dipelihara, namun perawatannya saat masih kecil ya lumayan, dan berikut ini berbagai macam jenis pakan yang bisa diberikan.

1. Toge
Pertama dari golongan sayur-sayuran ada toge yang bisa diberikan terhadap anakan lobster air tawar. Dikarenakan ukurannya yang kecil, maka anda tidak perlu mencacahnya terlebih dahulu, melainkan rebus dan langsung ditebar saja tidak masalah.

Toge ini bisa dengan mudah anda dapatkan di pasar terdekat, dan untuk harganya sendiri terjangkau. Lalu sayuran toge ini sendiri juga menjadi salah satu makanan favorit yang bisa diberikan ketika menerapkan pakan berupa tauge dan biji kacang hijau-ini untuk lobster dewasa-. Pertanyaannya bagaimana lobster ini bisa memakan pakan jenis ini?

Pertama untuk pakan berupa tauge harus di rendam air panas terlebih dahulu sampai taugenya bisa tenggelam, kalau tidak maka lobster tidak akan bisa makan tauge yang terapung karena sifat pergerakan lobster selalu berada di dasar air dan juga tidak bisa berenang, jadi lobster hanya makan makanan yang berada di dasar air.

Kedua untuk biji kacang hijau, karena sifatnya masih keras otomatis lobster tidak bisa memakan biji kacang hijau yang masih keras, oleh karena itu biji kacang hijau harus di rendam terlebih dahulu selama beberapa jam, biasanya dari pengalaman saya biji kacang hijau saya rendam di air selama kurang lebih 6-8 jam. Untuk biji kacang hijau kita tidak perlu lagi menggunakan air panas karena bisa tenggelam sendiri. Konon beritanya tauge dan biji kacang hijau ini bisa meningkatkan kesuburan lobster sehingga dapat menghasilkan telur yang lebih banyak. dalam hal ini saya tidak dapat membuktikannya karena hanya melalui berita dari para pembudidaya lobster saja

2. Sawi
Pakan dari jenis sayuran berikutnya yang bisa diberikan adalah sawi, dan sebelum memberikannya terhadap anakan lobster, lebih baik anda mencincangnya menjadi kecil-kecil terlebih dahulu agar lobster bisa dengan lahap memakannya.

Ketika mencincangnya maka sawi akan lebih mudah untuk tenggelam juga, sehingga lobster tidak perlu untuk naik ke permukaan untuk memakannya, melainkan mereka dapat mengambil makanan sawi ini ketika sudah berada dibawah.

3. Wortel
Kurang lebih sama dengan sawi dimana harus dilembutkan terlebih dahulu sebelum diberikan terhadap anakan lobster. Anda bisa memotongnya secara memanjang kecil-kecil atau mungkin dapat di serut untuk memudahkan proses memakan bagi anak lobster.

Ada cukup banyak kandungan baik yang ada dalam wortel berikut, namun disarankan untuk tidak memberikan sayuran satu ini terlalu sering. Sama seperti kelinci, meski identik dengan wortel namun ternyata sayuran tersebut masuk dalam jenis makanan yang tidak boleh dimakan kelinci terlalu sering.

4. Singkong/ Ubi Jalar
Berikutnya ada singkong atau ubi jalar, dimana makanan berikut bisa dengan mudah anda dapatkan di pasar tradisional ataupun modern terdekat. Sama seperti wortel, dimana sebelum memberikannya harus dikelupas terlebih dahulu, dipotong memanjang atau bisa juga di serut.

5. Enceng Gondok
Kalau tidak ingin ribet dan bisa multi-fungsi sebagai tanaman hias, anda bisa menggunakan enceng gondok. Dimana tanaman ini memang kehidupannya di atas perairan, sehingga dapat sekaligus mempercantik kolam serta menjadi makanan anakan lobster.

6. Plankton
Tidak perlu repot karena ketika menanam enceng gondok atau mungkin ada beberapa hewan mati dalam kolam yang sama, bisa menimbulkan plankton yang bisa menjadi santapan setiap saat bagi plankton.

Hewan ini tidak cuman hidup di perairan asing seperti laut saja, melainkan di air tawar juga ada plankton. Dan menjadi salah satu makanan favorit banyak jenis ikan, termasuk diantaranya lobster air tawar pun juga demikian.

7. Usus Ayam
Berikutnya ada usus ayam yang bisa diberikan terhadap anakan lobster, dimana untuk makanan tersebut bisa diberikan sesekali saja, karena jelas akan memberikan dampak yang tidak baik terhadap kolam.

Dan sebelum memberikannya, disarankan untuk memotongnya secara kecil-kecil terlebih dahulu agar mudah untuk dikonsumsi oleh anakan lobster. 

8. Jentik Nyamuk
Makanan untuk anak lobster air tawar berikutnya cukup bermanfaat bagi manusia, karena memang jentik nyamuk ini menjadi salah satu yang akan diberantas oleh manusia agar tidak sampai menjadi nyamuk dalam jumlah banyak.

Dengan memelihara lobster, tentu saja akan mengurangi jumlah jentik nyamuk yang ada di kolamnya, karena memang ini merupakan salah satu jenis makanan yang disukai juga. Namun anda harus tetap memberikan jenis makanan lain secara rutin untuk mendukung pertumbuhan, jentik nyamuk bisa dibilang sebagai makanan sampingan saja.

9. Ikan Mati
Sebelum teruraikan dan menjadi plankton, anak lobster juga bisa langsung memakan bangkai alias ikan mati di perairan yang sama. Entah itu berukuran lebih besar darinya atau lebih kecil, ketika sudah tidak bergerak akan menjadi santapan anak lobster.

10. Pelet Udang
Kemudian ada pelet udang yang bisa juga diberikan terhadap anak lobster, akan tetapi kalau masih dalam usia dini banget tidak disarankan diberikan terlebih dahulu. Lebih baik menggunakan makanan sayur-sayuran yang lebih menyehatkan demi mendukung tumbuh kembangnya terlebih dahulu.

11. Pelet Khusus LAT
Selain menggunakan pelet udang, ada juga pelet khusus untuk lobster air tawar (LAT), dimana untuk pakan ini bisa diberikan ketika usianya sudah menginjak beberapa minggu setelahnya. Dan dengan demikian, pertumbuhan lobster akan sangat baik dan bisa panen dengan cepat juga.

Itulah berbagai macam jenis makanan untuk anak lobster air tawar yang dapat anda berikan terhadap binatang ternak anda, dan pemberiannya bisa dilakukan secara bergantian setiap hari agar tidak bosan. 

Berikutnya contoh makanan dari hewan bisa berupa artemia, cacing, ikan kecil dll. Khusus untuk lobster dewasa saya memberi pakan berupa cacing tanah. Karena cacing tanah mengandung protein yang sangat tinggi, menurut artikel-artikel yang saya baca cacing tanah memiliki protein hingga 65-70%. Dan lobster saya suka sekali dengan cacing tanah. Namun saya kesulitan mencari cacing tanah di daerah jakarta-jembatan dua dan sekitarnya, karena lahan kosong sudah sangat sempit. Sedangkan kalau harus membeli harus membeli dalam jumlah besar, padahal saya baru memelihara induk saja yang cuma 6 ekor. Kira-kira ada yang bisa memberitahu saya membeli cacing tanah yang dekat dengan daerah jembatan dua dan sekitarnya? asal harganya terjangkau. hehehehehe.....

Contoh untuk pakan berupa pelet anda bisa membelinya di toko-toko ikan dan aquarium, bahkan di carefour dan tom hardware juga menyediakan pelet untuk lobster ini. Biasanya yang dijual di pasar swalayan berupa pelet impor, untuk mencari pelet lokal anda harus ke toko aquarium atau toko ikan. Pelet lokal yang terkenal ada pelet buatan lobsterairtawar.com punya-nya pak cuncun setiawan. 

Makanan Favorit atau Kesukaan Lobster Air Tawar
Pada dasarnya lobster yang saya pelihara menyukai makanan berupa hewan hidup, terutama cacing tanah. Pada saat di beri pakan cacing tanah, lobster langsung menyergapnya. sedangkan untuk tauge dan biji kacang hijau lobster akan pelan-pelan memakannya. sama halnya dengan pelet, lobster juga akan dengan santai untuk memakannya. hanya saja keterbatasan waktu dan tenaga sehingga pemberian pakan berupa cacing tanah agak kesulitan dalam memberikannya kepada lobster. untuk ikan kecil saya belum mencobanya karena saya tidak tahu ikan apa yang biasa diberikan kepada lobster. dari artikel yang saya baca ada yang memberikan udang mati dan ikan mati kepada lobster, namun untuk memberikan pakan yang demikian sangatlah mahal dalam skala rumahan, jadi saya belum pernah mencobanya.

Dalam hal kebersihan pemberian pakan berupa cacing juga sangat menguntungkan karena pakan akan habis dimakan seberapa banyak yang kita berikan, asal saja kita harus memberikannya sesuai kebutuhan. sedangkan untuk pakan-pakan lainnya pasti akan menyisahkan makanan sisa dan cepat mengotori dasar wadah lobster -terutama yang menggunakan wadah plastik, aquarium dan bak semen yang tidak terlalu besar- sehingga kita harus sesering mungkin membersihkan wadahnya.

Dalam hal kesehatan saya belum tahu akibatnya apabila diberikan pakan berupa cacing tanah secara terus menerus. Namun secara logika saja, lebih baik pemberian pakan secara selang-seling agar lobster tidak bosan.

Komposisi pemberian pakan harus disesuaikan antara pakan pelet dan pakan alami (sayuran/umbi, tanaman air dan daging). Jangan terlalu berbeda karena akan mengganggu proses pertumbuhan LAT tersebut). pemberian pakan harus sesuai dengan takaran / disesuaikan dengan jumlah LAT dan ukuran media. Sebaiknya maksimal 5% dari berat tubuh LAT tersebut. (Perlu dipahami bahwa LAT tidak memiliki usus yang panjang seperti halnya ikan koki, sehingga LAT akan mengkonsumsi jumlah makanan yang sangat sedikit dibandingkan dengan ikan koki. pemberian makanan sebaiknya dua kali sehari yaitu 25% pada pagi hari dan 75% pada malam hari, karena LAT lebih banyak beraktivitas pada malam hari. Usahakan memberikan makanan pada jam yang sama.

Disarankan untuk tidak memberikan pakan Pelet pada benih lobster yang berukuran di bawah 1cm, karena pelet terlalu banyak mengandung zat kalsium yang akan menyebab LAT akan sulit melepaskan diri dari kulitnya pada saat molting, oleh sebab itu dianjurkan menggunakan pakan alami saja.

Pemberian Pakan Benih di Kolam Pemeliharaan
Pemberian pakan benih ini termasuk masa perawatan benih lobster hingga siap dipindahkan ke kolam utama. Pakan yang tepat untuk benih lobster adalah cacing sutra, cacing sutra dapat memacu pertumbuhan benih lebih cepat. Porsi makanan untuk benih lobster adalah 3% dari ukuran tubuhnya, anda bisa menyesuaikan pemberian pakannya dari jumlah bibit yang ada.

Pemberian pakan dilakukan pada pagi hari sekiatar 25% dari kebutuhan porsi, kemudian berikan juga pakan pada sore hari. Pemberian pakan di sore hari-menjelang malam sebaiknya dilebihkan sekitar 2 kali lipat dari jumlah Pakan waktu pagi (75%), karena benih anakan Lobster ini lebih aktif mencari makan pada malam hari.

Referensi:
  1. Lukito, A. dan S. Prayogo. 2002. Lobster Air Tawar. Penebar Swadaya. Jakarta 291 hal
  2. Ditjen PK2P. 2004. Direktori Ikan Hias. Departemen Kelautan dan Perikanan. Jakarta 150 hal
  3. Cholik, F., A.G Jagatraya, R.P Poernomo, dan A. Jauzi. 2005. Akuakultur. MPN dan TAAT. Jakarta 415 hal
  4. Setiawan, C., 2006. Teknik Pembenihan dan Cara Cepat Pembesaran Lobster Air Tawar. Agromedia Pustaka. Jakarta 88 hal
  5. Sylvitria, 2018; .https://www.researchgate.net/publication/Budidaya Lobster Air Tawar



1 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus